Inilah Cara Mudah Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda

Inilah Cara Mudah Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil Muda


Cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda


Muntah, mual dan pusing merupakan gejala morning sickness yang selalu dirasakan pada tahap awal kehamilan. Gejala tersebut merupakan hal yang tidak berbahaya atau biasa - biasa saja.

Tapi, gejala ini tidak boleh dianggap remeh oleh ibu hamil karena gejala mual, pusing dan muntah bisa mengganggu kenyamanan ibu hamil dan menhambat asupan nutrisi untuk janin.

Sampai kapan ibu hamil akan merasakan mual dan muntah ? Menurut teori sekitar 1 - 3 bulan pertama dan puncaknya pada 8 minggu - 16 minggu pertama. Pada saat menginjak usia kehamilan 4 - 5 bulan, anda tidak akan merasakan gejala tersebut.


Tanda mual dan muntah yang berlebihan



Anda harus tahu, apa saja tanda mual dan muntah yang sudah berlebihan supaya bisa mengetahui apakah anda sudah terkena gejala itu atau belum.


1. Sering mual dan muntah



Tanda - tanda mual dan muntah yang berlebihan adalah anda terlalu sering mengalaminya. Jika anda sering mual dan muntah minimal 5× maka hal itu sudah berlebihan dan bisa membahayakan tubuh.


2. Jantung berdebar dan keringat dingin



Jika jantung sudah berdebar dan terasa keringat dingin maka hal itu terjadi karena dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan karena sering muntah. Untuk mengatasinya silahkan kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.


3. Tidak bisa makan dan minum



Jika ibu hamil sudah susah makan dan minum maka hal itu merupakan tanda mual dan muntah yang berlebihan. Setiap makan langsung keluar, setiap minum cairannya langsung keluar.

Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mudah mengatasi mual dan muntah saat hamil muda.


Cara mengatasi mual dan muntah saat hamil muda



Sekitar lebih dari 50% wanita hamil akan mengalami gejala morning sickness berupa mual dan muntah. Gejala ini biasanya berlangsung dalam waktu lama sehingga menyebabkan selera makan hilang. Penyebabnya adalah perubahan dan peningkatan hormon tubuh. Oke, langsung saja berikut cara mengatasinya.


1. Makan dengan porsi kecil



Cara pertama yang bisa anda coba adalah mencoba menerapkan makan sehari - hari dengan porsi kecil. Dalam sehari, anda bisa makan sekitar 4 - 5 kali sehari dan jangan lupa untuk mengatur jadwal makan setiap hari.

Baca juga : inilah 7 cara ampuh mmengatasi kolesterol dengan mudah dan cepat

Tujuan dari makan dengan porsi kecil adalah memberikan asupan nutrisi untuk perkembangan janin pada tahap awal. Anda juga harus sering minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi karena sering muntah - muntah.


2. Mengonsumsi lemon



Kandungan lemon bisa memberikan efek sejuk pada tubuh sehingga gejala morning sickness bisa diatasi dengan mudah. Anda bisa mengonsumsi perasan lemon yang dicampur air hangat, minum di saat pagi hari.

Lakukan secukupnya saja tidak terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan gejala lebih parah lagi.


3. Hindari makanan pedas



Jika anda suka mengonsumsi makanan pedas maka sebaiknya hindari untuk sementara karena makanan pedas bisa memperparah gejala morning sickness. Kurangi konsumsi makanan pedas sehari - hari dan jangan lupa untuk minum air putih untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.


4. Istirahat yang cukup



Cara yang paling mudah adalah istirahat dengan cukup. Anda hanya berbaring atau duduk tanpa melakukan aktifitas yang menguras tenaga. Tidur menjadi cara yang tepat untuk menjaga tubuh tetap terjaga dan membuat tubuh menjadi segar kembali saat bangun.


5. Jangan langsung bangun saat bangun tidur



Pada saat anda bangun tidur, usahakan jangan bangun terlebih dahulu. Diam di tempat tidur untuk beberapa saat sampai diri anda merasa nyaman. Anda bisa menyediakan makanan kecil seperti crackers untuk di konsumsi saat bangun tidur supaya tidak harus pergi ke dapur. Cara ini ternyata bisa meminimalisir mual dan muntah yang berlebihan.


6. Jangan berbaring sesudah makan



Hindari berbaring di kasur atau sofa sesudah anda makan pagi arau siang. Hal ini bisa menyebabkan sistem pencernaan tidak lancar karena tubuh dalam posisi horizontal sehingga memicu terjadinya mual dan muntah.

Baca juga : inilah 8 cara menghilangkan kantung mata panda / mata panda dengan mudah

Anda bisa menunggu dengan tidur atau aktifitas lain selama 30 menit supaya tubuh bisa mencerna makanan dengan baik. Setelah itu, anda bisa berbaring di tempat tidur.


7. Melakukan Olahraga ringan



Ibu hamil bisa melakukan olahraga ringan untuk mengatasi pusing yang berlebihan. Lakukanlah olahraga berupa peregangan di pagi hari, anda juga bisa melakukan yoga khusus ibu hamil jika diperlukan.


8. Konsumsi permen jahe


Jahe adalah bahan herbal yang bisa mengatasi gejala mual dan muntah. Anda bisa mengonsumsi permen jahe karena bentuknya yang praktis dan mudah di bawa kemana - mana.

Permen jahe menjadi penolong pertama anda saat terjadi mual dan muntah. Kandungan jahe bisa memberikan rasa hangat pada tubuh sehingga tubuh menjadi rileks dan lebih nyaman.


9. Pergi ke ruangan dingin



Cara meminimalisir gejala morning sickness yang berlebihan, anda harus membuat suhu ruangan anda stabil. Usahakan suhu ruangan anda tidak panas karena bisa memicu gejala mual dan muntah.

Suhu ruangan yang dingin membuat anda nyaman dan mencegah gejala morning sickness yang berlebihan.


10. Menghirup udara pagi



Kita semua tahu bahwa udara pagi sangat segar dan membuat tubuh nyaman saat menghirupnya. Udara pagi bisa anda manfaatkan untuk mengatasi mual dan muntah yang berlebihan.

Baca juga : inilah cara ampuh mengatasi insomnia / sulit tidur dengan mudah

Pada saat anda mengirup udara di pagi hari maka tubuh akan nyaman dan rileks, saat rileks otak akan bekerja untuk menghilangkan rasa yang mengganggu termasuk mual dan pusing. 


11. Minum air putih



Pada saat muntah maka tubuh akan kehilangan cairan tubuh dalam jumlah banyak. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi air putih hangat untuk meminimalisir gejala morning sickness dengan mudah dan cepat. Air putih hangat lebih diterima di usus untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh.


12. Mengonsumsi buah



Buah mengandung serat dan vitamin yang banyak manfaatnya untuk dingin. Buah yang dingin bisa mengurangi pengaruh gejala mual daripada buah yang biasa ( tak dingin). Buah dingin bisa memberikan efek sejuk saat mengonsumsinya dan lebih diterima di usus daripadq buah suhu normal.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Terima kasih sudah membaca artikel ini, jangan lupa untuk membaca artikel lainnya untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar