Cara Mengatur Waktu Dengan Benar Supaya Menjadi Lebih Produktif [Tips Manajemen Waktu]

Cara Mengatur Waktu Dengan Benar Supaya Menjadi Lebih Produktif


Tips manajemen waktu


Semua orang mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam, ada beberapa orang yang menganggap waktu sebanyak itu masih kurang karena ia kurang puas dengan kegiatan yang dijalankan sehari - hari.


Anda pasti pernah membuat jadwal kegiatan sehari - hari dan berusaha untuk mengikuti setiap kegiatan yang tertera di daftar. Walaupun sudah diatur tapi tetap banyak kegiatan yang terlewat, lupa dan lain sebagainya.


Orang yang tidak pintar mengatur waktu pasti kebingungan memilih kegiatan yang prioritas dan kegiatan yang bisa dikerjakan nanti, penyebab seseorang merasa waktu 24 jam itu kurang adalah tidak ada rasa puas dalam dirinya setelah melakukan sesuatu atau melakukan kegiatan yang sama setiap hari padahal masih ada kegiatan yang harus dikerjakan.


Anda bisa lihat teman anda yang pintar mengatur waktu dengan baik, mereka bisa melakukan semua kegiatan dengan maksimal dalam waktu 24 jam. Waktu nya sama dengan anda tidak kurang dan lebih, tapi kenapa anda masih susah banget mengatur waktu.


Oke, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara mengatur waktu dengan benar supaya hari - hari anda menjadi lebih produktif.


Motivasi kuat


Hal mendasar yang harus anda ketahui tentang manajemen waktu yaitu motivasi yang kuat, seberapa kuat motivasi anda untuk mengatur waktu sehari - hari supaya lebih produktif. Lalu bagaimana supaya motivasi kita ini kuat dan bisa terus menjadikan hari - hari lebih produktif.


Berdasarkan riset atau kajian literatur, anda harus menguasai 3 hal mendasar dalam manajemen waktu yaitu awareness, arrangement dan adaptation. Disini akan dibahas salah satu hal yang paling utama yaitu cara mengatur atau menyusun jadwal yang baik setiap hari.


Menyusun termasuk skil arrangement, anda pasti pernah menyusun jadwal kegiatan sehari - hari tapi tetap saja banyak yang terlewat, lupa tidak dikerjakan, tertunda dan berbagai macam alasan lainnya. Ada beberapa hal sederhana yang bisa anda lakukan dan ini berpengaruh kuat pada motivasi anda untuk mengatur waktu.


Membuat jadwal yang spesifik


Membuat jadwal yang spesifik


Anda pernah buat jadwal kan', sekarang anda coba membuat jadwal harian lagi dengan lebih spesifik dalam bentuk checklist. Coba membuat jadwal kegiatan sehari - hari dengan batas waktunya, misalnya anda meeting selama 2 jam, baca buku selama 3 jam dan seterusnya.


Lebih baik anda menyusun kegiatan ini sesuai waktu atau prioritas, setelah menyusun jadwal spesifik anda harus membuat kotak kecil untuk di checklist setelah kegiatan tersebut sudah dilakukan. Biasanya muncul perasaan senang dan lega saat anda menceklis kotak tersebut setelah kegiatannya dilakukan.


Selain itu, dengan menceklis kotak kegiatan yang sudah dilakukan maka anda akan tambah semangat untuk menyelesaikan kegiatan - kegiatan yang lain sehingga hari menjadi lebih produktif. Menurut buku The Checklist Manifesto, checklist adalah cara simpel dalam manajemen waktu karena membuat seseorang fokus pada prioritas kegiatan, disiplin dengan tugas yang dimiliki dan pengingat untuk tugas selanjutnya.


Memberi reward ke diri sendiri


Secara psikologis, manusia akan mengkuti sebuah tindakan yang menghasilkan konsekuensi positif, jika kegiatan yang anda lakukan menghasilkan konsekuensi positif maka kemungkinan besar anda akan melakukannya lagi. Jika kosenkuensi positif atau reward yang anda dapatkan secara cepat maka itu lebih baik.


Secara tidak langsung, anda termotivasi untuk melakukan sesuatu karena tahu setelah melakukan hal tersebut akan mendapatkan reward yang memuaskan. Setelah melakukan semua kegiatan yang ada di jadwal, anda bisa menggunakan sisa waktu yang ada untuk istirahat atau hiburan.


Baca juga : belajar cara mendapatkan uang di youtube untuk pemula


Membuat rencana kegiatan itu susah - susah gampang, anda mungkin kebingungan mengatur kegiatan yang ada, sulit membagi antara kegiatan penting, paling penting dan prioritas. Saya baru memberikan 3 hal utama yang paling penting, sebenarnya masih banyak yang bisa anda pelajari untuk mengatur waktu menjadi lebih produktif.

Posting Komentar

0 Komentar