√ Cara Mudah Memperkecil Ukuran Foto di Android dan PC Dengan Cepat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

24 Jan 2020

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Foto di Android dan PC Dengan Cepat

Cara Mudah Memperkecil Ukuran Foto di Android dan PC Dengan Cepat


Cara memperkecil ukuran foto di PC


Foto selalu tersedia di perangkat mobile ataupun PC. Foto dibutuhkan untuk keperluan sehari - hari seperti untuk wallpaper smartphone atau PC, keperluan tugas kuliah atau sekolah, melamar kerja dan lain - lain.

Tapi, untuk anda yang ingin mendaftar kerja, sekolah atau kuliah secara online pasti akan memerlukan foto yang berukuran kecil untuk diupload ke situs web sebagai persyaratannya. Terkadang beberapa orang bingung, foto yang mereka miliki berukuran besar dan tidak bisa diupload karena tidak memenuhi persyaratan.

Tenang saja, kali ini saya akan membagikan cara mudah memperkecil foto di android dan PC. Caranya pun sangat mudah, anda hanya download aplikasi untuk memperkecil ukuran foto yang tersedia di playstore. Untuk pengguna PC, anda hanya memakai Paint dan Microsoft Office Picture Manager.

Saya akan membahas 2 cara untuk memperkecil ukuran foto yaitu dengan android atau smartphone dan dengan PC. Anda juga bisa memakai situs web agar lebih mudah dan simple.


Cara memperkecil ukuran foto di android



Untuk memperkecil foto, anda harus menggunakan aplikasi yang bernama Qreduce Lite yang bisa anda download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

Caranya : anda download aplikasi Qreduce Lite terlebih dahulu di playstore, lalu buka aplikasinya dan pilih foto atau gambar yang ingin diperkecil. Selanjutnya, anda tinggal mengisi berapa ukuran foto yang anda inginkan > lalu pilih mulai untuk memperkecil foto.


Cara memperkecil ukuran foto di PC


Jika sudah selesai, foto yang tadi diperkecil akan tersimpan secara otomatis di folder Qreduce Lite. Tenang saja, untuk hasil foto setelah diperkecil masih terlihat HD dan tidak akan merubah kualitas fotonya.

Baca juga : cara mudah mengatasi laptop atau komputer yang lemot dan lamban dengan cepat

Aplikasi untuk memperkecil ukuran foto di android yang kedua adalah Photo Compress 2.0 yang bisa anda download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD

Bagaimana cara menggunakan aplikasinya ? Berikut caranya : anda download aplikasi Photo Compress 2.0 > buka aplikasinya > buka foto yang ingin anda perkecil ukurannya > pada bagian compress image, anda pilih compress > pada bagian quality pilih medium file untuk menjaga kualitas foto saat diperkecil > pilih compress untuk memulai proses, setelah selesai foto akan tersimpan secara otomatis di galeri.


Cara memperkecil ukuran foto di PC



Untuk memperkecil foto, anda hanya menggunakan software bawaan PC yaitu Paint. Paint ini sudah tersedia secara gratis di setiap PC.

Caranya : silahkan anda buka software paintnya > buka foto yang ingin anda ubah ukurannya > lalu pilih resize yang berada di kiri atas menu > di dalam menu, anda pilih percentage, ubah bagian horizontal dan vertikal menjadi 30 kemudian pilih OK.

Setelah itu, anda langsung saja save fotonya dan anda bisa melihat ukuran fotonya dengan klik kanan pada foto > pilih properties, maka ukuran foto akan berubah menjadi kurang dari 100 KB.

Selain menggunakan paint, ada cara lain untuk memperkecil foto di PC yaitu menggunakan Microsoft Office Picture Manager.

Caranya : silahkan cari foto yang ingin anda perkecil ukurannya > klik kanan pada foto, pilih "open with lalu pilih "Microsoft Office Picture Manager" > pilih menu pictures yang berada di pojok kiri atas > pilih compress pictures.


Cara memperkecil ukuran foto di PC


Maka akan muncul menu di bagian kanan, pada bagian compres for anda pilih document > lalu pilih OK. Selesai, anda tinggal save as untuk menyimpan foto yang tadi sudah diperkecil.


Cara memperkecil ukuran foto secara online



Jika anda tidak mau ribet dalam masalah memperkecil foto ini, anda bisa memakai situs web yang bisa memperkecil foto yang berserakan di google dan cara menggunakannya pun praktis dan tanpa ribet.

Anda hanya perlu mengupload foto yang ingin diperkecil, lalu tunggu sampai proses selesai dan download foto yang tadi diperkecil. Saya akan merekomendasikan beberapa situs web untuk memperkecil foto yang bisa anda gunakan.


1. Tiny PNG



Saya sering memakai Tiny PNG di tinypng.com untuk memperkecil ukuran foto. Tiny PNG bisa memperkecil foto hanya dengan mengupload foto yang diinginkan dan tunggu sampai prosesnya selesai, tinggal download teh foto yang sudah diperkecil.

Saya sendiri sering memakai Tiny PNG untuk memperkecil ukuran foto yang ingin saya upload untuk artikel di blog saya. Untuk hasil fotonya, masih terlihat HD dan tidak mengurangi kualitas foto.


2. I Love IMG



Situs ini tidak berbeda dengan tiny PNG yaitu cukup mengupload foto yang ingin anda ubah ukurannya. cara kerjanya cepat dan tidak butuh waktu  lama dalam memperkecil ukuran foto. Dengan tampilan yang dinamis membuat anda tidak bosan untuk mengunjungi situs ini lagi.

Silahkan klik link disini untuk menuju situs I Love IMG.


3. Compress Image Tool



Pada situs ini, berbeda dengan 2 situs di atas. Compress image bisa memperkecil ukuran foto dengan memilih ukuran yang anda inginkan untuk foto, memilih kualitas untuk foto, tipe compress dan lainnya.

Anda bisa mengatur pengecilan foto tanpa kehilangan kualitas atau resolusi foto yang ada. Dengan tampilan yang sederhana, situs ini memiliki banyak tool yang bisa anda gunakan dalam proses pengecilan ukuran foto.

Silahkan klik link disini untuk menuju ke situs Compress image tool.


4. Compress JPEG



Situs ini memiliki tampilan yang menarik dalam memperkecil ukuran foto. Situs ini banyak disarankan para pengguna karena penggunaannya yang sangat mudah dan memuaskan. Pengompresan foto si situs ini bisa mencapai 60 - 70 % setiap foto.

Baca juga : cara mudah memperbaiki touchscreen / LCD smartphone yang bergerak sendiri

Jika anda mengompres foto berukuran 1 MB maka ukurannya bisa diubah menjadi 200 KB atau lebih keci lagi. Berbeda dengan Tiny PNG yang hanya bisa mencapai 60 % hasil pengompresan.

Silahkan klik link disini untuk menuju ke situs Compress JPEG.


5. IMG Online



Situs ini tidak jauh berbeda dengan compress Image Tool yaitu bisa memperkecil ukuran foto dengan ukuran yang bisa dipilih sendiri oleh anda, mengatur kualitas foto, mengatur ukuran foto (horizontal dan vertikal) dan lainnya. Selain memperkecil ukuran foto, situs ini juga bisa mengubah file dari PDF ke JPEG dengan mudah dan cepat. 

Silahkan klik link disini untuk menuju ke situs IMG Online.

Get notifications from this blog