4 Hal Akan Terjadi Jika Bumi Tidak Ada Air Sama Sekali

4 Hal Akan Terjadi Jika Bumi Tidak Ada Air Sama Sekali



Bumi merupakan planet yang 71% permukaannya dipenuhi air. Bumi tempat kehidupan yang kita tempati saat ini.

Bumi adalah planet kecil di galaksi bima sakti yang kegiatannya mengelilingi matahari ditemani si bulan.

Air di bumi selalu kita butuhkan untuk mempertahankan hidup. Sehabis beraktivitas kita selalu mencari dan meminumnya untuk menyegarkan badan kita. Air merupakan sumber kehidupan di bumi.

Tapi, apa yang terjadi jika bumi tidak ada air, menghilang begitu saja tanpa sebab. Apa gejala yang akan dihadapi nantinya. Mari kita bahas.

Air merupakan kebutuhan kita sehari - hari, tubuh kita ini harus memerlukan cairan setiap harinya. Secara singkatnya, jika bumi tidak memiliki air sama sekali maka semua makhluk hidup di muka bumi akan punah.

Baca juga : Inilah yang akan terjadi jika kalian berhenti memakai celana dalam

Mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan semuanya akan musnah. Ikan di laut akan mati hanya dalam beberapa jam saja.

Manusia juga tidak akan bertahan hidup lebih dari seminggu, hanya beberapa hari saja seluruh manusia di muka bumi akan mati.

Lalu, bagaimana nasib bumi setelah makhluk hidup di bumi musnah seluruhnya.

1. Bumi menjadi sangat panas

Laut berfungsi menyimpan air yang mengandung gas karbon dioksida terbesar bagi makhluk hidup di bumi. Laut menyimpan 93% karbon dioksida di seluruh dunia.

Jika air menghilang, maka gas tersebut akan melayang di udara dan akhirnya sampai ke atmosfer dan mengakibatkan Efek Rumah Kaca (ERK).

Efek Rumah Kaca mengakibatkan suhu bumi semakin meningkat sampai 462°C. Seiring berjalannya waktu, bumi akan bernasib sama seperti planet Mars.

Bumi akan kehilangan warna biru dan hijau yang indah. Bumi akan berubah menjadi planet panas yang berwarna kecoklatan dan menjadi planet terseram saat itu.

2. Bumi dipenuhi gunung yang sangat tinggi

Bumi tanpa air, laut juga akan kosong. Laut yang kosong menyisikan sebuah lembah dengan gunung - gunung tinggi yang mencapai ratusan kilo meter dalamnya.

Beban tektonik yang bertabrakan juga akan menjulang tinggi karena tidak ada air laut sebagai penahannya. Gunung - gunung berapi di Bumi pun akan mati karena tidak ada pasokan air yang merupakan bahan utama terbentuknya magma.

Dataran rendah di bumi akan menjulang tinggi. Dan bumi menjadi tempat kering tanpa kehidupan.
Tapi, kan sekarang zaman modern, bagaimana jika menciptakan air saja untuk bumi ?. Secara teori hal ini bisa dilakukan.

Air memiliki unsur gabungan dari 2 elemen, tapi proses pencampuran kedua elemen itu sangat sulit. Cara satu - satunya mencampurkan kedua elemen tersebut yaitu menggunakan api.

Tapi jika kita memproduksi air dalam jumlah banyak dengan cara itu.
Maka akan terjadi ledakan yang besar, dan kita semua tentunya akan mati. Intinya, jika Bumi tanpa air sama saja dengan kiamat.

3. Bumi akan menjadi padang pasir

Bumi menjadi padang pasir ini disebabkan oleh hilangnya air di dalam bumi yang menyebabkan interaksi dan terpisah begitu saja dari Bumi.

Baca juga : Seberapa cepat manusia bisa berlari

Air di dalam Bumi membentuk 84% dari keseluruhan volume bumi. Jika air di bumi hilang seluruhnya maka bentuk bumi akan berubah menjadi jelek dan tidak bisa disebut planet lagi.

Lenpeng tektonik yang berdekatan satu sama lain kemudian tenggelam dan akhirnya membentuk sebuah padang pasir yang sangat luas.

4. Bumi dihuni oleh makhluk kecil

Air menghilang dari Bumi belum tentu semua makhluk hidup mati. Ada jenis makhluk hidup yang bisa bertahan hidup tanpa air ialah mikoskopis.

Mikoskopis dikenal sebagai mikroba atau nama latinnya Extremophiles. Mikoskopis cocok untuk kehidupan tanpa air, asam yang kuat dan kurangnya cahaya matahari.

Jenis makhluk hidup ini berada di retakan atau bagian bawah tanah. Mereka biasa menggunakan monoksida untuk memproduksi nutrisi.

Oleh karena itu, syukurilah jika di daerah kalian masih banyak air yang tersedia. Hematlah penggunaan air untuk menjaga lingkungan hidup sekitar.

Demikian yang bisa saya sampaikan tentang apa yang terjadi jika bumi tidak ada air. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.

Posting Komentar

0 Komentar