√ Cara Membedakan Adapter Charger iPhone Asli dan yang Palsu - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

8 Sep 2022

Cara Membedakan Adapter Charger iPhone Asli dan yang Palsu

Charger iPhone palsu



Kemarin Magersena sudah membahas cara membedakan iPhone asli dan iPhone palsu, sekarang saya akan membahas cara membedakan adapter charger iPhone asli dan yang palsu.

Informasi ini berguna untuk Anda yang berniat ingin membeli adapter charger asli tapi tidak tahu cara membedakan yang asli dan yang palsu. 

Charger iPhone asli dan charger iPhone palsu terlihat sama jika dilihat langsung secara keseluruhan, tapi ada detail kecil yang tidak bisa ditiru charger palsu yang terdapat pada charger asli.

1. Packing Box


Box adapter iPhone asli memiliki standar tersendiri yang membedakannya dengan adapter lain, hal itu ditunjukkan dari jenis font, ketebalan font, ukuran font, label box dan lainnya.

Box adapter iPhone palsu memiliki font yang lebih tebal dan jelas dibandingkan dengan box adapter iPhone asli, perbedaan ini bisa Anda lihat di semua bagian yang ada tulisannya di box.

Perbedaan kecil juga bisa Anda lihat di bagian bawah box adapter, sekilas terlihat sama dari serial number, tatanan huruf, IMEI dan lainnya. Tapi, hal itu tidak membuat adapter palsu menjadi asli.

Tapi, jika Anda lebih teliti ada perbedaan jenis font dan tata letak informasi diantara keduanya. Anda bisa lihat tulisan UPC, di box adapter asli tulisannya berjarak dengan barcode sedangkan di box adapter palsu cenderung mepet.

Jadi, secara keseluruhan ada perbedaan kecil antara box adapter iPhone asli dengan box adapter iPhone palsu, tapi tidak hanya itu perbedaannya juga bisa dilihat dari adapternya sendiri.

2. Manual Book


Anda buka dan lihat kedua manual book dari adapter asli dan palsu, masing-masing dibekali dengan dua manual book. Anda akan melihat perbedaan yang mencolok.

Manual book adapter charger iPhone asli hanya memiliki kalimat USB-C Power Adapter, sedangkan manual book adapter iPhone palsu menambahkan kata 20W.

Sekarang, Anda coba lihat manual book yang kedua dan bandingkan keduanya. Kalimat di manual book adapter asli memiliki penjelasan yang simpel, sedangkan kalimat di manual book adapter palsu terkesan bertele-tele.

3. Unit Adapter


Perbedaan selanjutnya yang bisa Anda lihat sendiri adalah dari unit adapternya, adapter iPhone palsu memiliki barcode dan keterangan di batangnya, sedangkan adapter iPhone asli terlihat polos tidak ada tulisan apapun.

Selain tampilan luar, Anda juga bisa lihat perbedaannya di tampilan dalam yaitu di bagian pin connector yang berfungsi untuk menghubungkan adapter ke smartphone.

Sekilas terlihat sama, tapi pin connector adapter charger asli terlihat lebih bersih dan rapih, sedangkan pin connector adapter palsu terlihat berantakan.

Perbedaan dari dua unit adapter ini bisa dilihat dari dua batang pin adapter, adapter iPhone asli memiliki garis dari atas ke bawah, sedangkan adapter iPhone palsu terlihat polos tidak ada garis.

Penutup


Itulah penjelasan singkat tentang cara membedakan adapter charger iPhone original dengan adapter iPhone palsu yang biasa dijual murah di pasaran.

Jika Anda ingin iPhone tetap awet, disarankan untuk memakai adapter asli supaya menghindari kerusakan karena ketidakcocokan antara adapter dan smartphone.

Get notifications from this blog