√ Bingung Untuk Memulai Bisnis, Inilah 10 Tips yang Harus Dijalani Dalam Memulai Bisnis - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

12 Des 2019

Bingung Untuk Memulai Bisnis, Inilah 10 Tips yang Harus Dijalani Dalam Memulai Bisnis

Bingung Untuk Memulai Bisnis, Inilah 10 Tips yang Harus Dijalani Dalam Memulai Bisnis


10 tips untuk memulai bisnis pertama kali




  • Bisnis sudah menjadi media penghasil uang yang efektif apalagi di zaman milenial ini. Begitu membludaknya bisnis - bisnis besar maupun kecil. Inilah saat yang tepat untuk mengembangkan pemikiran dan ide hebat anda dalam berbisnis.


Anda sudah punya pemikiran dan ide bisnis tinggal anda memulainya untuk pertama kali. Jika anda bingung bagaimana cara memulai bisnis untuk pertama kali. Disini saya membagikan 10 tips yang harus dijalani dalam memulai bisnis pertama kali.


1. Fokus pada satu peluang bisnis


Perkembangan dunia internet yang merajalela menjadi banyak perbincangan publik. Khususnya tentang peluang bisnis di internet. Dengan begitu banyaknya peluang yang dapat diambil, mungkin kamu akan bingung dalam memilih satu peluang yang akan dikembangkan.

Pada akhirnya malah banyak orang yang mencoba untuk mengembangkan banyak peluang dalam waktu yang bersamaan. Namun apa itu benar? Tidak ada yang benar atau salah, karena semua itu tergantung pada kemampuan setiap orang, namun akan lebih baik jika kamu fokus pada satu peluang saja.

Jika anda fokus pada sebuah peluang bisnis maka ide - ide hebat anda akan membantu dalam perencanaan bisnis yang kompeten. Hal ini untuk menunjang kesuksesan anda dalam berbisnis suatu hari nanti. Mengurus satu bisnis saja sudah sulit, apalagi kalau banyak, ya nggak?

Baca juga : 7 proses dimulainya bisnis besar


2. Lakukan hal yang kamu sukai


Dalam melakukan apapun juga, jika kita menyukai apa yang kita lakukan, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati. Bukan karena paksaan sehingga bisa lebih maksimal. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal, karena itulah banyak pekerjaan-pekerjaan yang tidak umum pada saat ini.

Jika kamu yang bercita-cita menjadi pengusaha, jangan memulai bisnis hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh. Biasanya, hal yang baik untuk dilakukan ketika memulai bisnis adalah, berdasarkan hobi.

Anda suka fotografi maka anda bisa menjual perlengkapan - perlengkapan kamera. Dengan kesenangan hati dan berbisnis maka usaha anda akan dibayar dengan impian yang anda rencanakan.


3. Kuasai segalanya tentang bisnis kamu


Di awal memulai bisnis, umumnya jarang ada investor yang berani menaruh uangnya disana. Namun kesempatan itu bisa datang kapanpun, jadi kamu harus kuasai betul segalanya tentang bisnis yang kamu geluti dan selalu siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya.

Hal ini bertujuan agar investor tidak berpikir lagi untuk menandakan uangnya ke bisnis anda dan bisnis anda akan terbantu dengan banyak investor yang berinvestasi.


4. Selalu mau belajar dari orang lain


Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada orang yang mengetahui segala hal, maka itu sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti mentor, teman, atau orang sukses lainnya, kamu dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya.

Anda harus bisa memilih teman, mentor atau orang lain untuk menasehati anda dan tempat berdiskusi untuk membicarakan rencana, ide hebat dan hal - hal lainnya untuk memajukan bisnis anda tersebut. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.


5. Hiduplah dengan sederhana


Lupakan semua keindahan dari menjadi pengusaha. Mobil mewah, makan mewah, rumah besar, atau segala hal yang menunjukkan kemewahan.  Anda harus mempunyai pandangan bahwa anda itu harus membutuhkan uang untuk kesuksesan anda di masa pemula ini.

Dengan hal itu anda akan fokus pada proses tanpa melihat hasil sama sekali dan seiring berjalannya waktu anda akan meraih kesuksesan tersebut suatu hari nanti.


6. Belajar dari kegagalan


Tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Sama halnya dengan dunia bisnis. Ada 2 pilihan dalam hidup kita yang menentukan kesuksesan, yaitu untuk maju atau diam. Jika kamu ingin maju, maka kamu juga harus siap untuk menghadapi kegagalan. Karena tidak semua yang kamu rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginanmu.

Justru kegagalan harus terjadi untuk mengajarkan kamu dan mempersiapkan kamu untuk menjadi orang yang sukses nantinya. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. Kegagalan itu guru terbaik loh!


7. Tunjukkan bahwa konsep bisnis kamu yang terbaik


Anda harus mempunyai keyakinan bahwa anda belum mempunyai standar bisnis yang bagus maka investor tidak akan berinvestasi dengan bisnis anda.
Oleh karena itu, tunjukkan bahwa konsep bisnis ini akan sangat menguntungkan bagi para investor.

Baca juga : 9 cara berpikir orang sukses yang harus anda tiru

Jalankan konsep bisnismu dengan modal seadanya untuk memberi bukti nyata kepada investor. Pada saat kamu sudah membuat konsep bisnis terbaik maka investor akan datang kepadamu untuk bekerja sama dengan bisnis anda tersebut.


8. Jagalah kesehatan


Untuk sukses, memang harus bekerja keras, namun jangan lupa bahwa menjaga kesehatan juga tanggung jawab kamu. Anda harus menjaga kesehatan supaya pekerjaan yang ingin anda kerjakan terlaksana dengan sempurna. Seringlah berolahraga setiap hari, mengatur pola makan yang baik dan jangan lupa untuk beristirahat sejenak untuk mendinginkan kepala.

Bayangkan jika kamu jatuh sakit, tidak ada yang dapat kamu lakukan dengan sempurna. Kesehatan akan membantu anda dalam melakukan hal apapun menjadi produktif dan efisien. Sebisa mungkin seimbangkan pekerjaan dengan menjaga kesehatan.


9. Buktikan dengan tindakan, bukan dengan kata - kata


Perhatikan apa yang kamu katakan. Katakan hal yang mampu kamu lakukan, jangan terlalu banyak bicara tapi kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Buktikan yang kamu bisa lakukan melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan kamu bertindak, orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu. Speak less, do more, right?


10. Tahu kapan harus berhenti berusaha


Seorang kapten yang bijak tidak akan tenggelam bersama kapalnya. Itulah pepatah yang menjelaskan bahwa seorang yang bijak adalah orang yang tahu kapan harus berusaha dan kapan harus berhenti. Berhenti berusaha tidak selalu bentuk dari menyerah, terkadang ada hal-hal yang memaksa kamu untuk berhenti, jika tidak kamu akan semakin terpuruk.

Demikian juga dalam merintis bisnis. Terkadang, bisnis yang kita mulai tidak membawa kamu kepada kesuksesan, melainkan malah membuat kamu menajdi terpuruk. Ketika situasi itu datang, maka kamu harus tahu kapan harus berhenti. Bersikap bijaksana dan peka terhadap keadaan akan membantu kamu untuk terhindar dari keterpurukan.

Baca juga : 9 hal yang harus diperhatikan dalam memilih pekerjaan

Get notifications from this blog