Inilah 7 Kekayaan yang Harus Anda Punya Dalam Hidup

7 Kekayaan yang Harus Anda Punya


Kekayaan selain uang


Kekayaan tidak hanya membahas tentang uang, kekayaan meliputi banyak aspek kehidupan dan kekayaan uang adalah salah satunya. Untuk mencapai hidup yang sejahtera, anda harus mempunyai kekayaan lain selain uang dan materi.


Tapi, kebanyakan orang hanya mengejar kekayaan finansial saja tanpa berpikir untuk mendapatkan kekayaan lain yang jauh lebih penting. Orang kaya tidak hanya diukur dari banyaknya uang saja tapi dilihat dari kekayaan yang lain.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberitahu 7 kekayaan yang harus anda punya untuk mendapatkan kehidupan yang damai dan sejahtera.


1. Status Sosial


Kekayaan status sosial adalah brand yang melekat dalam diri seseorang, apa yang dipikirkan orang - orang ketika mendengar nama anda apakah dihubungkan dengan sesuatu yang positif atau malah negatif. Ketika anda mempunyai kekayaan finansial maka anda akan mudah mendapatkan status sosial di lingkungan sekitar melalui barang yang anda miliki, misalnya anda mempunyai rumah besar dan mobil mewah.


Status sosial juga berkaitan dengan jabatan, reputasi dan bahasa tubuh. Dengan mempunyai status sosial yang bagus maka anda akan menemukan ide bisnis baru, teman baru dan pacar baru.


Manusia cenderung bergaul dengan orang yang mempunyai status sosial yang sama, status sosial juga merupakan warisan bagi anak-anak kita nanti. Di masa depan, anak kita mungkin diperlakukan berdasarkan nama baik dan reputasi kita di masa lalu.


2. Finansial


Kekayaan ini tidak berbicara tentang uang dan materi saja tapi tetap saja uang sangat berpengaruh bagi kehidupan sehari-hari, uang selalu diperlukan di segala aspek kehidupan kita. Untuk mendapatkan kekayaan finansial, anda harus mempunyai skill yang bisa digunakan untuk menghasilkan uang.


Pilihlah pekerjaan atau profesi dengan pendapatan yang tinggi, contohnya menjadi dokter, penulis, pengusaha, pilot dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan banyak uang dari skill, anda harus mengejar expert-nya dulu.


Misalnya, dokter spesialis akan dibayar lebih mahal dibandingkan dengan dokter biasa, pengusaha yang berpengalaman memiliki peluang berhasil yang besar dibandingkan pengusaha pemula, koki yang sudah berpengalaman akan dibayar lebih mahal dibandingkan dengan koki biasa.


Jangan lupa untuk belajar tentang mengelola keuangan, mulai berinvestasi dengan benar dan mempelajari literasi finansial supaya anda lebih paham tentang masalah keuangan.


3. Waktu


Waktu adalah aset yang paling berharga bagi setiap orang, waktu manusia itu sangat terbatas dan waktu adalah aset yang tidak bisa ditambang, tidak bisa dibuat dan tidak bisa dikembalikan kecuali anda mempunyai mesin waktu Doraemon.


Anda bisa dibilang mempunyai kekayaan waktu di saat anda sudah tidak perlu bekerja untuk menopang gaya hidup, anda tidak perlu menukarkan waktu dengan uang. Cara mempunyai kekayaan waktu adalah dengan memiliki pendapatan residual dan pohon uang.


Jika anda masih menjalani pekerjaan yang menyita waktu maka Mulailah mencari pekerjaan yang bebas dari waktu misalnya menjadi freelancer yang membuat anda bisa bekerja dimana pun kapan pun. Cara lain mempunyai kekayaan waktu adalah menjaga waktu supaya tidak habis untuk mencari uang.


Kekayaan waktu adalah fleksibilitas atau kebebasan, anda jangan menukarkan waktu dengan uang dan pekerjaan walaupun kebanyakan orang bilang itu aman.


4. Keluarga


Kekayaan pertama yang kita dapatkan sejak kecil adalah keluarga, sebanyak apapun uang anda jika tidak mempunyai keluarga yang baik maka akan percuma saja dan tidak ada orang yang bisa diajak untuk sama - sama menikmati uang yang kita dapatkan.


Jagalah keluarga anda supaya tetap harmonis dan jangan terlalu jauh dari keluarga karena keluarga yang baik akan mendukung apapun usaha yang anda lakukan.


5. Kesehatan


Kesehatan lebih penting dari apapun, tanpa kesehatan fisik dan mental yang baik semua hal sudah kita capai tidak akan bisa dinikmati. Semua kekayaan tidak berguna apabila anda mempunyai kesehatan fisik dan mental yang buruk, tanpa kesehatan yang baik kita tidak akan mencapai peek performance atau potensi maksimal.


Kebanyakan orang lebih mengutamakan uang daripada kesehatan dirinya sendiri, setiap hari kita bisa berusaha untuk mencari uang tapi jika kesehatan tidak terjaga dan akhirnya sakit maka uang yang anda dapat akan habis dalam sekejap demi mengembalikan kesehatan anda yang hilang.


Baca juga : inilah perjalanan Bitcoin dari nol sampai ratusan juta


Kekayaan kesehatan terbentuk dari makanan yang sehat dan bergizi, tidur yang cukup, olahraga dan memahami energi yang kita punya. Dengan membentuk kebiasaan baik maka anda akan mudah mendapatkan kekayaan kesehatan.


6. Pengetahuan


Menambah pengetahuan setiap hari akan membuat hidup anda menjadi lebih baik, kaya akan pengetahuan membuat anda menjadi orang yang lebih kreatif, cerdas dan inovatif. Dengan pengetahuan yang banyak, anda bisa menggunakan skill yang sudah anda kuasai untuk mendapatkan uang yang banyak.


Pengetahuan lebih penting dari uang, sebanyak apapun uang anda jika tidak mempunyai pengetahuan keuangan yang baik maka cepat lambat uang itu akan habis, tapi sedikit uang yang anda punya jika mempunyai pengetahuan keuangan yang baik maka cepat lambat uang itu akan bertambah banyak.


7. Spiritual


Mempunyai kekayaan spiritual membuat hati anda lebih tenang karena anda selalu terhubung dengan sang pencipta, sebanyak apapun uang, pengetahuan dan kendaraan yang anda miliki tetap akhirnya akan kembali kepada sang pencipta.


Kekayaan spiritual adalah hidup berdasarkan nilai - nilai dan prinsip iman yang kita percayai, spiritual menceritakan tentang hubungan antara manusia dengan Tuhannya.


Jadikan kekayaan spiritual sebagai dasar untuk mendapatkan kekayaan yang lainnya, anda harus yakin bahwa sang pencipta akan memberikan jalan untuk mendapatkan kekayaan yang ingin kita dapatkan.


Manusia yang mempunyai banyak uang tapi tidak dilengkapi dengan spiritual akan menjadi orang kaya yang sombong, semua orang bekerja siang dan malam demi mengumpulkan kekayaan duniawi dan banyak orang yang lupa dengan nikmat akhirat yang lebih bagus dari kekayaan duniawi.

Posting Komentar

0 Komentar