√ Cara Mudah Mengatasi Smartphone Tidak Ada Suara Saat Menelpon

√ Cara Mudah Mengatasi Smartphone Tidak Ada Suara Saat Menelpon


Cara mengatasi hp tidak ada suara saat menelpon
Ilustrasi


Ponsel cerdas atau smartphone mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan sehari - hari. Benda kecil ini sering dibawa kemana - mana oleh setiap orang karena bermanfaat dalam berkomunikasi, mencari informasi, media hiburan dan lain - lain.

Dalam berkomunikasi, kita bisa melakukan panggilan telepon sehingga bisa berbicara langsung melalui smartphone kita. Tapi, smartphone kita kadang mengalami kerusakan atau erroe baik di software dan hardware.

Masalah yang sering dialami pengguna smartphone adalah tidak ada suara saat menelpon. Kerusakan ini bisa membuat anda rugi karena bisa menghambat segala aktivitas yang melibatkan telepon anda.

Tenang saja, saya akan membagikan beberapa cara mudah untuk mengatasi ponsel tidak ada suara saat menelpon.

Masalah tidak ada suara saat menelpon biasanya ada pada speaker. Tapi, masalah lain juga bisa meembuat kerusakan menjadi parah seperti software yang error dan microphone hp yang kotor dan rusak.

Anda harus memahami perbedaan kerusakan ini :

Pada saat melakukan panggilan dan suara anda tidak muncul di ponsel penerima maka kerusakannya pada microphone smartphone. Sedangkan saat ada panggilan masuk tapi suara yang ada tiba - tiba hilang maka kerusakannya pada speaker smartphone.

Ada beberapa penyebab kenapa hp tidak ada suara saat melakukan panggilan seperti smartphone terjatuh, smartphone kemasukan air,  IMEI smartphone hilang, kerusakan software, kerusakan hardware dan update sistem yang tidak sesuai dengan ponsel.

Dari beberapa penyebab, kerusakan yang terbukti bisa merusak suara saat menelpon adalah kerusakan microphone dan speaker smartphone.


1. Matikan ponsel



Langkah awal yang harus anda lakukan adalah mematikan ponsel anda, lalu copot semua komponen seperti baterai, kartu sim dan micro sd. Diamkan sampai beberapa menit, maksimalnya 30 menit. Setelah itu, anda pasang semua komponen dan nyalakan ponselnya.

Hal ini bertujuan untuk merefresh perangkat android untuk mengatasi error kecil termasuk ponsel tidak ada suara saat menelpon.


2. Hapus data aplikasi telepon



Anda bisa melakukan operasi ulang pada aplikasi telepon yaitu dengan menghapus data aplikasinya supaya beroperasi dari awal kembali. Data dan cache yang terlalu banyak bisa menjadi penyebab hp tidak ada suara saat menelpon dan error lainnya.

Baca juga : cara terbaru unlock bootloader semua hp xiaomi, lebih mudah dan cepat

Cara menghapus data aplikasi telepon : masuk ke pengaturan > aplikasi  > pilih aplikasi telepon > hapus data (cache termasuk data). Dengan menghapus data telepon, lebih baik lagi jika perangkat di restart supaya bisa mengatasi error - error kecil.


3. Coba telepon customer service



Anda bisa melakukan panggilan ke service center dengan handsfree untuk memastikan kerusakan pada speaker telepon hp. Jika speaker telepon terlihat bersih tapi suara saat menelpon masih tidak terdengar maka lakukan panggilan ini.

Handsfree berperan sebagai alat untuk mencari sumber kerusakan smartphone. Jika suara terdengar di handsfree tapi tidak terdengar di earphone HP maka kerusakannya ada pada jalur PWB earphone.


4. Periksa speaker dan microphone ponsel



Cara memeriksa speaker dan mic ponsel adalah dengan merekam suara anda sendiri atau melakukan percobaan panggilan ke ponsel anda yang lain. Jika suara anda tidak muncul di penerima telepon, maka kerusakan ada pada mic.

Sedangkan jika anda tidak mendengar suara telpon yang masuk melalui speaker maka speaker ponsel anda yang rusak. Saat anda mengetahui jenis kerusakan, langkah selanjutnya adalah melakukan penanganan pada kerusakan tersebut.

Ada beberapa perangkat yang bisa melakukan pengecekan tool  diagnostic hardware, seperti xiaomi dengan memasukan kode dial *#*#6484#*#* dan samsung dengan kode dial *#0*#. Setelah memasukan kode tersebut, anda bisa melakukan pengecekan pada speaker, loudspeaker dan microphone.


5. Periksa bagian port jack headset



Anda pasang jack headset dan perhatikan icon headset pada perangkat, kemudian lakukan panggilan telepon dan tutup sensor proximity di bagian atas.

Jika layar ponsel tetap menyala saat jack headset tercabut maka kerusakannya pada jack headset tersebut. Anda harus memperbaiki headset tersebut ke service center atau menggantinya dengan jack headset baru.

Anda bisa menggunakan aplikasi soundabout dan headset toogle untuk mengubah pengaturan suara headset yang terpasang pada perangkat.


6. Coba telepon lewat aplikasi chat



Anda bisa melakukan percobaan lain yaitu dengan menelpon teman melalui aplikasi chat seperti whatsapp, line, facebook dan aplikasi sejenis. Hal ini untuk memastikan apakah kerusakan ada pada hardware atau software.

Jika suara anda tidak terdengar oleh penerima panggilan walaupun sudah menggunakan semua aplikasi chat maka kerusakannya pada hardware dan harus diperbaiki ke service center terdekat.


7. Mengaktifkan loudspeaker



Anda coba mengaktifkan loudspeaker untuk memastikan apakah speaker atas rusak atau tidak. Jika speaker atas rusak maka saat ada panggilan masuk, suara penelpon tidak terdengar oleh si penerima telepon.

Baca juga : cara mudah melakukan split layar / split screen di semua hp android

Dengan mengaktifkan loudspeaker, suara saat menelpon akan keluar melalui speaker bawah smartphone, tapi suara saat menelpon sangat keras sehingga bisa di dengar oleh banyak orang jika di keramaian.


8. Cobalah mic eksternal



Cara ini bisa anda lakukan jika suara anda tidak terdengar oleh penerima telepon karena komponen microphone ponsel yang rusak. Anda bisa menggunakan microphone eksternal yang banyak dijual di online shop untuk mencoba panggilan telepon.

Jika suara anda terdengar oleh penerima telepon saat memakai mic eksternal maka kerusakannya ada pada microphone ponsel tersebut.


9. Bersihkan microphone ponsel



Jika anda bisa membersihkan microphone yang kotor maka lakukan dengan hati - hati. Anda harus memperhatikan bagian kabel apakah terputus atau tidak, bersihkan dengan hati - hati supaya tidak rusak parah.

Bersihkan lubang jack headset dengan benda kecil seperti lidi, kayu atau lainnya kecuali jarum karena bisa merusak komponen di dalamnya. Jika sudah membersihkannya tetapi tetap suara tidak terdengar maka kerusakan ada pada microphone ponsel.

Baik kerusakan microphone atau jalur microphone tetap saja harus diperbaiki oleh orang yang sudah ahli.


10. Perbaiki microphone dan speaker



Anda bisa memperbaiki microphone dan speaker yang rusak sendiri di rumah (jika anda bisa) atau membawa komponen ke orang yang sudah ahli dalam bidang ponsel.

Tentu saja, anda harus mengeluarkan beberapa rupiah untuk biaya memperbaiki microphone dan speaker supaya proses menelpon bisa berjalan lancar kembali.


11. Factory reset



Alternatif lain yaitu dengan mereset android menjadi pengaturan pabrik. Penyebab hp tidak ada suara saat menelpon bisa jadi karena adanya file virus yang tidak diketahui oleh pengguna sehingga menghambat fungsi aplikasi telepon.

Baca juga : 2 cara membuat kamera CCTV di hp android dengan mudah dan cepat

Cara satu - satunya adalah dengan melakukan factory reset pada ponsel. Masuk ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > setel ulang telepon. Setiap perangkat android mempunyai cara yang berbeda, tapi pada dasarnya sama.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar