√ Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Nyetrum Dengan Mudah dan Cepat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

23 Jan 2020

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Nyetrum Dengan Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Nyetrum Dengan Mudah dan Cepat



Penyebab mesin cuci nyetrum


Mesin cuci adalah alat yang digunakan untuk mencuci pakaian dengan mudah dan cepat. Alat ini memudahkan kita dalam mencuci baju sehingga kita tidak perlu menguras tenaga untuk mencuci dengan manual. Tapi, tidak selamanya mesin cuci ini bekerja dengan baik. Mesin cuci pasti bisa nyetrum pada bagian tabung, air dan body mesin cuci. 

Anda sebagai pengguna mesin cuci juga harus mengetahui penyebab dari mesin cuci nyetrum ini. Mesin cuci bisa membantu pekerjaan anda dalam membilas, mencuci dan mengeringkan. Dengan mesin cuci, anda hanya perlu mengambil baju untuk dijemur. 

Beberapa jenis mesin cuci bisa mencuci sekaligus mengeringkan baju sehingga anda tidak perlu menjemurnya. Mesin cuci terbagi 2 : mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Masalah mesin cuci nyetrum adalah yang paling banyak dialami pengguna, terutama mesin cuci yang sudah karatan di bagian body dan mesin cuci yang sudah lama.

Penyebab mesin cuci nyetrum


Sebelum maju ke tahap memperbaiki, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu penyebab dari mesin cuci nyetrum tersebut. Penyebab yang pertama adalah mesin cuci sudah berumur atau sudah lama. Mesin cuci yang sudah berumur 2 - 3 tahun pasti komponen pendukung pada mesin cuci sudah tidak bekerja seperti biasanya.

Komponen dalam mesin cuci seperti kabel listrik dan dinamo motor akan mengalami kerusakan. Kerusakan kabel listrik biasanya akan mengalami kebocoran seiring dipakainya mesin cuci. Penyebab bagian body mesin cuci nyetrum adalah terjadinya induksi listrik pada motor dinamo dan lapisan body yang sudah mengelupas.

Seal yang sudah rusak pada mesin cuci akan menyebabkan mesin cuci menjadi nyetrum. Seal adalah komponen pada mesin cuci yang digunakan untuk menahan air dari tabung pengering dan pencuci. Jika seal ini bocor atau rusak maka air akan mengalir ke tabung pengering dan pencuci.Jika air mengalir ke dinamo motor, sambungan kabel atau kapasitor maka bisa menyebabkan mesin cuci nyetrum pada bagian body.

Mesin cuci biasanya ditempatkan di tempat yang lembab yang menyebabkan mesin cuci nyetrum, ditambah dengan tidak dipasangnya grounding pada mesin cuci. Tidak heran kenapa saat memegang body mesin cuci akan terasa sentakan listriknya.

Memasukan logam ke mesin cuci bisa menyebabkan mesin mengeluarkan mesin atau mesin menjadi rusak. Setiap mesin cuci mempunyai filter yang bisa menyaring semua kotoran pada benda yang masuk ke dalamnya.

Setiap orang sering lupa untuk mengambil uang di kantong baju atau celana. Apalagi jika uang koin, jika uang koin masuk ke dalam mesin cuci maka bisa masuk ke mesin atau tersangkut di bagian mesin yang menyebabkan mesin mengeluarkan setrum.

Baca juga : cara mudah mengatasi laptop atau komputer yang lemot dan lamban dengan cepat

Penyebab yang lain adalah kabel pada mesin cuci yang sudah mengelupas atau terbuka yang menyebabkan mesin cuci nyetrum. Jika kabel terbuka dan menyentuh bagian body mesin cuci maka listrik akan mengalir ke bagian body yang akan nyetrum saat dipegang.

Cara memperbaiki mesin cuci nyetrum 


Sekarang kita akan membahas cara memperbaiki mesin cuci nyetrum ini. Cara yang mudah dan cepat adalah dengan memasang grounding pada mesin cuci yang nyetrum. Grounding dibutuhkan setiap peralatan elektronik untuk menangkal masalah yang membahayakan penggunanya.

Fungsi dari grounding ini adalah menetralkan induksi listrik pada setiap perangkat elektronik termasuk mesin cuci. Mesin cuci yang dipasang grounding pasti tidak akan terjadi sentakan listrik pada bagian body, air dan tabung meskipun mengalami induksi listrik. 

Fungsi lain grounding adalah melindungi setiap perangkat elektronik terhindar dari petir saat hujan deras supaya melindungi perangkat dari kerusakan. Pada kali ini, kita coba untuk memasang grounding pada mesin cuci anda yang nyetrum.

Jika anda lihat pada bagian belakang mesin cuci akan terlihat koneksi grounding yang bermasalah. Koneksi grounding berupa lambang grounding dan titik koneksi. Untuk mesin cuci 1 tabung, pencarian koneksi grounding lebih mudah dilakukan tanpa membongkar mesin cuci.

Pada body mesin cuci 2 tabung berbahan non logam sehingga body mesin cuci tidak nyetrum, tapi bisa nyetrum pada bagian airnya. Jika mesin cuci nyetrum pada bagian air, sebaiknya cari penyebab nya terlebih dahulu, jika penyebab nya karena grounding maka anda bisa mmasang grounding pada bagian motor listrik. Kabel grounding berwarna hijau dan kuning harus ditancapkan ke tanah.

Penyebab mesin cuci nyetrum


Jika instalasi listrik tidak memiliki koneksi grounding atau grounding yang sudah buruk, anda bisa menggantinya dengan tembok di sekitar mesin cuci atau paku yang ditancapkan ke tanah.

Cara membuat grounding untuk mesin cuci : siapkan kabel dan besi atau tembaga dengan panjang 50 CM untuk grounding. Kemudian ikat kabel ke besi grounding, bagian ujung kabel bautkan ke body mesin cuci, pasang di body yang terbuat dari besi. Kemudian tanamkan besi grounding di tanah, semakin dalam menanam besi maka semakin bagus untuk grounding.

Periksa kembali apakah pemasangan sudah benar, jika sudah benar maka mesin cuci sudah teratasi dan tidak nyetrum lagi. Jika anda menepatkan mesin cuci di tempat yang lembab atau basah maka harus menggunakan sendal atau alas lain supaya bisa menghindari sengatan listrik dari mesin cuci.

Baca juga : 3 cara mudah mengatasi hardisk bad sector dengan cepat

Sebenarnya, tidak semua alat elektronik dipasang grounding dengan benar, alat elektronik hanya dipasang fasa dan netral tanpa grounding. Penyebab nya adalah rumah yang tidak ada koneksi grounding ke tanah. Tanah ini berfungsi  membuang listrik dari petir yang menyengat alat elektronik. Anda cek pada bagian seal mesin cuci, jika rusak atau bocor maka anda harus memperbaikinya.

Anda bisa mengganti seal yang rusak dengan seal yang baru, jika bagian gearbox (bagian seal lain) juga rusak maka ganti dengan gearbox yang baru. Untuk masalah kabel yang mengelupas, anda bisa memotongnya kemudian menyambungkannya kembali. Anda bisa menggunakan isolasi listrik untuk menutup sambungannya, anda harus membuka penutup mesin cuci belakang dan atas yaitu di tempat mainboard dan timer (mesin cuci 1 tabung).  

Get notifications from this blog