√ Hanya 5 Menit ! Inilah Cara Mudah Membuat Anda Cepat Mengantuk di Malam Hari - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

18 Jan 2020

Hanya 5 Menit ! Inilah Cara Mudah Membuat Anda Cepat Mengantuk di Malam Hari

Hanya 5 Menit ! Inilah Cara Mudah Membuat Anda Cepat Mengantuk di Malam Hari


Makanan yang membuat anda mengantuk


Susah tidur di malam hari membuat anda tidak tenang dan nyaman. Soalnya, keesokan harinya banyak aktivitas yang harus dikerjakan sehingga anda harus tidur supaya tidak kelelahan di keesokan harinya.

Banyak orang yang beranggapan bahwa tidur adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Tinggal berbaring di tempat tidur, pejamkan mata lalu tunggu beberapa menit dan akhirnya tertidur. Tapi tidak semua orang seperti itu, tidak sedikit orang yang sudah memejamkan matanya berjam - jam tapi tidak tidur juga.

Penyebab dari susah tidur ini beragam mulai dari aktivitas sehari - hari, makanan yang dikonsumsi dan pengaruh dari pikiran. Orang yang memiliki sindrom insomnia memang sulit untuk berusaha tidur, mereka sedang berusaha tidur di tengah malam saat orang lain sudah berlayar di pulau kapuk.


Cara membuat anda cepat mengantuk di malam hari



Ada beberapa cara atau tips yang bisa anda lakukan untuk membuat tubuh cepat mengantuk dan masalah susah tidur ini akan cepat teratasi. Apa saja caranya, simak di bawah ini.


1. Banyak beraktivitas



Untuk cepat mendapatangkan ngantuk pada malam hari, anda harus melakukan banyak aktivitas di siang hari seperti bekerja, belajar, bermain, berolahraga dan lainnya. Dengan hal itu pada saat malam hari, tubuh anda akan merasa mengantuk dengan sendirinya karena tubuh anda yang lelah dan butuh istirahat.


2. Tidur di kamar yang gelap



Jangan lupa untuk mematikan lampu 1 jam sebelum tidur seperti lampu di kepala ranjang, lampu kamar, lampu kecil atau lampu lainnya. Cahaya sekecil apapun akan menstimulasi otak dan mengatakan bahwa saat itu bukan waktunya untuk tidur, hal itulah yang membuat anda sulit tidur.

Jika ada sesuatu dengan layar yang bercahaya, maka jauhkanlah dari tempat tidur atau redupkan cahayanya supaya tidak bolak - balik melihat hal yang sama sehingga membuat anda sulit tidur.


3. Hindari merokok dan minuman keras



Zat nikotin yang anda hirup melalui rokok akan menganggu rasa kantuk di malam hari yang biasanya dikirim ke otak. Hal ini bisa menyebabkan rasa kantuk yang kurang kuat sehingga anda akan sulit mengantuk.

Jika anda seorang perokok, maka berhentilah merokok minimal beberapa jam sebelum anda tidur, supaya bisa melancarkan rasa kantuk yang dikirimkan ke otak supaya anda bisa tidur dengan nyenyak.


4. Meminimalisir suara yang mengganggu



Cobalah untuk meminimalkan suara di dalam kamar atau di sekitar ruangan tidur anda supaya tidak mengganggu anda untuk berusaha tidur. Misalnya jika anda mempunyai jam dinding yang berdetak keras maka gantilah dengan jam dinding yang detaknya lebih senyap.

Baca juga : cara mudah mengatasi mata belekan dengan obat dan bahan alami

Jika kalian tidur di rumah teman atau saudara, mintalah untuk mengurangi volume suara yang mengganggu seperti menyalakan TV, berbicara, mendengarkan musik dan lain - lain.


5. Mandi menggunakan air hangat



Mandi menggunakan air hangat bermanfaat untuk mengendorkan urat anda yang tegang. Dengan melakukan itu, anda lebih merasa nyaman dan membantu mempercepat rasa ngantuk anda datang dengan cepat dan mudah untuk tidur nyenyak.


6. Mengatur suhu ruangan agar tetap sejuk



Kalian akan cepat tidur jika suhu tubuh lebih rendah dari suhu tubuh normal. Oleh karena itu, anda harus menurunkan suhu ruangan di kamar menjadi 15 - 20°C supaya anda bisa tidur dengan nyaman, tapi jangan turunkan suhu ruangan terlalu bawah sampai membuat anda kedinginan dan sakit.


7. Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur



Usus dalam perut akan terus bekerja walau saat anda tidur sekalipun. Mengonsumsi makanan seperti nasi dan karbohidrat lain 2 jam sebelum tidur akan membuat usus bekerja lebih keras sehingga membuat anda susah tidur.

Dengan mengindari makanan berat 2 jam sebelum tidur, anda bisa tidur dengan nyenyak dan pastinya membuat anda cepat ngantuk di malam hari.


8. Peletakan bantal



Posisi tidur yang benar adalah ketika pinggul dan leher membentuk garis lurus, letakkan posisi bantal diantara kedua lutut supaya pinggul dalam posisi yang nyaman. Jika anda kurang nyaman menggunakan bantal, sarung bantal atau bantal yang berada di lutut maka anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Biasakan tidur dengan miring atau telentang karena kedua posisi ini baik untuk kesehatan tulang punggung dan membuat tidur anda lebih nyaman dan nyenyak.


9. Jangan berolahraga di malam hari



Jika anda berolahraga sebelum tidur, maka anda akan susah tidur dan terasa tidak enak. Jadi, anda harus mengalihkan waktu berolahraga ke siang hari atau pagi hari supaya bisa membentuk pola tidur yang teratur.

Selain itu, berolahraga di malam hari akan meningkatkan suhu tubuh, mempercepat irama detak jantung dan menstimulasi otak yang membuat anda tetap terjaga dan sulit untuk tidur nyenyak.


10. Mesin derau putih



Anda akan sulit tertidur jika kamar tidur anda berada di sisi jalan dan masih terdengar suara bising yang menganggu anda untuk tidur. Untuk mengatasi hal ini, putarlah mesin derau putih untuk mendengarkan suara alam seperti debu dan ombak, suara rintikan hujan atau lagu klasik yang menenangkan saat mendengarnya.


11. Jangan mengonsumsi kafein di malam hari



Untuk menghindari susah tidur, anda harus hindari mengonsumsi kafein atau stimulan lainnya dalam 6 jam sebelum tidur. Jika anda sudah mengurangi pengonsumsian kafein tapi masih susah tidur maka jangan konsumsi sama sekali.

Proses metabolisme kafein ini membutuhkan waktu, akibat dari ini sistem pencernaan masih memproses kafein yang masuk dalam 6 jam sebelum tidur dan membuat tubuh susah tidur.


12. Membaca



Berbaring di tempat tidur dan tidak melakukan apa - apa akan membuat anda semakin sulit tidur dan stres. Jika anda sudah mencoba tidur selama 30 menit tapi masih belum tertidur juga, anda bisa mencoba membaca buku selama 15 menit untuk mengalihkan pikiran dan memicu ngantuk pada diri anda.

Baca buku yang bersifat cetak, jangan baca buku elektronik yang terdapat pada smartphone atau laptop karena cahaya dari kedua alat tersebut akan membuat anda tetap sulit tidur.


13. Jangan tidur siang



Kegiatan di siang hari melelahkan membuat anda ingin tidur untuk berisitirahat sebentar.  Hal ini akan mengganggu siklus tidur dan membuat anda sulit tidur di malam hari, untuk mengatasinya anda bisa tidur sebelum siang hari dan batasi sampai 20 menit.


14. Rileksasi



Anda bisa melakukan rileksasi dengan cara menghitung sambil bernafas dalam - dalam dengan tenang. Menghitung adalah cara cepat yang bisa anda gunakan untuk cepat tidur, anda bisa mengembangkan cara ini dengan mengambil nafas dalam - dalam sambil berhitung dengan tenang dan teratur.

Baca juga : inilah cara mengatasi gondongan dengan bahan alami yang ampuh

Untuk cepat tidur dengan cara ini, anda harus fokus pada hitungan supaya bisa menenangkan diri dan mengontrol detak jantung.


Makanan yang membuat anda cepat mengantuk



Selain cara di atas untuk membuat anda cepat mengantuk juga bisa melalui makanan yang anda konsumsi. Anda bisa mengonsumsi makanan di bawah ini untuk mengundang rasa kantuk di malam hari dan membuat anda tidur dengan nyenyak.


1. Susu



Sama halnya dengan roti, susu ini selalu dikonsumsi banyak orang pada jam sarapan. Susu memiliki tekstur yang lembut dan manis di mulut, disarankan untuk mengonsumsi susu sebelum tidur supaya memberikan efek relaksasi sehingga membuat anda cepat tidur di malam hari.


2. Ubi



Ubi mengandung potasium, kalium, magnesium dan kalium yang mampu membuat tubuh rileks. Cara mengonsumsinya cukup direbus dan dikukus lalu konsumsi.


3. Roti



Roti yang terbuat dari tepung terigu ini biasanya dimakan saat jam sarapan. Roti mengandung banyak karbohidrat yang mengundang rasa kantuk anda datang. Anda harus mengonsumsi roti sampai terasa kenyang supaya cepat mengundang kantuk anda datang.


4. Melon



Buah manis dan segar ini tidak hanya enak dimakan saat haus. Tapi, buah melon mengandung banyak air yang bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah sehingga tubuh terasa rileks.


5. Pisang



Pisang adalah buah yang kaya akan sumber magnesium dan kalium yang mampu membuat otot dan saraf tubuh menjadi rileks. Buah pisang juga membuatmu kenyang lebih lama sehingga anda tidak akan terbangun di malam hari karena perut yang lapar.


6. Teh herbal



Minum teh herbal seperti teh lavender dan teh melati bisa memberikan efek relaksasi karena rasanya yang nikmat dan aromanya yang membuat tubuh lebih tenang.


7. Kacang almond



Kacang almond mengandung magnesium sama seperti ubi yang bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh. Selain itu, kacang almond juga bisa memberikan rileksasi pada sistem saraf dan menstabilkan ritme detak jantung.

Get notifications from this blog