√ Cara Mudah Membuat Android Support Otg Dengan Root dan Tanpa Root, Terbukti Berhasil !!! - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

10 Des 2019

Cara Mudah Membuat Android Support Otg Dengan Root dan Tanpa Root, Terbukti Berhasil !!!

Cara Mudah Membuat Android Support Otg Dengan Root dan Tanpa Root, Terbukti Berhasil !!!


Cara membuat android support otg tanpa root


Usb Otg adalah fitur yang disediakan oleh android dengan khusus pada setiap smartphone yang ada baik itu yang software ataupun hardware. Dengan fitur usb otg smartphone anda bisa terhubung dengan smartphone lain dan bisa mengakses satu sama lain.

Perangkat yang dapat terhubung ke smartphone pada umumnya adalah harddisk eksternal dan flashdisk. Lalu bagaimana cara mengetahui android support otg root dan tanpa root. Simak artikelnya.

Sebenarnya tidak semua smartphone itu support otg karena kekurangan pada spesifikasi android yang tidak memadai untuk memiliki fitur ini. Hal - hal unik yang bisa anda coba dari fitur otg ini adalah :

1. Anda bisa menghubungkan android dengan keyboard eksternal untuk mode pengetikan yang lebih cepat.

2. Touchscreen android anda bisa digantikan dengan mouse PC.

3. Anda bisa mengedit data di harddisk eksternal dan flashdisk tanpa bantuan laptop / PC sama sekali. Uniknya anda bisa melakukan print dokumen secara langsung dari android.

4. Menghubungan smartphone dengan joystick untuk main game dan membuat pengalaman bermain lebih bagus.

5. Fitur ini bisa digunakan untuk media mengontrol kamera seperti DSLR.

Bagaimana tertarik dengan fitur otg ini. Nah, syarat untuk  menggunakan fitur usb otg adalah :

1. Smartphone harus support otg

2.  Anda harus punya kabel usb otg.

3. Aplikasi file manager yang siap instal

Bagaimana cara mengecek apakah smartphone kita support otg atau tidak ? Cara yang paling mudah yaitu menggunakan aplikasi USB OTG Checker.

Download terlebih dahulu aplikasi USB OTG Checker di playstore. Setelah selesai download buka aplikasinya maka akan muncul opsi "Check Device OS on USB OTG" langsung pilih check. Tunggu sampai proses pengecekan selesai. Setelah itu anda akan melihat apakah smartphone anda support otg atau tidak.


Cara membuat android support otg (root)


Pada saat proses pengecekan selesai. Ternyata smartphone anda tidak support, bagaimana cara android support otg dengan smartphone root. Simak caranya.

Baca juga : 5 aplikasi terbaik pengubah suara untuk live streaming

Silahkan anda install aplikasi "Usb Host Checker" di playstore dan buka aplikasinya. Pada saat membuka aplikasi maka akan muncul pemberitahuan "It Appears that USB Host support is not enabled on this device. A fix attempt can be performed".

Hal itu berarti smartphone anda tidak support otg karena tidak tersedia file yang bernama "android.hardware.usb.host.xml". Untuk filenya anda bisa download DISINI.

Setelah di download letakkan file pada Folder etc/permission. Untuk menyimpan file di folder ini smartphone anda harus root terlebih dahulu. Kemudian buka aplikasi Usb Host Checker dan check lagi seperti tadi. Jika semuanya sudah dianalisis maka akan terlihat ceklis hijau.

Sekarang smartphone anda sudah support otg. Terus bagaimana cara menggunakan fitur dari usb otg ini. Berikut caranya.

Sediakan kabel USB OTG > sambungkan smartphone anda dengan harddisk eksternal atau flashdisk menggunakan kabel USB OTG > setelah itu akan muncul notifikasi bahwa perangkat anda telah terdeteksi oleh OTG. Kemudian edit file pada aplikasi file manager yang anda install tadi.

Jika notifikasi tidak muncul anda harus menginstall aplikasi " StickMount" untuk membuat notifikasi penyelesaian. Buka aplikasinya lalu pilih mount dan selesai.


cara membuat android support otg (tanpa root)


Pertama - tama install terlebih dahulu aplikasi "USB Helper" di playstore. Setelah selesai di install lalu buka aplikasi nya. Anda harus memenuhi syarat untuk memiliki fitur usb otg ini dengan medownload aplikasi manager di playstore contohnya es file eksplorer.

Baca juga : 8 aplikasi penghemat baterai terbaik untuk android root

Setelah kedua aplikasi tersebut sudah di install di smartphone anda. Anda harus menghubungkan smartphone anda dengan kabel USB OTG dan perangkat lain yang ingin anda hubungkan juga. Saat dihubungkan smartphone akan mendapatkan notifikasi bahwa usb sudah terhubung dengan smartphone anda.

Jika perangkat yang anda hubungkan adalah media penyimpanan maka anda bisa membuka aplikasi manager yang anda install sebelumnya. Masuk ke file lokal > drive. Jika perangkat yang anda hubungkan berupa joystick atau mouse biasanya akan langsung terputus.

Anda harus menginstall aplikasi "StickMount" untuk mengatasinya. Buka aplikasi StickMount dan pilih mount. Kemudian hubungkan smartphone dengan kabel USB OTG dan akan muncul notifikasi perangkat sudah terhubung.

Jika cara pertama di atas belum berhasil sepenuhnya dan terdapat beberapa error. Anda bisa mencoba cara kedua di bawah ini.

Install aplikasi "USB OTG Helper" di playstore dan buka aplikasinya. Hubungkan smartphone anda dengan kabel USB OTG (pastikan smartphone sudah menginstall kedua aplikasi yang disebutkan di atas). Kemudian sambungak dengan perangkat lain contohnya harddisk, joystick atau flashdisk.

Buka aplikasi root explorer dan cari file "usbid_init.sh" yang bisa anda temukan di folder yang sudah disediakan.  Pilih file dan execute untuk mengaktifkan OTG pada aplikasi USB OTG Helper.

Anda harus memilih mount supaya perangkat tetap terhubung dengan smartphone anda. Jika icon aplikasi sudah muncul maka smartphone sudah benar - benar terhubung. Bagaimana jika perangkat yang dihubungkan adalah media penyimpanan ? Masuk ke file manager yang anda install dan pilih UsbOtgDrives.

Jika perangkat yang anda hubungkan bukan media penyimpanan maka anda masuk ke file manager jika sudah terhubung ke USB OTG jangan langsung dicabut. Anda harus "unmount" terlebih dahulu.


Get notifications from this blog