Inilah 9 Fitur WhatsApp Terbaru di Tahun 2022

Fitur WhatsApp terbaru




Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu fitur baru WhatsApp Meta yang wajib untuk Anda ketahui, ada banyak sekali fitur baru di WhatsApp setelah update di Tahun 2022.

Semua fitur baru ini wajib untuk Anda coba karena ada beberapa fitur yang mungkin Anda tunggu dan sangat berguna untuk mempermudah penggunan WhatsApp sehari-hari.

Untuk menggunakan fitur WhatsApp terbaru ini, Anda harus update WhatsApp ke versi terbaru di playstore. Jika tidak maka fitur tidak muncul akan muncul di aplikasi WhatsApp.

Oke, langsung saja kita bahas fitur terbaru WhatsApp ini satu per satu.

1. Voice Note


Pada update WhatsApp terbaru kali ini, WhatsApp memunculkan fitur baru pada voice note. Untuk memunculkan fitur barunya, Anda bisa tahan tombol voice note di sebelah kanan lalu tarik ke atas.

Saat Anda bicara menggunakan voice note maka akan muncul gradasi suara yang keren. Untuk mendengarkan voice note, Anda harus stop dengan tekan tombol merah lalu tekan tombol pause untuk mendengarkan voice note.

Selain itu, terdapat juga pilihan untuk menghapus voice note atau mengirim voice note di sebelah kiri dan kanan.

2. Foto grup emoticon


Fitur kedua adalah mengganti foto profil grup dengan menggunakan emoticon. Untuk caranya, masuk ke salah satu grup WhatsApp > lalu tekan nama grup > klik foto profil grup > pilih emoji dan sticker > pilih emoji yang ingin Anda iadikan foto profil grup.


Fitur baru ini sangat cocok untuk Anda yang tidak punya foto yang bagus untuk profil grup WhatsApp. Ada ratusan emoji dan sticker yang bisa Anda jadikan foto profil grup supaya grup terlihat lebih bagus.

3. Profil WhatsApp baru


Fitur WhatsApp baru selanjutnya adalah tampilan profil WhatsApp baru yang lebih keren. Saat Anda masuk ke info profile orang lain, Anda akan melihat perubahan yang spesifik dalam tampilannya.

Setelah update WhatsApp meta ke versi terbaru, tampilan profil menjadi lebih minimalis, elegan dan terlihat keren.

4. Atur kualitas foto/video di WhatsApp


Fitur keempat adalah mengatur kualitas foto/video yang akan dikirim lewat WhatsApp. Untuk menggunakannya, masuk ke aplikasi WhatsApp > pilih titik tiga > pilih setelan > pilih penyimpanan & data > pilih kualitas foto unggahan.

Disini Anda bisa memilih kualitas foto yang akan dikirim ke orang lain melalui WhatsApp. Ada opsi otomatis (kualitas random), terbaik (foto terlihat HD) dan penghemat data (foto kualitas rendah).

5. Ambil foto/video story tanpa diketahui


Fitur terbaru selanjutnya adalah mengambil foto/video story secara diam-diam tanpa diketahui oleh orang lain.

Pertama, Anda masuk ke aplikasi WhatsApp dan pilih kamera story > geser ke atas untuk memilih foto > untuk foto secara diam-diam, tekan volume bawah dan untuk video secara diam-diam, tahan volume bawah dan lepaskan untuk selesai video.

Fitur ini sangat berguna untuk Anda yang ingin update story WhatsApp tanpa ketahuan oleh orang yang ada di samping Anda.

6. Pesan sementara


Fitur WhatsApp baru selanjutnya adalah mengirim pesan sementara ke salah satu kontak di HP. Caranya, Anda masuk ke aplikasi WhatsApp > pilih kontak yang akan dikirim pesan > pilih nama kontak > pilih pesan sementara.

Fitur pesan sementara ini mempunyai 4 pilihan, jika Anda memilih salah satu maka pesan akan terhapus secara otomatis sesuai dengan waktu yang dipilih, yaitu :

  • 24 jam 
  • 7 hari
  • 90 hari
  • Mati

Jika Anda memilih opsi mati pada pesan sementara maka pesan tersebut akan tetap ada selama penerima tidak menghapusnya.

7. Pesan sementara ke semua kontak


WhatsApp juga menyediakan fitur baru yang bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan baru ke semua kontak yang ada di HP sekaligus.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda masuk ke apk WhatsApp > pilih titik tiga > pilih setelan > pilih akun > pilih privasi > pilih timer pesan default. Setelah itu, Anda pilih waktu pesan yang akan dikirim.


Setelah mengatur waktu pesan, Anda isi pesan sementara yang akan dikirim ke semua kontak di HP dan terakhir pilih kirim pesan.

8. Hapus file storage WhatsApp


Untuk Anda yang kepenuhan storage karena kapasitas WhatsApp yang besar, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk mengurangi ukuran aplikasi WhatsApp menjadi lebih kecil dan mengosongkan sedikit memori.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih setelan >pilih penyimpanan data > pilih kelola penyimpanan > hapus foto dan video yang menurut Anda tidak penting.

Fitur ini sangat berguna untuk memudahkan pengguna dalam menghapus foto dan video WhatsApp sekaligus tanpa harus masuk ke galeri terlebih dahulu.

9. Bisukan suara video


Jika Anda ingin upload story video tanpa suara maka Anda wajib menggunakan fitur ini.

Pertama, Anda masuk ke aplikasi WhatsApp > pilih menu status > pilih status saya > rekam video yang ingin dibuat story > tekan icon suara yang ada di pojok kiri atas.

Setelah icon tercoret maka video tersebut sudah dibisukan atau tidak ada suara saat upload ke story.

Fitur ini sangat berguna karena Anda tidak harus masuk ke aplikasi edit video hanya untuk menghilangkan suara dari sebuah video. Cara ini bisa Anda gunakan melalui chat ataupun bilah status.