Inilah Alasan Kenapa Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa International

Inilah Alasan Kenapa Bahasa Inggris Dijadikan Bahasa International

bahasa inggris bahasa seluruh dunia


Siapa yang tak kenal dengan bahasa inggris. Bahasa yang kita dipelajari di sekolah ini merupakan bahasa yang sudah dipakai di seluruh dunia. Lebih dari 100 negara mengakui bahwa bahasa inggris adalah bahasa internasional yang harus dipelajari.

Seseorang ingin belajar bahasa inggris karena ingin mengerti pembicaraan banyak orang di dunia. Seseorang ingin mempelajari bahasa inggris karena ingin jalan - jalan ke luar negeri, mempunyai teman bule, atau ingin bekerja di perusahaan asing yang menawarkan gaji besar.

Tapi, pada dasarnya gimana sih proses bahasa inggris dijadikan bahasa internasional ini. Mari kita bahas.

Kalau kita melihat sejarah, pada zaman romawi kuno ditemukan satu bahasa umum yang dimengerti banyak orang atau disebut dengan " Lingua Franca ".

Baca juga : inilah penyebab kenapa langit berwarna biru

Lingua franca sering berganti - ganti dari tahun ke tahun begitu juga dengan bahasa inggris yang butuh waktu lama untuk menjadi bahasa internasional.

2 faktor besar dan 1 faktor pendukung yang mempengaruhi terbentuknya bahasa inggris sebagai bahasa internasional.

1. Kolonialisasi Inggris

Setelah era revolusi industri di Inggris. Inggris menjadi negara dengan teknologi dan militer paling maju di dunia. Hal ini membuat Inggris menjajah berbagai negara di dunai.

Inggris menjadi negara dengan wilayah jajahan terluas dan negara yang terjajah harus menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari - hari.

Hal ini sekaligus membuat bahasa inggris menjadi bahasa yang digunakan banyak orang dan diangkat menjadi bahasa internasional.

2. Komersialisasi

Pada abad ke -20, Amerika Serikat menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terkuat di dunia. Hal ini memaksa negara lain untuk menggunakan Dollar sebagai mata uang mereka. Dan tentunya membuat mereka berkomunikasi dalam bahasa inggris.

3. Globalisasi

Fenomena globalisasi sebagai faktor pendukung bahasa inggris menjadi bahasa internasional. Pada ers globalisasi, banyak media dan perusahaan asing (kebanyakan dari Amerika) masuk ke negara lain untuk memperluas produksinya.

Dan sekaligus membuat gedung perusahaan yang menawarkan gaji besar bagi pegawainya. Hal ini membuat orang - orang harus belajar bahasa inggris agar diterima menjadi pegawai di perusahaan tersebut.

Menurut prediksi, bahasa inggris tetap akan menjadi bahasa internasional berpuluh - puluh tahun ke depan. Pada tahun 2050, India akan menjadi negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia, mereka menjadi bahasa inggris dan Hindi sebagai bahasa utama mereka.

Baca juga : 8 cara sukses di usia muda dengan cara sendiri

Sekaligus memperkokoh bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Jika anda ingin cepat belajar bahasa inggris umunya anda harus belajar dasar dulu di sekolah.

Setelah itu, menyempurnakannya dengan menonton film, membaca komik bahasa inggris, menghafal kosa kata dan sebagainya.

Demikian penjelasan dari saya tentang alasan bahasa inggris dijadikan bahasa internasional. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga anda.

Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.  

Posting Komentar

0 Komentar