Inilah Fitur Terbaru, Kelebihan dan Kekurangan MIUI 12 yang Harus Anda Ketahui Sebelum Update

Bahas lengkap MIUI 12


MIUI 12 hadir dengan berbagai fitur baru yang memudahkan pengguna xiaomi, ada berbagai macam fitur yang belum ada di versi MIUI sebelumnya. Selain itu, ada kelebihan yang akan anda rasakan setelah update ke versi terbaru.


Ada kelebihan tentu saja ada kekurangan, anda bisa mengetahui berbagai kekurangan MIUI 12 setelah update. Tapi, tenang saja kekurangan MIUI satu ini tidak begitu penting dan mungkin lain waktu ada pembaharuan untuk megatasi kekurangan tersebut.


Oke, penasaran kan apa saja fitur terbaru, kelebihan dan kekurangan MIUI 12, simak di bawah ini.


Kelebihan MIUI 12


Pertama - tama, kita akan membahas kelebihan dari MIUI 12 terlebih dahulu. Kelebihan ini terletak pada aplikasi pengaturan, home screen, lock screen, fitur dan lainnya.


1. Penghemat baterai ultra


Fitur ini sangat cocok untuk anda yang sering kehabisan baterai di perjalanan, anda bisa mengaktifkan penghemat baterai ultra untuk menonaktifkan aplikasi atau fitur yang menguras daya baterai smartphone. Dengan fitur ini, baterai akan lebih awet dan bisa digunakan lebih lama.


2. Super Wallpaper


MIUI 12 menampilkan tampilan yang lebih fresh dari MIUI sebelumnya dan fitur super wallpaper yang membuat tampilan layar smartphone menjadi lebih keren dengan animasi zoom in, pada bagian lock screen wallpaper terlihat zoom dan mengorbit planet.


Baca juga : Terbaru ! Cara menghapus file sampah tersembunyi di android dengan mudah dan cepat


Tapi, pada saat masuk ke home screen maka wallpaper akan zoom sampai ke permukaan planet, hal ini tergantung dari super wallpaper yang anda gunakan. Saat ini hanya tersedia 2 super wallpaper yaitu Mars dan Earth.


3. Aplikasi catatan


Fitu terbaru juga ada pada aplikasi catatan, anda bisa menggabungkan dua catatan sekaligus pada satu folder sehingga memudahkan anda dalam mengerjakan tugas yang tersedia di sub folder.


4. Animasi baru


View interface MIUI 12 mempunyai animasi baru dimana saat anda membuka dan menutup sebuah aplikasi maka akan terlihat animasi yang kekinian, berbeda dengan animasi MIUI sebelumnya yang terlihat kaku dan tidak menarik.


5. Gesture baru


Fitur gesture baru ini berfungsi untuk berpindah antar aplikasi, dalam mode layar penuh anda tidak perlu sweep up dan tahan untuk berpindah aplikasi. MIUI 12 bisa berpindah aplikasi dengan sweep kiri dan kanan saja sehingga tidak perlu keluar aplikasi terlebih dahulu untuk menggunakan aplikasi lain.


6. Desain lay out


MIUI terbaru mempunyai desain baru yang lebih menarik, pada bagian home screen atau layout sudah terlihat jelas perbedaannya dengan desain MIUI sebelumnya. Mulai dari pembagian aplikasi sesuai kategori secara otomatis, tampilan bar notifikasi yang berbeda dan tampilan di aplikasi pengaturan.


Aplikasi pengaturan MIUI 12 sedikit berbeda, perbedaannya terlihat di title, font text, animasi sweep up and down, kartu sim, performa baterai dan desain baru pada bagian tentang telepon.


7. DNS pribadi


Pada menu pengaturan terdapat opsi DNS pribadi, fitur ini bisa anda gunakan untuk membuka situs - situs yang di blokir tanpa menginstall aplikasi pihak ketiga, caranya adalah dengan memasukkan host penyedia layanan pribadi.


8. Quick setting


Anda suka dengan control center pada iPhone, sekarang xiaomi mempunyai control center dengan tampilan tersendiri. Control center xiaomi mirip dengan iPhone yaitu sweep down dari arah kanan untuk membuka pusat kontrol dan sweep down dari kiri untuk membuka bar notifikasi.


Baca juga : Belajar cara mendapatkan uang dari youtube untuk pemula


Jadi, pada MIUI 12 quick setting dan bar notification sudah terpisah seperti iPhone.


9. Mode mudah


Pada menu fitur spesial terdapat opsi mode mudah, anda bisa menggunakan fitur ini untuk memperbesar icon dan text pada aplikasi. Fitur ini berguna saat ponsel anda dipinjam orang tua supaya terlihat lebih jelas mengingat pandangan orang tua yang sudah sedikit kabur.


10. Floating mode


Pada MIUI 11, floating mode hanya bisa dilakukan di aplikasi kalkulator dan messenger tertentu, tapi MIUI 12 bisa mengaktifkan floating mode di semua aplikasi. Caranya, anda masuk ke recent apps > pilih menu jendela mengambang > pilih aplikasi yang ingin di floating.


Anda bisa mengatur aplikasi floating sesuai selera seperti mengatur tempat dan ukuran aplikasinya. Untuk notifikasi, anda hanya perlu sweep down untuk membuka floating mode pada aplikasi dan anda bisa membalas chat dengan cepat.


11. Backup dan restore data


Pada MIUI 11, anda hanya bisa backup data ke perangkat seluler tapi setelah update ke MIUI 12, anda bisa backup data ke komputer. Jadi, anda bisa backup data - data ke komputer dan memulihkan data dari komputer juga.


Fitur ini sangat berguna karena penyimpanan telepon cukup terbatas sehingga harus backup beberapa data ke komputer untuk disimpan supaya tidak hilang.


12. Dark mode cerdas


Dark mode cerdas


Dark mode di MIUI 12 terlihat lebih istimewa dan cerdas daripada dark mode MIUI 11, anda bisa menyesuaikan wallpaper dengan mode gelap dan ada menu menyesuaikan warna dan kontras secara otomatis saat cahaya di tempat anda berkurang.


Uniknya, dark mode tidak hanya berlaku pada aplikasi sistem saja tapi berlaku untuk semua aplikasi yang terinstall. Fitur ini sangat cocok untuk anda yang ingin menjaga mata saat bermain ponsel.


13. Video toolbox


Saat anda menonton video baik dari galeri, aplikasi video, youtube dan lainnya. Ada sebuah fitur baru yang bisa anda gunakan untuk merekam video, screenshot video dan mematikan HP tanpa menghentikan musik yang ada pada video. Selain itu, anda bisa menggunakan aplikasi yang tersedia tanpa keluar dari video.


14. Aplikasi cuaca


Aplikasi cuaca di MIUI 12 terlihat lebih nyata, misalnya saat cuaca hujan maka dalam tampilan terlihat hujan. Selain itu, anda bisa melihat posisi matahari saat ini dari terbit sampai terbenam dan ramalan cuaca yang lebih banyak dari versi sebelumnya.


15. Tentang telepon


Tampilan MIUI 12 sudah lebih keren disertai dengan animasi yang berbeda -beda, contohnya animasi air di menu penyimpanan yang bisa bergerak saat HP digoyang - goyangkan. Selain itu, tata letak di beberapa menu pengaturan tertata lebih rapih.


16. Perlindungan privasi


Pada menu perlindungan privasi, anda bisa mengendalikan aksi sensitif pada kamera, lokasi, mikrofon, GPS dan lain - lain. Selain itu, anda bisa mengatur aksi sensitif pada setiap aplikasi misalnya GPS, anda bisa mengatur GPS untuk dijalankan saat membutuhkannya saja atau dijalankan sepanjang waktu.


Kekurangan MIUI 12


Anda sudah mengetahui kelebihan dari MIUI 12 ini, ada banyak sekali kelebihannya tentu saja anda akan update ke versi terbaru kan. Kekurangan MIUI 12 saat ini ada 3 yaitu :


1. Performa bermain game menurun


Performa main game menurun


Setelah anda update MIUI dan anda bermain game maka anda akan merasakan ada hal yang berkurang saat bermain game. Mungkin performa bermain game menurun setelah update MIUI 12 seperti layar kurang responsif dan terasa kurang smooth. Anda bisa mencoba sendiri apakah benar performa game jadi menurun ?


2. Skor antutu menurun


Jika anda update xiaomi ke MIUI 12 maka skor antutu akan menurun, sebaiknya anda melihat skor antutu terlebih dahulu sebelum update ke MIUI 12, untuk memastikan apakah benar skor antutu HP akan menurun jika di update.


3. Stok tema


Tema yang tersedia untuk MIUI 12 masih sangat sedikit, untuk anda pengguna xiaomi yang suka gonta - ganti tema sebaiknya jangan update terlebih dahulu sebelum ada pembaharuan tema. Tapi, tema yang tersedia pun lumayan bagus walaupun jumlahnya masih minim.