7 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah dan Cepat

7 Cara Ampuh Menurunkan Kolesterol Dengan Mudah dan Cepat


Cara menurunkan kolesterol


Kolesterol adalah lemak di dalam darah. Di dalam darah ini terdapat sel - sel darah dan lemak dalam darah yang disebut sebagai kolesterol, keberadaan kolesterol dalam darah bisa mempengaruhi metabolisme tubuh.

Apakah kolesterol berbahaya bagi tubuh ? Jika kolesterol dalam jumlah normal maka tidak akan berbahaya bagi tubuh. Tapi, jika kolesterol dalam tubuh tinggi maka akan muncul plak di pembuluh darah anda, biasanya terdapat pada bagian kepala, otak, jantung dan kaki.

Kolesterol tinggi bisa menyumbat peredaran lemak dalam pembuluh darah yang rusak. Kadar kolesterol total yang normal adalah di bawah 200 dan untuk LDL di bawah 100.

Ada beberapa penyebab kolesterol seseorang menjadi tinggi, diantaranya faktor genetik atau keturunan, gaya hidup tidak sehat, kurang aktifitas fisik seperti kurang olahraga dan jarang gerak sehingga menimbun kolesterol lemak dalam tubuh.

Orang yang terkena kolesterol tinggi tidak melihatkan gejala apapun. Hal yang tidak benar jika anda menganggap sakit kepala, pusing dan pegal - pegal sebagai gejala kolesterol tinggi. Kebanyakan penderita kolesterol tinggi tidak mengalami hal seperti itu.

Kolesterol tinggi bisa menimbulkan berbagai gangguan seperti resiko stroke, nyeri dada, gangguan jantung dan lain - lain. Jangan khawatir, ada beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.


1. Konsumsi makanan yang mengandung serat larut



Makanan yang mempunyai kandungan serat baik memiliki probiotik (bakteri baik) yang berfungsi mengurangi penyerapan kolesterol ke pembuluh darah. Hasilnya, kolesterol jahat akan menurun dan hilang dengan mudah.

Ada beberapa makanan berserat larut yang bisa anda coba, diantaranya brokoli, alpukat, biji - bijian, apel, pir, jeruk dan lain - lain.


2. Konsumsi makanan yang mengandung kolesterol baik



Sama seperti makanan serat larut, makanan yang mengandung kolesterol baik memiliki zat HDL yang berfungsi untuk menghilangkan kolesterol jahat yang sedang aktif dalam pembuluh darah.

Baca juga : inilah 8 cara menghilangkan kantung mata hitam / mata panda dengan mudah

Makanan ber-kolesterol baik juga bisa membantu perkembangan sel - sel tubuh dan bisa menurunkan berat badan. Makanan yang mengandung kolesterol baik adalah alpukat, minyak zaitun, jenis tumbuh - tumbuhan dan lainnya.


3. Hindari makanan cepat saji



Makanan fast food atau makanan instan yang sebelumnya diolah tapi untuk mengonsumsinya harus di masak terlebih dahulu. Menurut penelitian, mengonsumsi makanan cepat saji terlalu sering bisa membahayakan tubuh dalam jangka panjang.

Sebaiknya ganti pola makan anda sehari - hari dengan mengonsumsi buah, sayur, makanan omega 3 dan makanan rendah lemak.


4. Konsumsi buah dan sayur



Anda bisa konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan kolesterol baik sekaligus menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Ada beberapa buah dan sayur yang bisa anda konsumsi secara rutin, diantaranya :


• Jambu merah



Jambu merah mempunyai banyak kandungan seperti antioksidan, vitamin B6, vitamin B3, fitonutrien, vitamin A, kalium dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat dari jambu merah, anda bisa mengonsumsi jus jambu merah secara rutin setiap hari untuk menurunkan kolesterol jahat.


• Pepaya



Pepaya mempunyai kandungan kolesterol baik yang tinggi. Kolesterol akan menempel jika mereka berkumpul dan kemudian menutupi pembuluh darah. Tapi, dengan kandungan vitamin E dan vitamin C dan menyatu dengan enzim akan menghambat terjadinya perkumpulan kolesterol di pembuluh darah.


• Alpukat



Alpukat mempunyai mineral, vitamin dan serat yang berfungsi menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung glutathione dan antioksidan yang tinggi untuk mencegah penyakit jantung dan kanker. Buah alpukat juga bisa membuat anda kenyang lebih lama dan menstabilkan gula darah.


• Apel



Apel mempunyai beberapa kandungan dalam tubuh yang baik untuk kesehatan diantaranya adalah pektin. Pektin dalam apel berperan sebagai lawan dari kolesterol jahat dan membawanya keluar melalui urin.

Buah apel juga bisa membuat anda kenyang lebih lama dan mencegah anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, apel juga mengandung antioksidan dan vitamin yang mampu mengatasi peradangan.


• Buah pir



Buah pir mengandung pektin yang  berfungsi untuk mengikat dan mengeluarkan kolesterol jahat sehingga kolesterol dalam tubuh akan turun sedikit demi sedikit. Dengan mengonsumsi 1 buah pir bisa mencukupi 16% kebutuhan serat harian, anda bisa mengonsumsi buah pir setiap hari untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.


• Berries



Buah beri mempunyai kandungan pektin yang berfungsi untuk mengganti kolesterol jahat menjadi kolesterol baik dengan cepat. Anda bisa mengonsumsi buah beri seperti strawberry, blueberry dan canberry.

Konsumsi buah beri sebanyak 2 kali sehari untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh secara alami. 


5. Hindari konsumsi alkohol dan rokok



Kebiasaan merokok dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh salah satunya penyakit jantung. Dengan mengonsumsi rokok maka sistem imun tubuh akan dirubah fungsinya menjadi penangkal kolesterol.

Baca juga : inilah 7 cara ampuh mengatasi insomnia / sulit tidur 

Selain itu, rokok juga dapat menurunkan kolesterol baik dan membuat kadar kolesterol dalam tubuh tidak seimbang. Imun seorang perokok tidak mampu mengembalikan kolesterol dari pembuluh darah ke hati sehingga terjadi penyumbatan dan resiko penyakit jantung akan meningkat.

Alkohol mengandung zat ethanol yang bisa meurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Tapi, minuman alkohol bisa meningkatkan kesiapan imun tubuh dalam memindahkan kolesterol ke hati. Jangan mengonsumsi alkohol secara berlebihan karena bisa meningkatkan resiko darah tinggi, stroke dan gagal jantung. 


6. Olahraga setiap hari



Anda bisa melakukan olahraga secara rutin selama 12 minggu maka kolesterol jahat akan hilang secara signifikan. Olahraga ringan sampai berat selama 30 menit akan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan mengurangi resiko serangan jantung.

Untuk menurunkan kolesterol secara signifikan, anda harus melakukan olahraga selama 30 menit secara rutin minimal 5 hari per minggu. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh sehingga membuat tubuh menjadi sehat.


7. Konsumsi makanan omega 3



Kandungan minyak omega 3 bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi omega 3 adalah cara alami menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan omega 3 juga bisa menangkal penyakit jantung.

Anda ganti konsumsi daging merah dengan ikan segar yang sehat. Ikan yang mengandung omega 3 adalah salmon, sarden, mackerel, tuna dan lainnya. Disarankan untuk mengonsumsi ikan 2 - 4 kali dalam seminggu.

Ikan mengandung omega 3, lemak baik dan protein yang membantu anda dalam beraktifitas sehari - hari. Dengan mengonsumsi omega 3 pada ikan maka kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat sebanyak 4%.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar