Inilah 7 Game yang Cocok Untuk dibuat Speedrun



Selain menjadi Media Entertainment, video game juga termasuk sebagai permainan yang bisa memberikan kita sebuah challenge.

Sebagai player suatu game, kita juga bisa membuat challenge sendiri untuk game tersebut, seperti tentang seberapa cepat menyelesaikan game atau yang biasa dikenal dengan sebutan speedrun.

Jadi, speedrun adalah sebuah istilah dalam bermain video-game dimana player bisa menamatkan game dengan waktu sesingkat dan secepat mungkin, lengkap dengan video, capture, kamera dan timer sebagai buktinya.

Dalam melakukan speedrun, player biasanya diberikan kebebasan untuk menyelesaikan game yang mereka mainkan secepat mungkin baik dengan cara melewati suatu level, skip cutscene atau bahkan memanfaatkan glitch dan bug yang ada di dalam game.

Dengan begitu, speedrun pastinya bukanlah hal yang mudah karena player diharuskan untuk paham tentang setiap level, kombinasi tombol, timing dan belajar untuk memanfaatkan enviroment yang ada.

Walaupun begitu, game-game yang dimainkan pun biasanya berupa game single player yang cukup populer dan bukan game yang bersifat kompetitif.

Magersena akan memberitahu beberapa game yang cocok dimainkan untuk speedrun. Game apa sajakah itu ? 

1. Super Mario Odyssey


Super Mario odyssey



Game pertama adalah Super Mario Odyssey, game ini rilis eksklusif untuk switch pada 27 Oktober 2017.

Karena Super Mario 64 sangat populer dalam speedrunning, Super Mario Odyssey yang punya format gameplay yang sama juga cocok untuk kegiatan speedrun.

Apalagi memang Super Mario ini adalah salah satu games switch paling populer yang banyak diminati para gamer.

Berdasarkan web howlongtobe.com, untuk menyelesaikan main story dari Super Mario Odyssey biasanya player butuh waktu selama 12,5 jam.

Tapi kalau, kita ingin tamat 100% setidaknya perlu waktu 60 jam lebih, tapi kebanyakan speedrunner menggunakan kategori any persen atau menamatkan gamenya tanpa perlu memperhatikan persen presentasi penyelesaiannya.

Hal ini berarti waktu 12,5 jam story utama di game ini bisa kita persingkat kalau player sudah hafal dengan levelnya dan apa yang harus kita lakukan nantinya demi mendapatkan Moons.

Adanya power-up, shortcut, dan membeli beberapa power moons yang memungkinkan player untuk melakukan speedrun dalam waktu kurang dari satu jam saja.

2. Portal


Portal



Game portal pertama kali rilis pada 10 Oktober 2007 untuk PC, PS3 dan lain-lain. Developernya sepertinya tidak akan pernah bosan untuk memberikan community game untuk game PC yang sangat fantastis dan cocok untuk speedrun.

Salah satunya adalah portal, game PC legendaris ini sebenarnya tidak terlalu panjang untuk ditamatkan, bahkan player baru pun bisa menyelesaikan game ini dalam waktu 1-2 jam saja.

Tapi, ada banyak speedrunner yang sudah bisa menamatkan game ini kurang dari 7 menit.


Dengan adanya berbagai glitch dalam gamenya dan source engine milik Faf yang terkenal sangat baik menjadikan portal sebagai game yang cocok bagi Anda yang ingin melakukan speedrun di kategori any persen.

Tambah lagi, adanya pembelian level bawaan pastinya akan memudahkan para speedrunner untuk berlatih terlebih dahulu pada bagian-bagian yang dianggap sulit secara berulang kali tanpa perlu repot-repot memainkan seluruh level gamenya.

3. Celeste


Celeste



Game ini rilis untuk PC, PS4 Switch dan lain-lain pada 25 Januari 2018 dan banyak dimainkan orang sebagai media speedrun.

Walaupun sangat jarang ada game-game indie yang digunakan sebagai speedrun karena komunitasnya tidak terlalu besar.

Tapi, Celeste adalah game indie yang berbeda dari game-game indie Kebanyakan karena game ini berhasil menarik perhatian banyak orang ketika pertama kali dirilis dengan storytelling dan musiknya.

Ditambah lagi, desain level dan mekanik platform yang menantang, seolah semakin mendukung Celeste sebagai game speedrun yang tidak biasa.

Mekanik Celeste cukup simple, player cuma diharuskan berlari, melompat dan memanjat dinding. Tapi pastinya, player sudah menemukan cara yang tidak biasa untuk menamatkan game ini dengan sangat cepat.

Rekor dunia speedrun Celeste saat ini sudah ada di bawah waktu 27 menit, tapi kalau Anda pertama kali melakukan speedrun Celeste, mungkin Anda akan menghabiskan waktu beberapa jam.

Tapi kalau Anda terus berlatih maka Anda akan bisa melakukan speedrun yang lebih cepat karena game ini lunya komunitas yang suportif dan akan memberikan Anda ilmu tentang cara melakukan speedrun.

Bahkan, developer game ini juga menyertakan tutorial secara gratis di 2019 lalu.

4. The Legend of Zelda : Ocarina of Time


Ocarina of time



Game ini rilis pada 21 November 1998 untuk beberapa platform, walaupun game ini dirilis jauh sebelum Dark Souls, ide dari game The Legend of Zelda Ocarina of time akan mengingatkan player kepada Dark Souls.

Terutama karena bossfight yang mengharuskan player untuk bereaksi dan bergerak dengan cepat, sampai-sampai ada banyak orang yang menganggap kalau game ini adalah salah satu game tersulit yang pernah dibuat.

Walaupun begitu, Ocarina of Time merupakan game yang sangat ideal untuk speedrunning karena replibility dan karena rekor dunia speedrun game ini yang terus dipecahkan.

Para speedrunner terus-menerus menemukan glitch baru untuk membantu mereka di dalam game saat melakukan speedrun.

Jika Anda melihat website speedrun.com, Anda bisa melihat kalau rekor speedrun Ocarina of time saat ini sudah banyak yang dibawa 10 menit.

5. Getting Over It With Bennett Foddy


Getting Over it



Game ini rilis di PC, Android, iOS dan lain-lain pada 6 Oktober 2017. Getting Over It pernah populer di kalangan youtuber dan streamer gaming di seluruh dunia karena game ini terlihat memiliki game yang sederhana tapi sebelumnya punya tingkat kesulitan yang sangat tinggi.

Gameplay game ini sebenarnya sangat simple yaitu player akan bermain sebagai seorang pria yang berada di dalam guci dan harus mendaki gunung menggunakan palu sebagai alat memanjatnya yang hanya bisa diputar menggunakan mouse.

Jika Anda memainkan game ini secara casual maka game ini bisa memakan waktu sekitar 10-15 jam untuk ditamatkan.

Hal tersebut disebabkan oleh design lavage yang sulit dan skema kontrol yang tidak biasa karena player diharuskan memutar mouse secara cepat dan tepat supaya tidak salah dalam menempatkan palu.


Dalan game ini pun, player tidak bisa mengandalkan Glitch atau Bug. Jadi, player benar-benar dipaksa untuk menguasai mekanika gamenya.

Tapi karena ada banyak orang yang sudah menghabiskan waktu selama berjam-jam memainkan game ini dan mempelajari semua sifat, enviroment, gerakan tangan dan mendapatkan momentum yang sesuai.

Jadi, tidak heran jika banyak orang yang sudah mencetak rekor speedrun dibawah 2 menit, pastinya sudah sangat wajar untuk dilakukan.

6. Minecraft


Minecraft



Minecraft pertama kali dirilis pada 17 Mei 2009 untuk PC, PS4, Switch dan lain-lain. Minecraft adalah jenis game yang bisa kita mainkan selamanya.

Walaupun dibuat sebagai game sandbox baik game mode survival maupun mode hardcore, game ini masih punya tujuan akhir yang harus player capai yaitu mengalahkan Ender Dragon sebagai raja terakhir.

Setelah player mengalahkan Ender Dragon maka player masih bisa melanjutkan petualangan tanpa mengulanginya dari awal. Oleh karena itu, ada banyak player Minecraft yang tertarik untuk menamatkan game ini dengan cepat.

Dengan banyak orang yang ingin mencoba melakukan speedrun Minecraft, game Minecraft sampai menjadi game paling banyak dijadikan speedrun menurut speedrun.com.

Anda bisa lihat kalau Minecraft punya banyak versi dan melakukan speedrun di Minecraft akan sangat berbeda di setiap versinya.

Misalnya versi 1.89 ke bawah, para speedrun mengandalkan Glitch untuk menamatkan game ini kurang dari 5 menit, sementara diversi 1.4 ke atas player harus melibatkan geomekanik, faktor keberuntungan dan seed.

Kebanyakan speedrunner menggunakan Minecraft Java Edition ketimbang Bedrock Edition karena versi tersebut yang paling populer dan ideal untuk speedrunning.

7. Super Mario 64


Super Mario 64



Super Mario 64 pertama kali rilis pada 23 Juni 1996 di berbagai platform. Sebagai salah satu game Mario sekaligus game Nintendo terfavorit, game ini juga termasuk sebagai speedrun yang paling populer.

Dengan kepopulerannya tersebut, ada banyak Gamer yang mencoba untuk menyelesaikan Super Mario 64 secepat mungkin. Sampai saat ini, game ini menjadi game paling sering dijadikan speedrun di seluruh dunia.

Hal tersebut disebabkan oleh level desain yang sangat jenius dan mekanik gameplay game yang memungkinkan Mario untuk bergerak dengan sangat dinamis.

Dengan begitu, banyak cara dan trik yang bisa Anda lakukan di game ini kalau ingin menyelesaikannya dengan speedrun.

Para pencetak rekor spektran pun terus-menerus menemukan trik, gerakan dan cara baru untuk memotong beberapa detik gameplay.

deperti kebanyakan game speedrun lainnya, Super Mario 64 juga punya banyak Bug dan Glitch yang bisa dimanfaatkan oleh player nya untuk berjalan melewati level dengan cara yang tidak biasa.

Hal tersebut membuat speedrunning Game ini menjadi sangat menyenangkan dan bisa dibilang kalau game ini adalah game speedrun terbaik sejauh ini.

Sumber : Under Expert