Inilah Cara Membuat Tabungan Semakin Meningkat Setiap Hari

Cara Membuat Tabungan Semakin Meningkat Setiap Hari


Membuat tabungan semakin meningkat


Menabung adalah hal yang perlu untuk menciptakan masa depan yang lebih baik tapi kenapa kebanyakan orang tidak melakukannya dan cenderung selalu menghabiskan uang tanpa sisa, orang tidak menabung karena dia tidak pernah merasakan manfaat dari menabung.


Alasan kebanyakan orang tidak menabung adalah penghasilan yang kecil, sulit menyisihkan uang dan punya kebiasaan boros. Semua masalah ini ada pada kebiasaan, untuk mulai menabung secara efektif dan konsisten maka anda harus mengubah kebiasaan terlebih dahulu.


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara membuat tabungan semakin meningkat setiap hari dan konsisten dalam menabung.


1. Merencanakan pengeluaran uang


Kebanyakan orang menghabiskan uang tanpa perencanaan terlebih dahulu sehingga uang akan habis tidak terasa, apalagi jika mendapatkan pendapatan yang lebih besar dari sebelumnya, orang merasa senang dan rasa senangnya itu membuat dirinya menjadi tidak terkontrol dalam mengeluarkan uang.


Dengan penghasilan yang lebih besar, anda pergi liburan, membeli smartphone baru, motor baru dan lain - lain. Sesuatu yang tidak direncanakan tapi gara - gara mendapatkan uang lebih menjadi direncanakan, kebiasaan inilah yang harus diubah.


Anda harus merencanakan pengeluaran uang dengan baik dan benar supaya uang yang anda hasilkan benar - benar berguna dan tidak terbuang percuma.


Setelah menerima uang, langsung buat perencanaan dan simpan uang terlebih dahulu. Buat perencanaan untuk apa saja uang itu digunakan, lebih baik perencanaan itu secara tertulis Jangan diingat. Setelah itu, anda hitung uang apakah cukup dengan yang anda rencanakan atau tidak, apakah ada sisa dan dialokasikan kemana uang yang tersisa. Semua hal itu harus anda rencanakan.


Penghasilan tanpa perencanaan pengeluaran uang maka uang akan habis tanpa terasa, hal ini adalah sesuatu yang tidak baik dalam finansial. Jika uang selalu habis setiap bulan maka tabungan tidak akan meningkat sampai kapan pun.


2. Kebiasaan yang efisien


Kebiasaan buruk membawa kerugian bagi yang melakukannya, anda harus menghilangkan kebiasaan buruk dan mulai membuat kebiasaan yang efisien, contoh : HP lama bisa dipakai kenapa harus beli HP baru, motor lama bisa dipakai kenapa harus beli motor baru, laptop lama masih bisa dipakai kenapa harus beli laptop baru.


Baca juga : 5 tabungan yang harus anda punya untuk masa depan yang lebih baik


Kebiasaan efisien adalah kebiasaan yang baik, orang - orang efisien cenderung mempunyai uang yang banyak dan tabungan yang menumpuk. Dengan melakukan kebiasaan ini, anda bisa melindungi uang dari nafsu membeli barang baru dan uang bisa ditabung untuk kebutuhan di masa depan.


3. Mulai menyisihkan uang kecil

Cara menabung yang baik dan benar


Kebanyakan orang meremehkan uang kecil padahal kita bisa memanfaatkan uang kecil ini untuk mulai menabung, anda punya uang receh lalu tata dengan rapih dan kumpulkan di suatu tempat secara rutin setiap hari maka setelah 1 - 2 tahun anda akan kaget dengan jumlahnya.


Jika anda berniat untuk menabung maka mulai dengan menyisihkan uang kecil setiap hari dan lupakan jumlah uang yang terkumpul, sesuatu yang besar biasanya dimulai dari hal - hal kecil. Saat anda terbiasa mengelola uang kecil maka anda juga bisa mengelola uang besar.


Orang yang tidak bisa mengelola uang besar berarti dia juga tidak bisa mengelola uang kecil, begitu juga sebaliknya orang yang tidak bisa mengelola uang kecil tidak akan bisa mengelola uang yang besar, tidak peduli uang itu besar atau kecil yang penting adalah orang yang mengurusnya.


Dengan menyisihkan uang kecil sedikit demi sedikit dan melupakannya maka uang yang dihasilkan akan membuat anda kaget dan jauh di atas perkiraan anda.


4. Jangan hitung jumlah tabungan


Hal ini mungkin terlihat konyol, kita mengumpulkan uang setiap hari tapi tidak tahu jumlahnya tapi melupakan uang yang ditabung adalah cara yang efektif untuk meningkatkan tabungan anda. Jika jumlah tabungan selalu diingat setiap hari maka otak anda berpikir bahwa tabungan ini tidak efektif karena peningkatan uang yang lambat.


Anda harus melupakan berapa jumlah uang yang sudah dikumpulkan, tugas anda hanyalah menyisihkan uang lalu masukkan ke tabungan bisa berupa emas batangan atau uang tunai tanpa mengingat jumlah uang yang dimasukkan.


Sebenarnya, menyisihkan uang adalah hal yang mudah tapi jika anda tidak terbiasa maka uang akan selalu habis tanpa sisa.


5. Cobalah menunda pengeluaran


Ada satu trik untuk menghemat dan melindungi uang anda yaitu dengan menunda pengeluaran, contoh anda sedang jalan - jalan lalu melihat smartphone baru dan anda tergoda untuk membelinya, disini anda jangan langsung beli tapi tunda sampai besok dan saat anda sampai rumah, anda berpikir bahwa tidak perlu membeli barang tersebut dan akhirnya tidak jadi membelinya.


Baca juga : cara mengundurkan diri dari pekerjaan dengan baik dan benar


Cara itu sudah saya lakukan dan memang berhasil untuk menghemat uang dan melindungi uang dari godaan untuk membeli barang baru. Dengan melindungi uang maka uang tetap terjaga dan tabungan semakin meningkat setiap harinya.

Posting Komentar

0 Komentar