Inilah Kelebihan dan Kekurangan Poco M5, Ketahui Sebelum Membeli

Fitur-fitur Poco M5



Selang sekitar setengah tahun Poco M4 series rilis di Indonesia, kini Poco akhirnya merilis smartphone baru lagi untuk penerus dari Poco M series tersebut yaitu Poco M5.

Smartphone terbaru ini tampil beda dari generasi sebelumnya dengan membawa spesifikasi yang cukup mumpuni terutama dalam hal performa.

Poco M5 adalah salah satu smartphone yang paling kencang di kelas harga 2 juta lebih sedikit, lebih tepatnya 2,1 juta untuk varian 4/64 GB dan 2,3 juta untuk varian 4/128 GB.

Selain performa, hp terbaru ini juga memiliki kelebihan lainnya yang akan disebutkan di bawah dan dengan harga 2 juta tentu saja ada beberapa aspek yang dihilangkan untuk bisa menekan harga.

Magersena akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan Poco M5 yang harus Anda ketahui sebelum membeli smartphone terbaru ini.

Kelebihan Poco M5


Ada beberapa kelebihan akan dibahas, mulai dari performa, daya tahan baterai, refresh rate dan fitur-fitur yang disematkan.

1. Performa Kencang


Jika Anda hanya dana 2,5 juta tapi ingin smartphone dengan performa tinggi mungkin Poco M5 adalah jawaban yang tepat.

Alasannya karena Poco M5 dibekali dengan chipset terbaru MediaTek yaitu helio G99 fabrikasi 6 nanometer yang terkenal dengan performa terutama di kelas menengah ke bawah.

Ketika di tes AnTuTu, HP ini memperoleh skor di 300 ribuan yang termasuk skor yang cukup tinggi di kelas harganya.

Untuk penggunaan harian tentu sudah lancar dan ketika bermain game online populer saat ini juga cukup nyaman seperti Mobile Legends di settingan High, CODM di settingan Medium High dan PUBG Mobile di Balance Ultra.

Tapi, jika Anda ingin bermain game yang sangat berat seperti Genshin Impact, Poco M5 hanya bisa bertahan di settingan rendah dan gameplay juga akan terasa kurang nyaman.

Pihak Poco memberi smartphone terbaru ini dengan RAM 4 GB di semua varian memori yang tersedia. Hal ini cukup untuk memenuhi kebutuhan harian dan gaming tipis-tipis.

2. Refresh Rate Layar 90Hz


Untuk urusan layar, Poco M5 mengusung layar berukuran 6,58 inci IPS LCD resolusinya sudah full HD+ dengan refresh rate 90Hz.

Meski layarnya bukan jenis AMOLED tapi warna yang dihasilkan sudah cukup bagus. Untuk kecerahan layar terlihat kurang apalagi kalau dipakai langsung di bawah sinar matahari.

Selain itu, pihak Poco juga memberi Dynamic Switch 90Hz yang bisa otomatis mengatur refresh rate Menjadi 30Hz, 60Hz atau 90hz dengan menyesuaikan aplikasi yang digunakan sehingga daya baterai bisa lebih ditekan.

Dengan adanya refresh rate 90Hz tentu pengalaman scrolling akan terasa lebih mulus, layar hp ini juga sudah dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang siap tahan banting.

3. Memori Tambahan


Seperti yang sudah ditulis di awal, Poco M5 hanya menyediakan 2 varian memori yakni 4/64 GB dan 4/128 GB. RAM yang disematkan ini berjenis lpddr4x dan internal sudah memakai ufs 2.2.

Jika penyimpanan internal terasa kurang, perluasan storage bisa dilakukan melalui slot kartu micro SD hingga mencapai 1 TB.


Selain itu, smartphone ini juga menyertakan fitur turbo RAM yang membuat pengguna bisa memperluas RAM melalui software. Untuk varian storage 64 GB bisa menambah 1 GB RAM dan storage 128 GB bisa menambah 2 GB RAM.

4. Tersedia fitur NFC


Jika Anda ingin smartphone yang punya banyak fitur maka Poco M5 cocok untuk Anda karena HP ini punya banyak fitur terutama dari segi konektivitas.

Fitur yang ada di Poco M5 adalah dual SIM, konektivitas 4G, bluetooth 5.3, Wi-Fi 5, WiFi sharing, GPS, Jack audio 3,5 mm, USB type-C yang support OTG, Infrared Blaster dan yang menarik adalah fitur NFC.

Jika Anda adalah seorang cashless maka fitur NFC akan sangat bermanfaat untuk transaksi keuangan sehari-hari.

5. Baterai yang Awet


Untuk sektor daya tahan, smartphone ini punya baterai berkapasitas 5000 mAh yang sudah dilengkapi fitur pengisian daya cepat 18W dengan port USB type-C dan pihak Poco juga membekali paket penjualannya dengan adaptor 22,5W.

Baterai Poco M5 akan tahan dipakai seharian dan tergolong awet karena bisa dipakai menonton video sampai 26 jam lebih. Jika digunakan untuk menonton video YouTube, dalam 30 menit baterai hp ini hanya berkurang 3% saja.

Hal yang harus diperhatikan adalah proses isi daya yang membutuhkan waktu 40 menit untuk mengisi dari nol hingga 50% dan sekitar 150 menit untuk mengisi hingga penuh 100%.

Kekurangan Poco M5


Selain berbagai kelebihan dan fitur yang unik, Poco M5 selaku HP dengan harga 2 jutaan juga punya kekurangan yang bisa dijadikan pertimbangan para pembeli.

1. Speaker Masih Mono


Speaker yang tersedia di Poco M5 ini hanya satu saja letaknya ada di sisi bawah atau biasa disebut mono speaker.

Pihak Poco juga hanya memberikan satu buah mikrofon sehingga harus hati-hati ketika sedang main game atau telepon jangan sampai mikrofon tertutup oleh tangan.

2. Tidak punya lensa Ultra-wide


Jika Anda adalah orang yang sering foto-foto maka kekurangan ini wajib Anda ketahui, bagian depan Poco M5 terdapat poni layar yang berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan kamera selfie resolusi 5 MP.

Sementara bagian belakang terdapat 3 kamera yang terdiri dari lensa utama 50 MP, lensa makro 2 MP dan depth sensor 2 MP. Sangat disayangkan tidak ada lensa ultra wide yang menurut sebagian orang lebih baik dari makro dan depth.

Perekaman video di kamera Poco M5 mentok di resolusi 1080p di 30 FPS dan tidak bisa di resolusi 4K atau 1080p 60 FPS.

Kamera smartphone ini juga tidak ada fitur stabilizer sehingga hasil videonya akan terasa goyang-goyang dan tidak nyaman saat ditonton.

3. Tidak ada gyroscope


Tidak ada fitur stabilizer menjadi salah satu efek dari ketiadaan sensor gyro di smartphone ini, tidak adanya gyroscope menjadikan kesan Poco yang terbilang tanggung dalam menghadirkan HP dengan performa tinggi.

Tapi, jika Anda bukan gamer pengguna gyroscope maka seharusnya tidak akan masalah dan bisa menikmati performanya dengan baik.