8 Mitos Aneh yang Hanya Ada di Indonesia

8 Mitos Aneh yang Hanya Ada di Indonesia


Berbagai macam mitos indonesia


Indonesia penuh dengan hal - hal mistis, berbagai macam jenis hantu ada di indonesia dan tempat - tempat angker tersebar luas beserta tragedi yang mengerikan. Selain itu, mitos - mitos yang masih dipercaya masyarakat Indonesia pun sangat banyak, di setiap daerah mempunyai berbagai macam mitos yang selalu mereka percayai.


Mitos yang ada di Indonesia itu terbilang aneh dan tidak masuk akal, mungkin fungsi mitos ini dibuat supaya masyarakat menghindari kegiatan yang dilarang dan melindungi diri dari marabahaya. Oleh karena itu, saya akan memberitahukan beberapa mitos aneh yang hanya ada di Indonesia.


1. Suara keras berarti jauh, suara pelan berarti dekat


Suara ini dikaitkan dengan sosok kuntilanak, jika anda mendengar suara pelan maka kuntilanak itu berada di dekat anda dan jika suara terdengar keras maka kuntilanak jauh dari anda. Suara - suara ini adalah bentuk interaksi antara manusia dengan kuntilanak.


Semua orang saat mendengar suara mbak kunti pasti merinding, mau suara itu pelan atau keras. Jika suara keras maka kuntilanak akan mendekat dan suara pelan pasti dekat anda tetap harus kabur karena takut diganggu.


Belum ada orang yang bisa memastikan kebenaran ini, coba anda diam di kuburan saat malam hari dan dengar baik - baik suara yang muncul apakah benar - benar ada kuntilanak.


2. Pohon pisang menjadi sarang makhluk gaib


Pohon pisang sarang makhluk gaib


Anda pasti pernah melihat foto atau video penampakan hantu yang berada di pohon rimbun yang umurnya sudah ratusan tahun. Tapi, ada mitos dari orang tua jaman dulu kalau pohon pisang itu adalah sarang makhluk gaib. Hal ini dikaitkan oleh adanya rumah yang di pekarangan rumahnya terdapat pohon pisang dan akhirnya pohon tersebut menjadi rumah bagi makhluk gaib.


Mitos ini dibuat mungkin supaya masyarakat tidak terlalu banyak menanam pohon pisang karena pohon pisang susah dirawat dan bisa menyebabkan lingkungan menjadi kotor. Pohon pisang biasanya dihuni oleh kuntilanak, jika anda punya pohon pisang coba lihat di malam hari apakah benar ada kuntilanaknya.


3. Bersiul di malam hari bisa mengundang setan


Bersiul adalah kegiatan yang biasa kita lakukan saat gabut atau iseng, tapi ada yang menyebutkan bahwa bersiul di malam hari itu bisa mengundang setan dan mengganggu orang yang bersiul. Orang tua zaman dulu sering membuat mitos - mitos yang terkenal termasuk yang ini.


Katanya, jika anda keluar rumah di malam hari sambil bersiul maka makhluk halus akan datang dan mengganggu anda. Ternyata mitos ini dibuat supaya tidak mengganggu tetangga saat malam hari karena rumah zaman dulu itu berdekatan.


Zaman dulu,bersiul juga digunakan sebagai isyarat perang atau kode perang. Jadi, jika anda bersiul bisa menimbulkan kesalahpahaman antara pasukan perang yang ada. Nah, pada zaman ini perang sudah tidak ada, jarak rumah sudah menjauh, coba anda bersiul di malam hari apakah benar setan akan datang mengganggu anda.


4. Berkendara di jalan angker


Mitos membunyikan klakson, membuang puntung rokok, mengedipkan lampu sorot adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan saat ingin melewati tanjaman emen. Tanjakan ini mempunyai medan yang menanjak dan berliku - liku sehingga sering menyebabkan kecelakaan lalu lintas.


Munculnya mitos ini karena tanjaman emen sering meminta tumbal pada waktu tertentu, ada seorang korban bernama emen yang mengalami kecelakaan di tanjakan ini pada tahun 80-an. Nama emen menjadi pengingat dan peringatan bagi pengendara dengan memberikan nama tanjakan emen.


Masih ada orang yang percaya dengan mitos ini dan melakukan kewajiban saat ingin melewati. Saya sendiri sudah tidak percaya dengan mitos ini karena kecelakaan adalah kejadian yang tidak terduga, hal itu bukan karena orang tersebut dihantui atau ditumbalkan.


Memang sudah banyak korban kecelakaan yang terjadi di tanjakan emen, tapi kecelakaan itu bukan karena makhluk gaib mungkin saja karena konstruksi jalannya yang membuat jalan tersebut rawan kecelakaan. Jadi, intinya anda harus berhati - hati saat melewati jalan tersebut.


5. Mengetuk pintu dari dalam rumah


Orang yang ingin berkunjung ke rumah teman pasti mengetuk pintu terlebih dahulu, setelah itu teman anda membukakan pintu lalu masuk ke dalam rumah. Ada sebuah mitos tidal boleh mengetuk pintu dari dalam rumah karena hal itu bisa mengundang makhluk gaib.


Baca juga : berbagai macam mitos kuno yang mendatangkan kejadian buruk


Katanya, jika anda mengetuk pintu dari dalam rumah maka pintu yang di ketuk itu akan terbuka dan tertutup dengan sendirinya sebagai pertanda bahwa makhluk gaib sudah datang ke tempat tersebut. Beberapa orang meragukan hal ini, masa sih cuma ketuk pintu doang bisa mendatangkan makhluk halus.


Anda bisa mencoba kebenaran mitos ini dengan iseng - iseng mengetuk pintu rumah dari dalam dan tunggu di malam hari apakah makhluk gaib akan datang ke rumah.


6. Dilarang bermain saat senja


Dilarang bermain saat senja


Anda pasti pernah saat asyik bermain di luar rumah pada sore hari tiba - tiba ada orang tua yang menjemput anda untuk pulang. Hal ini sering terjadi karena dikaitkan dengan mitos bahwa anak kecil dilarang main di luar rumah saat sore menjelang malam.


Saat sore menjelang malam terjadi perubahan waktu sekaligus waktu munculnya makhluk - makhluk gaib dari tempat persembunyiannya. Ada juga makhluk bernama wewe gombel yang sering menculik anak kecil, jadi anak kecil tidak boleh bermain saat perubahan waktu karena takut diculik wewe gombel.


Mungkin mitos ini dibuat supaya anak berhenti bermain karena waktu sudah malam. Dalam islam, perubahan waktu dari sore ke malam hari (maghrib) membuat pintu gaib terbuka dan makhluk gaib mulai berkeliaran pada waktu itu sehingga anak kecil harus masuk ke dalam rumah dan menutup pintu saat waktu maghrib.


Banyak orang yang masih percaya dengan mitos ini karena bisa membujuk anak supaya pulang lebih cepat.


7. Memelihara jenglot bisa hidup abadi


Ada mitos menyebutkan bahwa mempunyai jenglot bisa hidup abadi karena boneka yang katanya menyimpan arwah ini mempunyai kekuatan supranatural sehingga berbahaya untuk manusia. Katanya, orang yang golongan darah O atau AB adalah mangsa atau makanan nikmat bagi jenglot.


Ada makhluk yang mempunyai kekuatan supranatural seperti jenglot mungkin bisa dipercaya tapi jika jenglot bisa membuat seseorang menjadi kaya raya, saya kurang percaya. Menurut anda gimana, apakah jenglot benar - benar bisa membuat seseorang hidup abadi.


8. Malam 1 syuro


Ada hari - hari tertentu yang dianggap sakral dan harus melakukan ritual oleh lapisan masyarakat di pulau jawa termasuk hari saat 1 syuro. Wikipedia menjelaskan bahwa malam 1 syuro adalah hari pertama pada kalender jawa di bulan sura atau suro dimana bertepatan dengan 1 muharram dalam kalender hijriyah.


Ada beberapa pantangan di malam 1 syuro seperti mengadakan pesta, berpergian dan pindah rumah. Jika seseorang melakukan pantangan ini di malam 1 syuro maka ia akan celaka. Mitos ini masih dipercaya oleh masyarakat pulau jawa, oleh karena itu orang - orang lebih memilih beribadah atau melakukan ritual.


Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Stay healthy and good bye

Posting Komentar

0 Komentar