Penyebab Hidup Anda Tidak Pernah Bahagia

Penyebab Hidup Anda Tidak Bahagia


Kenapa hidup tidak bahagia


Setiap orang pasti ingin bahagia, tidak ada orang yang tidak ingin merasakan kebahagiaan tapi jika setiap orang ditanya apa rahasia untuk bahagia pasti jawabannya tidak tahu. Kebahagiaan setiap orang berbeda-beda, kebahagiaan tidak bisa ditentukan dan tidak bisa diukur.


Setiap orang mempunyai definisi kebahagiaan masing-masing, ada yang menganggap uang adalah sumber kebahagiaan, punya rumah mewah adalah kebahagiaan, bebas hutang adalah kebahagiaan dan lain sebagainya. Ada orang yang mempunyai uang 10 juta sudah merasa bahagia sekali dan ada juga orang yang punya uang 10 milyar tapi hidupnya selalu depresi dan rutin ke psikolog.


Kebahagiaan tidak ditentukan oleh materi, jabatan, harta, uang dan lain sebagainya. Kebahagiaan ada pada diri kita sendiri dan hanya kita yang bisa membuat diri kita bahagia bukan orang lain.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu kenapa kebanyakan orang tidak merasakan kebahagiaan dalam hidupnya.


1. Hidup mengikuti ekspetasi orang lain


Manusia bukan robot yang selalu menuruti perintah dari orang lain, manusia harus bertindak dengan keinginan diri sendiri bukan pengaruh dari orang lain. Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, kebanyakan orang tidak bahagia karena mereka tidak bisa menjadi diri sendiri.


Mereka hidup dengan kebingungan dan tidak mempunyai pilihan, pada akhirnya hidup mereka diatur oleh perkataan orang lain yang dianggap benar. Kita saat ini hidup dengan adat timur yang kental dimana hidup kita masih dipengaruhi oleh keluarga, teman, sahabat, tetangga dan lainnya.


Anda harus mendengarkan hati supaya hidup anda bisa berjalan sesuai dengan yang anda inginkan, setiap orang mempunyai keunikan, kelebihan dan kekurangan. Jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain yang menyinggung kehidupan anda, abaikan dan tetap jalani hidup sesuai keinginan anda.


Orang yang paling mengerti diri sendiri adalah diri kita sendiri, semua orang berhak menentukan masa depan masing-masing dan jangan sampai masa depan anda diatur oleh orang lain. Tapi, hak itu dicuri oleh orang lain yang keputusannya dianggap benar oleh banyak orang sehingga kita hidup berdasarkan perkataan orang lain.


Anda harus berani mengambil pilihan dalam hidup dan berani menanggung segala resiko yang akan terjadi kemudian hari, anda berani menghadapi resiko, berani mengambil pilihan tanpa menjatuhkan orang lain dan ingat setiap pilihan mempunyai resikonya masing-masing.


2. Tidak melupakan masa lalu


Banyak orang tidak bisa melupakan masa lalunya, mereka ingin mengingat masa lalu itu supaya menjadi pelajaran bagi dirinya di masa depan padahal masa lalu yang buruk sebaiknya dilupakan karena bisa mengganggu kehidupan anda ke depan.


Anda harus move on atau melupakan masa lalu yang buruk supaya bisa menjalani hidup dengan baik, jika anda tidak melupakan masa lalu maka dampaknya akan dirasakan juga oleh orang lain terutama orang - orang terdekat. Misalnya anda sering dianiaya oleh orang tua maka saat besar nanti secara tidak sadar anda juga menganiaya orang lain karena pengaruh dari masa lalu anda.


Hal ini menghasilkan sebuah lingkaran setan yang terus berlanjut, anda adalah orang yang bisa menghancurkan lingkaran setan ini dengan melupakan masa lalu anda yang buruk.


3. Tidak suka dengan pekerjaan yang dijalani


50% lebih hidup kita akan dihabiskan oleh pekerjaan, semua orang harus bekerja untuk mendapatkan upah dan bisa bertahan hidup. Hal buruk akan terjadi jika anda membenci pekerjaan yang sering dijalani, anda tidak akan bahagia karena anda bekerja secara terpaksa bukan keinginan sendiri.

Jika anda benci dengan pekerjaan saat ini maka tinggalkan sekarang juga dan cari pekerjaan yang membuat anda bahagia dan cocok dengan skill yang anda punya. Pekerjaan yang menghasilkan kebahagiaan lebih baik daripada menjalani pekerjaan yang dibenci.


4. Kecewa terhadap orang lain


Alasan kenapa banyak orang tidak bahagia dengan hidupnya adalah mereka selalu kecewa terhadap perilaku orang lain terhadap dirinya, kecewa dengan perlakuan baik yang sudah diberikan kepada orang lain, kecewa dengan perkataan orang lain tentang hidup.


Baca juga : 7 kekayaan yang harus anda punya dalam hidup


Anda mungkin pernah kecewa pada orang tua, sahabat, pacar atau teman. Tapi, anda harus ingat satu hal bahwa kebahagiaan tidak terletak pada perlakuan orang lain terhadap kita. Jika kebahagiaan ditentukan oleh perilaku orang lain maka kita tidak akan bahagia karena kita tidak bisa mengontrol perilaku orang lain.


Orang - orang mungkin mempunyai alasan mengapa berbuat hal mengecewakan. Namun hal penting yang harus anda pahami adalah kebahagiaan ada pada diri sendiri dan tidak dibuat atau ditentukan oleh orang lain.


5. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain


Semua orang pasti hidup dengan tantangannya masing-masing, orang kaya bukan berarti orang yang hidupnya selalu bahagia dan terbebas dari semua masalah. Semua orang pasti pernah mengalami masalah dan solusinya hanya satu yaitu mengatasinya.


Jangan sekali-kali membandingkan kehidupan anda dengan kehidupan orang lain yang lebih menyenangkan dari hidup anda karena setiap orang mempunyai tantangannya masing-masing. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain sama saja dengan menghina diri sendiri dan menganggap orang lain selalu lebih baik dari anda.


Jadi, berhentilah menghina diri sendiri dengan membandingkan kehidupan orang lain. Mulailah memperbaiki diri dan selesaikan tantangan yang sedang anda jalani saat ini, itu lebih baik daripada memikirkan kehidupan orang lain.

Posting Komentar

0 Komentar