10 Penyakit paling berbahaya pada anak

Inilah 10 Penyakit paling berbahaya pada anak

PENYAKIT BERBAHAYA PADA ANAK


Dalam perkembangan teknologi dan pengobatan yang semakin modern,yang membuat seseorang tidak terlalu khawatir akan penyakitnya karena perkembangan pengobatan yang semakin maju,tapi siapa sangka penyakit juga bisa makin aneh dan juga modern lho !



   Inilah penyakit paling berbahaya pada anak : 


 Penyakit yang mematikan di dunia modern yaitu infeksi pernapasan bagian bawah.Infeksi saluran pernapasan bagian bawah termasuk pada pneumonia dan bronkitis.Sulit untuk dipercaya,tapi faktanya infeksi saluran pernapasan bawah sudah memakan korban jutaan orang di seluruh dunia dibanding AIDS dan malaria.
Angka kematian :lebih dari 4 juta jiwa setiap tahun. 

2.HIV / AIDS 

   Sekitar 39,4 juta orang yang hidup dengan AIDS.HIV atau disebut dengan (human immunodeficiency virus) tidak lebih dari penghabisan terhadap sistem kekebalan tubuh seseorang,pada saat pasien rentan terhadap infeksi lain.tetapi AIDS atau (acquired immunodeficiency syndrome) biasanya mengikutinya dalam waktu 8 sampai 15 tahun, kecuali saat pasien menerima pengobatan.Sering kali,pasien meninggal karena TB atau pneumonia setelah infeksi AIDS. 
Angka kematian : 3 juta jiwa per tahun.

3.Malaria

   Angka kejadian: 300-515 juta orang didiagnosa masuk dalam kasus ini per tahunnya,dan sebagian besar di antaranya berada pada benua Afrika.Malaria disebarkan oleh hewan paling mematikan di dunia yang dikenal manusia:nyamuk anopheles betina. Bahkan,malaria tidak dapat dialihkan melalui kontak fisik, tapi tetap saja memakan jutaan korban di seluruh dunia per tahunnya.Statistik menunjukkan bahwa setiap 30 detik seorang anak meninggal akibat malaria di Afrika.
Angka kematian : 1-5 juta jiwa setiap tahun. 

4. Diare

  Angka rata-rata infeksi: 4 miliar kasus didiagnosa setiap tahun.Diare pada anak sering disebabkan oleh rotavirus.Penyebab diare yang lain adalah kolera, disentri, dan sejumlah infeksi bakteri lainnya, seperti cacing mikroskopis.Diare mudah diatasi jika diobati secara dini. Kebanyakan korban kematian disebabkan diare,utamanya pada anak-anak,berhubungan dengan dehidrasi.
Angka kematian : 2,2 juta jiwa setiap tahun. 

5. Tuberkulosis

 Angka kejadian: 2 miliar orang didiagnosa tuberkulosis (TB) setiap tahun. TB membunuh jutaan orang setiap tahun.

  Sepertiga dari penduduk seluruh dunia terinfeksi.dengan semua fakta ini, kasus TB masih menjadi diagnosis dari tahun ke tahun.Seolah-olah orang tidak benar-benar peduli lagi jika tertular penyakit. Gejala TB termasuk menggigil, demam, batuk kronis, lemah, dan penurunan berat badan.kondisi ini sangat menular serta dapat menyebar melalui bersin atau batuk. TB merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia dalam hal tingkat kematian. 
Angka kematian : 2 juta jiwa per tahun. 

6.Campak

 Angka kejadian: kurang lebih 30 juta orang,sebagian besar adalah anak-anak, terinfeksi setiap tahun.Campak dapat dengan mudah disembuhkan,tapi mematikan jika tidak ditangani.Penyakit ini terjadi utamanya pada anak-anak,dan terutama di negara berkembang seperti Afrika dan indonesia.tapi virus campak dapat menginfeksi bahkan terhadap orang dewasa. Campak bisa menyebabkan kerusakan otak,kebutaan,dan anak-anak rentan terkena diare dan pneumonia. 
Angka kematian : 1.400 orang diperkirakan meninggal akibat campak setiap harinya.

 7. Batuk rejan 

   Angka kejadian: 20-40 juta kasus terdiagnosa setiap tahunnya. Batuk rejan, atau pertusis, adalah penyakit yang sangat mematikan. Hal ini sangat menular dan, sekali saja terinfeksi, maka penyakit ini bisa menyebabkan beberapa penyakit pernapasan akut terhadap seseorang.Apa yang tampak seperti batuk biasa bisa membunuh Anda.Batuk rejan bisa diobati dengan antibiotik.tapi, vaksin masih menjadi cara ampuh untuk mendapat kekebalan yang optimal. 
Angka kematian : 200.000 - 300.000 jiwa setiap tahun.

8. Tetanus

   Angka kejadian di dunia: 500.000 kasus tercatat setiap tahun. tetanus mudah mengalahkan meningitis dan sifilis dengan tingkat infeksi yang tinggi serta korban meninggal.clostridium tetani,spora tetanus bakteri yang hidup di tanah,dan lainnya. Sesuatu yang sederhana seperti luka kecil dan luka bisa menginfeksi dengan penyakit beberapa hari selepas kontak dengan permukaan yang kotor. Negara-negara di Asia Tenggara dan Sahara, Afrika, masing-masing memiliki jumlah kematian 82.000 sampai 84.000 jiwa setiap tahun,meskipun infeksi tetanus dapat ditemukan di seluruh dunia. 
   Angka kematian: 214.000 orang setiap tahun. 

9. Infeksi selaput otak (meningitis)

  Meningitis dapat disebabkan oleh bakteri.Penyakit mematikan ke-9 di dunia modern adalah meningitis.
Jumlah rata-rata infeksi: lebih dari 1 juta orang setiap tahun.

   Meningitis merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia, tidak hanya hal tentang tingkat kematian,tapi juga dalam kehidupan setelah pemulihan penuh juga. Infeksi yang fatal meliputi otak dan sumsum daerah tulang belakang. Bahkan, dengan diagnosia dini dan pengobatan yang dilakukan secara segera, 5 - 10 persen dari pasien yang mengalaminya tetap saja tidak tertolong. Sebanyak 10 - 20 persen pasien yang telah sembuh menderita gangguan pendengaran, kerusakan otak, atau ketidakmampuan belajar. 
Angka kematian : 174.000 jiwa setiap tahun. 


 Penyakit yang disebabkan oleh bakteri termasuk berbahaya dan dapat mengancam jiwa anak dalam cepat.Tanda dan gejala hanya diawali demam dan juga sakit tenggorokan serta timbulnya bercak bercak putih pada tenggorokan.Bila tidak diobati dengan cepat, maka hal tersebut dapat segera mengancam jiwa karena bisa membuntukan saluran pernapasan, jantung, sehingga dapat dengan cepat mengancam jiwa karena komplikasi tersebut.



BACA JUGA :



Posting Komentar

0 Komentar