Asal - Usul Genderuwo, Makhluk Mitos Legendaris Indonesia

Asal - Usul Genderuwo, Makhluk Mitos Legendaris Indonesia


Makhluk legendaris Indonesia


Makhluk seram yang satu ini sudah tidak asing lagi di mata kalian kan. Nama genderuwo sudah melegenda di seluruh indonesia, tapi apa kalian tahu bagaimana asal usul dari makhluk genderuwo ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberi sedikit pengetahuan tentang asal usul genderuwo, sosok makhluk bertubuh besar dan berkulit hitam yang menjadi mitos legendaris di Indonesia.

Selain pocong, tuyul dan kuntilanak, genderuwo juga sudah termasuk kategori makhluk supranatural yang dikenal masyarakat Indonesia. Makhluk seram ini sudah diceritakan oleh para orang tua secara turun temurun.

Ciri - ciri genderuwo adalah memiliki tubuh yang besar, kulit yang hitam dan rambut lebat yang menutupi badan. Masih banyak orang yang belum tahu tentang ciri khas genderuwo dan asal - usul genderuwo.

Berdasarkan buku Dunia Mistik Orang Jawa karangan R.P. Suyono. Istilah genderuwo atau genderuwa berasal dari kawih gandarwa yang berakar dari bahasa sanskerta yaitu gandarfa.

Gandarfa dalam kepercayaan hindu dan budha merupakan makhluk berwujud manusia berjenis kelamin pria yang tinggal di kayangan. Tentunya berbeda dengan genderuwo yang kita tahu, gandarfa adalah musisi para dewa yang kadang turun ke bumi.

Mitos genderuwo sebagai makhluk astral diangkat dari persia dan iran. Pada mitos persia, ada sesosok makhluk bernama gandarewa (siluman air persia) yang terus menerus memakan hal - hal baik.

Mitos persia tersebut diadaptasi oleh masyarakat Indonesia pada zaman hindu - buddha. Seiring berjalannya waktu, mitos ini berubah menjadi genderuwo yang kita tahu.

Sedangkan menurut budaya jawa, hantu genderuwo berasal dari kematian seorang pria yang tidak sempurna seperti kecelakaan, pembunuhan, penguburan yang tidak baik dan bunuh diri sehingga arwahnya tidak bisa menerima kematian dan berubahlah menjadi makhluk genderuwo.

Katanya, genderuwo juga memiliki sifat yang sama seperti manusia, ada genderuwo baik dan genderuwo jahat. Oleh karena itu, ada beberapa orang yang bisa berteman baik dengan makhluk seram ini.

Menurut masyarakat jawa, genderuwo menjadi makhluk halus menyeramkan yang paling ditakuti oleh banyak orang. Bukan karena tampangnya yang seram, tapi kelakuannya yang suka menggoda wanita.

Menurut mitos, genderuwo bisa menyamar menjadi suami dari seorang wanita supaya bisa berhubungan badan. Biasanya kejadian ini terjadi saat sang suami sedang pergi jauh dalam waktu yang lama dan sang istri akan merasa sangat puas setelah berhubungan badan dengan genderuwo.

Tapi, sifat genderuwo selalu menyesuaikan dengan sifat manusia itu sendiri. Jika ada orang yang mengganggu maka genderuwo jahat akan muncul begitu juga sebaliknya. Kebanyakan orang juga beranggapan bahwa genderuwo bisa membawa keberuntungan saat mengundi nomor togel.

Cara mendapatkan bantuan genderuwo adalah dengan memberi sate gagak karena memang makanan kesukaan genderuwo. Sebaiknya jangan dilakukan guys, soalnya hal itu merupakan perbuatan syirik.

Sementara sifat genderuwo baik akan menjadi penunggu suatu rumah yang selalu berbuat baik kepada penghuninya. Bentuk bantuannya bisa berupa melindungi rumah dari gangguan perampok dan pembunuh atau menjaga tempat gaib.

Ada juga masyarakat yang percaya bahwa genderuwo bisa menyunat anak laki - laki dari keluarga taat beribadah yang berkecukupan. Biasanya genderuwo baik ini akan menyamar menjadi manusia yang berpenampilan rapih seperti orang jawa jaman dulu, sedangkan genderuwo jahat akan berpenampilan seram seperti yang kita tahu.

Kalian harus tahu, tanda - tanda genderuwo muncul biasanya tercium aroma singkong panggang dan bau - bau harum. Makanan kesukaan genderuwo adalah nasi ketan dan sate gagak, jika kalian memberi makanan ini ke genderuwo maka dia akan nurut dan bisa menjadi bahan pesugihan.

Tidak hanya itu, makhluk ini juga sering meminta hal - hal aneh untuk dijadikan tumbal. Tempat tinggal genderuwo biasanya di pohon besar, hutan belantara, rumah kosong dan daerah dekat air, tapi yang paling terkenal mereka tinggal di pohon sawo.

Jadi, harap berhati - hati saat melewati pohon sawo. Jika kepala berasa tertimpa air saat melewati pohon sawo, bisa jadi air itu merupakan kencing genderuwo. Soalnya makhluk ini sering berbuat iseng dengan mengencingi orang yang melewati kediamannya.

Konon katanya, pusat tempat tinggal genderuwo berada di hutan jati donoloyo (kecamatan sloghimo), 60 KM sebelah utara kota wonogiri.


Hutan jati donoloyo
Hutan jati donoloyo


Wilayah lain yang banyak dihuni genderuwo adalah girimulyo, kulonprogo. Dari semua penjelasan ini timbul satu pertanyaan, sebenarnya genderuwo itu ada nggak sih ?.

Tanpa ada bukti yang nyata, kita tidak akan pernah tahu ada atau tidaknya makhluk genderuwo ini. Kita pasti setuju bahwa genderuwo adalah sosok makhluk legendaris yang punya pengaruh besar pada budaya dan bangsa masyarakat Indonesia.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena supaya mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar