√ Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Lemot dan Lamban Dengan Cepat ! - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

21 Jan 2020

Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Lemot dan Lamban Dengan Cepat !

Cara Mudah Mengatasi Laptop yang Lemot dan Lamban Dengan Cepat !


Penyebab laptop atau komputer lemot


Laptop atau komputer adalah sebuah alat yang kita perlukan setiap hari. Alat ini dibutuhkan untuk menjalani pekerjaan, bisnis, belajar dan lain - lain. Tapi, terkadang laptop atau komputer tidak selamanya lancar saat digunakan.

Ada masanya ia mengalami macet, blank, error dan lemot. Hal ini tentu menganggu kita saat sedang melakukan aktivitas dengan laptop atau komputer. Tenang saja, disini saya akan membagikan cara mengatasi laptop atau komputer lemot dan lamban dengan mudah dan cepat.

Sebelum itu, sebaiknya anda kenali terlebih dahulu apa yang menyebabkan laptop atau komputer anda menjadi lemot dan lamban. Alat ini bisa mengalami penurunan performa kinerja walaupun spesifikasinya sangat bagus.

Penyebab laptop atau komputer menjadi lemot biasanya disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang (background) yang menyebabkan kinerja laptop menjadi lamban dan lemot. 

Umur hardisk yang lama juga menyebabkan proses membaca (read) dan menulis (write) menjadi lama atau lemot. Akibatnya performance laptop menjadi buruk. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menjalani perbaikan laptop lemot ini dengan mudah dan cepat.


Cara mengatasi laptop atau komputer windows 7 yang lemot



Caranya : silahkan fokus pada keyboard anda, tekan tombol windows kemudian tombol huruf "R" untuk menjalankan program run. Muncul di layar jendela run, lalu anda ketik tanpa tanda kutip "%temp%" dan tekan tombol enter.

Baca juga : 3 cara mudah mengatasi hardisk bad sector dengan cepat

Maka akan muncul jendela folder yang menampilkan sampah - sampah penyimpanan laptop atau komputer. Di folder tersebut terlihat banyak file yang memenuhi memori anda kira - kira sampai 100 MB. Silahkan anda hapus semua file tersebut untuk mengosongkan sedikit memori anda dan membuat laptop lebih cepat.

Cara kedua : silahkan masuk ke jendela run lagi, lalu ketik tanpa tanda kutip "prefetch" dan tekan tombol enter. Maka akan muncul jendela folder yang berisi file yang tidak diperlukan oleh komputer atau laptop, tapi malah memenuhi memori sehingga membuat laptop atau komputer menjadi lemot.


Penyebab laptop atau komputer lemot


Cara ketiga : silahkan anda masuk ke jendela run lagi, lalu ketik tanpa tanda kutip "temp", sekilas sama seperti cara pertama cuma tidak pakai persen. Setelah itu, tekan tombol enter atau pilih OK. Maka akan muncul banyak file sampah (bagi laptop atau komputer yang sudah lama tidak di cek) yang menganggu kinerja komputer atau laptop sehingga membuatnya menjadi lamban.


Penyebab laptop atau komputer lemot


Cara keempat : silahkan anda masuk ke windows explorer dan tempatkan kursor di partisi system >klik kanan > pilih properties. Maka akan muncul jendela baru, langsung pilih clean up. 

Komputer atau laptop akan melakukan kalkulasi untuk mendeteksi system error, dump file, template yang tidak digunakan dan recycle bin. Proses ini membutuhkan waktu sekitar beberapa menit.

Setelah proses selesai maka akan muncul jendela baru yang menunjukkan file - file sampah yang berada pada penyimpanan laptop atau komputer anda. Silahkan anda ceklis semua filenya dan pilih OK > delete files. Tunggu sampai proses pembersihan selesai.

Cara kelima : silahkan buka lagi jendela run dan ketik tanpa tanda kutip "regedit" dan pilih OK atau tekan tombol enter. Maka akan muncul jendela yang menampilkan sejumlah folder, silahkan pilih folder kedua yang bernama "HIKEY_CURRENT_USER" lalu pilih "Control Panel" dan pilih "Dekstop".

Setelah itu, anda cari " MenuShowDelay" lalu klik enter, maka akan muncul jendela baru. Bagi laptop atau komputer yang belum pernah berkunjung ke menu ini, tulisan di value data berisi 400. Kemudian tahan enter selama beberapa detik, sampai jendela berkedip - kedip lalu pilih OK.

Cara ini bermanfaat untuk mempercepat pembukaan aplikasi di laptop atau komputer sehingga kinerjanya menjadi lebih efisien.


Cara mengatasi laptop atau komputer windows 10 yang lemot



Sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot pada windows 10. Caranya sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Caranya : silahkan masuk ke menu explorer > tempatkan kursor di "this PC" kemudian klik kanan dan pilih properties. Maka akan muncul sebuah jendela baru, lalu anda pilih "advanced system setting" dan muncul jendela baru lagi yaitu system properties.



Penyebab laptop atau komputer lemot


Langkah selanjutnya, silahkan pilih menu advanced yang berada di bagian atas. Kemudian anda pilih setting dan muncul jendela baru yaitu performance options. Lalu pilih menu visual effect di bagian atas > untuk mengatasi laptop lemot, anda harus pilih "adjust for best performance" > pilih apply > dan pilih OK.

Setelah anda menerapkan pengaturan seperti ini. Laptop atau komputer anda akan berubah penampilannya menjadi kurang menarik, tapi performance nya menjadi lebih cepat dari biasanya. 

Tahap selanjutnya adalah bagaimana cara membuat performance laptop atau komputer menjadi cepat tapi penampilannya juga menarik. Berikut caranya.

Pada tampilan utama windows, kalian pilih "search" yang biasanya ditempatkan di pojok kiri bawah. Lalu ketik "clear" tanpa tanda kutip > pilih adjust clear type text. Maka akan muncul jendela baru yaitu clear type text tuner.

Setelah itu, anda centang pada kolom "turn on clear type" dan pilih next untuk melanjutkan. Anda terus pilih next sampai selesai. Maka tampilan laptop atau komputer menjadi lebih menarik dan performance nya juga lebih cepat dari pertama kali install.

Pada saat menerapkan cara ini, sepertinya ada beberapa pengaturan yang dirubah. Misalnya saat anda melihat tampilan foto yang baru di download pada folder download maka terlihat logo gambar saja yang biasanya menunjukkan pratinjau dari gambar tersebut.

Baca juga : cara mengatasi file microsoft word yang corrupt dan error dengan mudah dan cepat

Nah, bagaimana cara mengatasi masalah ini. Caranya : anda pilih view yang terletak di bagian kiri atas > pilih menu options. Maka akan muncul jendela baru yaitu folder options. Kemudian anda pilih restore default > pilih apply dan terakhir pilih OK. Maka pratinjau dari gambar di folder akan terlihat.


Cara lainnya



Selain cara di atas, terdapat cara mengatasi laptop lemot yang lain dan harus anda coba untuk meningkatkan performa laptop atau komputer anda. Apa saja caranya.


Install aplikasi cleaner



Anda harus menginstall aplikasi cleaner untuk menghapus semua sampah pada laptop atau komputer anda seperti bekas sampah internetan. Hal ini bermanfaat untuk mempercepat performance dan menambah ruang pada PC anda.


Matikan pesan peringatan windows



Caranya kalian pilih start yang berada di pojok kiri bawah > pilih control panel > pilih system and security > pilih action center > pilih change action center setting, di menu ini silahkan hilangkan semua ceklis yang ada untuk mempercepat performance PC > pilih OK. Kenapa harus dihilangkan ceklisnya, karena ia akan berjalan di background dam menguras resource PC anda.


Matikan control setting akun



Caranya kalian pilih start > pilih control panel > pilih system and security > pilih action center > pilih change user account settings. Maka akan muncul tampilan baru, anda turunkan dari always notify ke never notify dan terakhir pilih OK.


Matikan firewall bawaan windows



Caranya masuk ke menu start > pilih control panel > pilih system and security > pilih windows firewall > pilih change notification setting yang berada di bagian kanan. Maka akan muncul jendela customize setting, silahkan anda pilih turn off windows firewall pada kedua menu yang ada dan pilih OK.

Baca juga : gampang banget ! Cara merubah tampilan dekstop windows 7 menjadi keren dan HD

Get notifications from this blog