Alasan Kenapa iPhone 14 Pro Lebih Baik Dari iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 Pro Max



iPhone sudah mengeluarkan 2 smartphone terbarunya yaitu iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Pada seri Pro Max terdapat beberapa peningkatan dan hal lain yang tidak ada di seri Pro.

iPhone seri Pro Max memiliki layar yang lebih luas, lebih mewah, lebih lega dan kapasitas baterai yang lebih besar dari pendahulunya.

Tapi, ada beberapa alasan kenapa iPhone 14 Pro terasa lebih unggul dibandingkan seri Pro Max, mulai dari teknologi, konfigurasi kamera, harga dan penggunaan sehari-hari.

1. Teknologi dan Kualitas Layar


Alasan pertama kenapa iPhone 14 Pro lebih baik dari 14 Pro Max adalah soal teknologi dan kualitas layar. Meskipun ukuran layarnya berbeda, tapi secara kualitas, tampilan, teknologi dan kemewahan layar tetap sama persis dengan yang seri Pro Max.

Jika Anda lihat kerapatan pixel tetap sama-sama 460 ppi dan tampilan layar pun tajam di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, scrolling pun sama terasa mulus dengan display yang sama dengan range refresh rate luas dari 1Hz sampai 120Hz.

Jadi, bukan berarti karena lebih kecil ukuran layar maka kualitas layar juga ikut berkurang. Dari sisi kualitas dan teknologi layarnya masih tetap sama termasuk juga memiliki Dynamic Island dan Always on Display.

Konfigurasi kamera juga terlihat sama tapi iPhone 14 Pro bisa menghasilkan rekaman video dan jepretan foto yang lebih tajam dan jernih berkat fitur Low Light Performance.

Selain resolusi kamera yang tinggi yaitu 48 MP, ukuran sensor pun jauh lebih besar dibandingkan yang sebelumnya.

Untuk performa antara iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max terlihat sama karena menggunakan chipset A16 Bionic 4 nanometer dan RAM 6 GB yang bisa dipakai untuk aktivitas apapun.

Jika Anda ingin main game dengan iPhone 14 Pro mungkin akan terasa kurang karena luas layar yang lebih kecil dari seri Pro Max.

Selain itu, daya tahan baterai juga tidak sekuat di seri Pro Max dan mungkin hal ini menjadi salah satu kekurangan jika Anda memilih iPhone 14 Pro dibandingkan seri Pro max.

Kapasitas baterai di iPhone 14 Pro hanya 3200 mAh yang tentu lebih kecil dibandingkan seri Pro Max yang memiliki daya tahan 4323 mAh. Jadi, ada perbedaan yang cukup signifikan mencapai 1123 mAh.

Jika dipakai untuk streaming video nonstop, seri Pro hanya bertahan sampai 9 jam sedangkan iPhone 14 Pro Max bisa sampai 11 jam lebih.

Sementara untuk main game, iPhone 14 Pro bisa bertahan sampai 5 jam sedangkan seri Pro Max bisa mencapai 8 jam lebih.

2. Harga yang Lebih Murah


Meskipun sama-sama premium dan punya harga mahal, tapi iPhone 14 Pro ini punya bandrol harga yang lebih murah dibandingkan dengan iPhone 14 Pro Max yang selisihnya sekitar 2 juta saja.

Smartphone ini cocok untuk Anda yang ingin Iphone paling premium tapi dengan harga yang lebih hemat dan juga iPhone 14 series sudah mendukung dual SIM.


Walaupun Dual SIM ini tetap sama seperti di seri sebelumnya yang hanya memberi satu sim card tray. Jadi, Anda bisa bebas pakai SIM card fisik provider apapun.

Selain itu, pengguna juga bisa memakai E-SIM (Elektronik SIM) card yang menariknya di Indonesia sendiri hanya Smartfren provider pertama dan satu-satunya yang sudah menyediakan produk E-SIM.

3. Ukuran dan Berat


Salah satu alasan yang paling utama adalah karena ukuran yang nyaman dan berat yang ringan, hal ini ternyata sangat membantu bagi pengguna yang sering mengambil foto dan video dengan satu tangan.

iPhone 14 Pro ini lebih ringan 40 gram dan ukurannya lebih pendek 13,2 mm dibandingkan seri Pro max. Dengan itu, pengguna akan nyaman menggenggam dengan satu tangan.

Berbeda dengan iPhone 14 Pro Max yang terasa tidak nyaman saat dipakai satu tangan, 14 Pro ini tidak akan membuat tangan terasa lelah dan bisa mengetik satu tangan dengan leluasa.