Inilah 13 Makanan yang Membuat Otak Cerdas dan Pintar

Inilah 13 Makanan yang Membuat Otak Cerdas dan Pintar


Makanan yang membuat otak cerdas dan pintar


Otak adalah organ tubuh paling penting yang berfungsi mengatur seluruh fungsi organ lainnya. Otak berperan sebagai pusat mekanisme tubuh dan mengendalikan kesehatan tubuh.

Kita sebagai manusia harus  menjaga otak tetap sehat supaya bisa meningkatkan kemampuan kreativitas dalam kehidupan sehari - hari. Jika anda tidak memerhatikan kesehatan otak anda maka otak akan mengalami kerusakan dan memicu penyakit seperti stroke, kanker otak, demensia dan hilang ingatan.

Oleh karena itu, anda harus memperhatikan kesehatan otak anda melalui gaya hidup sehari - hari dan makanan. Makanan menjadi faktor utama kesehatan tubuh dan otak, jika makanan yang dikonsumsi tidak baik maka akan berdampak pada kesehatan tubuh.

Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan kemampuan otak anda. Makanan yang anda konsumsi selalu menentukan kemampuan otak, makanan yang mengandung mineral, zat besi dan lainnya bisa memberikan efek positif pada otak sehingga kemampuannya meningkat.

Oke, langsung saja berikut makanan yang bisa meningkatkan kemampuan otak sehingga otak menjadi cerdas dan pintar.


1. Ikan


Ikan seperti salmon dan sarden mempunyai kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Kandungan inilah yang mampu untuk meningkatkan fungsi otak anda. Kandungan tersebut bekerja dalam tubuh untuk membangun sel saraf dalam otak, memperlambat penurunan fungsi kognitif dan meningkatkan fungsi otak.


2. Pisang


Pisang sering dikonsumsi oleh masyarakat indonesia karena harganya yang murah, mudah didapat dan manfaat besar bagi kesehatan tubuh termasuk untuk meningkatkan konsentrasi.

Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa siswa yang mengonsumsi pisang sebelum ujian akan memiliki daya fokus dan konsentrasi tinggi. Hal itu terjadi karena pisang mengandung mineral yang bisa mengoptimalkan kinerja otak, mengurangi tekanan darah dan depresi.


3. Kopi


Minuman yang satu ini menjadi kesukaan setiap pria. Kopi mengandung antioksidan dan kafein yang memberikan efek positif bagi otak seperti memperbaiki suasanan hati, menjaga otak tetap siaga dan meningkatkan konsentrasi.

Untuk membuat otak cerdas dan pintar, anda bisa mengonsumsi kopi dalam jumlah yang wajar dan jangan terlalu banyak menambahkan pemanis dan bahan buatan lain pada kopi. Hal - hal tersebut bisa mengurangi manfaat mengonsumsi kopi.


4. Wortel


Wortel mengandung kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan perkembangan otak. Wortel mempunyai senyawa luteolin yang bisa mengurangi defisit memori yang berkaitan dengan inflamasi otak dan penuaan.

Selain itu, kandungan vitamin A pads wortel akan meminimalisir kerusakan saraf bagi penderita stroke sehingga kesempatan untuk sembuh semakin besar. Anda disarankan untuk mengonsumsi wortel 5× seminggu untuk menurunkan resiko terkena stroke.


5. Kacang - kacangan


Makanan jenis kacang - kacangan terbukti mampu mempertahankan fungsi otak karena memiliki banyak kandungan nutrisi seperti lemak tidak jenuh, antioksidan dan vitamin E.

Baca juga : Waspada ! Inilah 10 kebiasaan yang dapat merusak kemampuan otak

Anda bisa memilih jenis kacang almond, kacang kenari, kacang mete dan jenis biji - bijian lain seperti biji labu dan biji bunga matahari. Selain memberi efek positif bagi otak, kandungan kacang - kacangan bisa menjaga kesehatan jantung.


6. Alpukat


Alpukat mengandung banyak lemak baik sehingga sangat cocok untuk membantu perkembangan otak. Untuk kesehatan, buah alpukat memiliki kandungan vitamin E dan serat yang menjaga tubuh tetap sehat dan bertenaga.


7. Coklat hitam


Anda pasti suka mengonsumsi coklat, untuk membuat otak pintar maka mulailah mengonsumsi coklat hitam. Sama seperti kopi, coklat hitam ini mengandung kafein yang berfungsi meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Selain itu, coklat hitam juga bisa meransang hormon endorfin yang membantu memperbaiki suasana hati anda.


8. Oatmeal


Oatmeal mengandung vitamin B6 yang mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi otak anda. Makanan ini juga mengandung serat yang bisa membentuk energi supaya stamina tetap terjaga dan melindungi sel - sel tubuh dari serangan radikal bebas.

Kandungan lain dari oatmeal adalah anti depresan yang berfungsi meningkatkan konsentrasi saat belajar.


9. Gandum


Gandum mengandung banyak sekali nutrisi diantaranya kalsium, zat besi, vitamin A, vitamin E, vitamin B6 dan mineral lain terbukti dapat meningkatkan kinerja otak. Selain itu, gandung juga memiliki lemak yang rendah dan serat yang berfungsi untuk mengeluarkan kandungan glukosa pada tubuh.


10. Telur


Anda pasti pernah mengonsumsi telur. Kandungan omega 3 pada telur ternyata bisa meningkatkan kinerja otak termasuk suasana hati, fokus, daya ingat dan konsentrasi.

Kandungan senyawa pada telur mampu menjaga selaput otak agar tetap sehat. Anda bisa mulai mengonsumsi telur secara rutin untuk meningkatkan kemampuan otak anda.


11. Daging


Daging kaya akan protein, zinc dan zat besi yang selalu dibutuhkan dalam perkembangan anak. Kandungan zat besi bermanfaat untuk memberikan energi pada tubuh dan meningkatkan konsentrasi.

Baca juga : Inilah waktu terbaik untuk mengonsumsi susu supaya manfaatnya sangat terasa

Anda tidak boleh sembarangan mengonsumsi daging, hanya daging segar tanpa lemak yang bisa meningkatkan kemampuan otak. Hindari daging olahan karena mengandung nutrisi yang berbeda.


12. Sayuran hijau


Sayuran hijau kaya akan folat dan beta karolin yang bermanfaat untuk perkembangan otak. Makanan ini juga mencegah penyakit pikun dan demensial. Para ahli saraf menyarankan agar seseorang mengonsumsi bayam minimal 3 kali seminggu supaya kemampuan otak tetap tajam.

Selain itu, sayuran hijau bagi ibu hamil dapat meningkatkan kemampuan otak si janin.


13. Buah berry


Buah berry terdiri dari strawberry, blackberry, blueberry dan rapsberry mengandung antioksidan yang tinggi seperti vitamin C. Anda bisa mengonsumsi kelompok buah berry untuk meningkatkan kemampuan otak.

Daging dan biji buah berry sama - sama bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan otak karena banyak mengandung asam lemak omega 3. Selain itu, kandungan buah berry juga bisa mencegah stres dan meningkatkan kekebalan tubuh sehingga penyakit berbahaya akan sulit masuk ke tubuh.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena supaya mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar