Inilah Jenis Channel YouTube yang Paling Banyak Dicari

Jenis Channel YouTube yang Paling Banyak Dicari


Channel YouTube paling banyak dicari


Membuat channel YouTube adalah hal yang mudah dan membutuhkan waktu beberapa menit saja tapi membuat channel YouTube yang sukses dan banyak subscriber membutuhkan waktu dan kerja keras. Anda harus bersaing dengan ribuan Youtuber yang selalu menyalurkan kreativitasnya.


YouTube bisa menjadi bisnis yang menguntungkan bagi penggunanya, cukup dengan kreativitas dan pengetahuan lalu membuat video dan diupload ke YouTube maka anda akan mendapatkan penghasilan. Untuk anda yang ingin membuat channel YouTube, anda harus mengetahui jenis channel yang paling banyak diminati di YouTube.


Setiap hari ada lebih dari 2 milyar pengguna yang login ke YouTube, setiap menit ada 500 jam video yang diupload ke YouTube, setiap hari ada 1 milyar jam video yang ditonton oleh pengguna YouTube dan 85% pengguna YouTube mengatakan bahwa mereka menonton video YouTube untuk mempelajari sesuatu yang baru untuk meningkatkan kemampuan.


Setelah menonton video YouTube, mereka mendapatkan informasi, motivasi dan lebih percaya diri. Jenis channel YouTube yang paling banyak disukai orang adalah channel tutorial. Jika anda berencana akan membuat channel YouTube, saya sarankan untuk membuat channel tutorial.


Untuk anda yang ingin membuat channel tutorial di YouTube, saya akan memberikan beberapa tips sebelum anda mulai membuat video di YouTube.


Memilih tutorial yang akan diajarkan


Hal pertama yang harus anda pikirkan sebelum memulai channel tutorial adalah memikirkan jenis tutorial yang akan anda ajarkan kepada penonton, anda bisa menggunakan 2 cara untuk menentukan jenis tutorial :


• pilih tutorial yang membuat anda senang dan terinspirasi untuk melakukannya
• menentukan orang yang akan menonton video anda, cara menarik penonton adalah dengan menarik minat mereka, minat penonton yang tinggi membuat video tutorial anda ditonton banyak orang.


Menentukan target penonton


Jenis channel YouTube populer


Untuk mencari tutorial yang minatnya tinggi, anda bisa menggunakan Google trends. Jika grafik terus naik maka peminat makin tinggi karena data yang muncul dipengaruhi oleh popularitas. Saat popularitas makin tinggi atau stabil maka ada banyak orang yang menonton jenis tutorial tersebut.


Baca juga : channel YouTube seperti ini pasti ditolak monetisasi


Untuk mengetahui tingkat persaingan rendah, anda bisa mengetahuinya melalui penelusuran YouTube. Anda bisa mengetahui tingkat rendah dan tinggi persaingan video melalui banyaknya channel yang membahas.


Hal yang penting adalah jumlah orang yang menantikan konten tersebut, anda bisa mengetahuinya melalui Google keyword planner. Anda bisa melihat jumlah orang yang mencari sebuah kata kunci setiap hari, selain itu anda bisa memakai tools bernama tubebuddy untuk melihat tingkat persaingan, tingkat minat dan tingkat kompetitor.


Walaupun minat tinggi tapi tingkat kompetitor rendah, anda punya kesempatan untuk merebut ranking di pencarian YouTube atau tingkat minat dan persaingan tinggi bisa ditaklukan dengan kompetitor anda yang berkualitas.


Memilih tipe konten video


Channel tutorial mempunyai 2 tipe yaitu channel umum dan channel khusus / spesifik, channel umum biasanya membahas hal - hal yang tidak diajarkan di sekolah seperti cara menjadi dewasa, cara membahagiakan orang tua, cara menjadi cowok keren dan lain - lain.


Channel khusus atau spesifik biasanya membahas suatu hal secara mendalam seperti masalah keuangan, masalah kesehatan, tutorial software / hardware, membahas seputar kesuksesan dan lain - lain.


Perbedaan antara channel umum dan channel khusus adalah dari segi manfaat, channel khusus yang membahas sesuatu secara mendalam biasanya llebih cepat berkembang daripada channel umum yang membahas berbagai hal.


Ada 3 alasan kenapa channel khusus lebih berkembang daripada channel umum :


  • manfaatnya langsung terasa oleh penonton
  • konten unik ditonton berulang kali
  • membuat posisi channel lebih kuat


Format video tutorial


Anda harus menentukan bagaimana model video tutorial yang ingin anda buat supaya penonton bisa tertarik dan subscribe ke channel anda. Ada beberapa format video yang bisa anda gunakan untuk membuat video tutorial :


Format animasi


Anda bisa memakai format animasi untuk membuat video tutorial anda, buatlah format animasi yang berbeda dari channel lain tapi anda membutuhkan keahlian teknis dan artistik yang mumpuni. Kekurangan dari format animasi adalah proses pembuatan video yang memakan waktu lebih lama.


Format pembelajaran sekolah


Anda bisa menggunakan format ini untuk membahas pelajaran sekolah, menyelesaikan masalah, membahas teori dan lain sebagainya. Video dengan format ini bisa menarik penonton kembali apalagi jika ada video yang membahas sesuatu secara mendalam.


Kekurangan format pembelajaran sekolah adalah beresiko kehilangan minat penonton bila pembahasan video tidak jelas atau membosankan. Selain itu, persiapannya juga memakan waktu mulai dari mempersiapkan materi, riset dan lain - lain.


Format How To


Format video How To menjelaskan sebuah informasi kepada penonton yang membutuhkan informasi tersebut seperti cara menghilangkan jerawat, cara mengedit video, cara menggambar anime dan lain - lain.


Video dengan format ini adalah yang paling populer di penelusuran YouTube, anda bisa melihatnya dengan mengetik "cara" di kolom penelusuran maka akan terlihat topik yang diawali dengan kata cara.


Orang - orang yang menonton video melalui penelusuran biasanya hanya membutuhkan satu informasi saja, jadi jarang sekali orang yang subscribe. Jika tidak riset dan tidak bisa membuat video yang unik maka channel anda susah berkembang.


Format ceramah


Jenis channel YouTube populer


Format video ceramah adalah format paling populer di YouTube dan biasanya orang yang menonton video membagikannya ke media sosial. Membuat video dengan format ceramah bisa mempengaruhi pola pikir penonton karena berinteraksi dengan penonton secara langsung.


Format ini berkaitan dengan personal, jika orang tersebut sudah terkenal biasanya channel akan cepat berkembang tapi jika memulai channel dari awal akan lebih sulit karena persaingan yang ketat. Butuh perjuangan keras untuk membuat channel dengan format ceramah bisa terkenal.


Penonton biasanya membutuhkan pembuktian atau latar belakang yang jelas mulai dari pengalaman sampai pendidikan karena hal yang dibahas harus sesuai dengan teori yang ada.


Format esai


Format video seperti ini fokus pada isi video yang diberikan melalui audio visual, penonton akan lebih terbuka terhadap creator video selama videonya berkualitas dan konsisten. Kekurangan dari format esai adalah resiko terkena hak cipta karena mengumpulkan momen.


Baca juga : tanda - tanda channel YouTube anda akan sukses dan banyak subscriber


Selain itu, proses pembuatan video juga lumayan lama seperti format animasi karena membutuhkan berbagai macam tampilan, transisi, narator, infografis dan lain - lain.


Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena supaya mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar