√ Inilah 9 Penyebab iPhone Jadi Cepat Panas - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

10 Sep 2022

Inilah 9 Penyebab iPhone Jadi Cepat Panas

iPhone cepat panas



Banyak pengguna iPhone yang bertanya kenapa iPhone cepat panas padahal hanya dipakai penggunaan sehari-hari yaitu sosmed dan nonton video.

Secara umum, smartphone, laptop dan tablet jika dipakai untuk kegiatan berat seperti multitasking, bermain game online dan lainnya pasti mengalami peningkatan suhu.

Hak yang tidak wajar jika smartphone menjadi panas padahal hanya dipakai untuk hal-hal ringan seperti nonton video dan mendengar musik.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu penyebab kenapa HP iPhone jadi panas dan hal-hal yang harus Anda lakukan supaya iPhone tidak cepat panas.

1. Setup Pertama Kali


Ketika Anda melakukan setup pada iPhone yang baru dibeli untuk pertama kalinya maka suhu ponsel meningkat itu adalah hal yang wajar.

Alasannya karena iPhone yang baru dibeli belum pernah melakukan aktivitas apapun, jadi saat dipakai untuk menginstal aplikasi dan kebutuhan lainnya maka iPhone akan menjadi panas.

Saat persiapan, semua data-data dan aplikasi akan tersinkron ke analitik sistem iPhone sehingga membuat CPU bekerja sangat keras dan mengalami peningkatan suhu.

2. Aplikasi berjalan di latar belakang


Pihak Apple tidak menyarankan pengguna untuk menghapus aplikasi di latar belakang jika aplikasi tersebut sering digunakan sehari-hari.

Aplikasi yang selalu Anda buka setiap menit atau setiap jam tidak boleh Anda harus dari latar belakang karena jika melakukan hapus buka aplikasi maka akan membuat kinerja iPhone lebih berat.

Aplikasi yang hapus di latar belakang lalu dibuka lagi maka akan membebani sistem, CPU, RAM yang selalu menganalisa ulang aplikasi yang dibuka.

Walau begitu, Anda tidak boleh membiarkan terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang karena bisa menyebabkan suhu iPhone meningkat.

Sebaiknya Anda pilih maksimal 3 aplikasi yang selalu dibuka setiap menit untuk dibiarkan di latar belakang supaya sistem tidak berulang kali membaca aplikasi tersebut.

3. Charge iPhone saat Low-Battery


Ini adalah hal yang paling umum terjadi, hampir semua pengguna iPhone pasti pernah mengalami HP jadi panas saat charge dibawah 20%.

Ketika Anda charge iPhone saat Low-Battery maka sistem akan bekerja keras karena kapasitas baterai sudah hampir habis dan akhirnya menghasilkan peningkatan suhu smartphone.

Untuk menghindari hal ini, Anda harus charge iPhone sebelum kapasitas baterai menyentuh angka 20%. Cobalah untuk charge di angka baterai 25% - 30% maka iPhone tidak akan terasa panas.

4. Restore data


iPhone juga akan menjadi panas jika Anda melakukan restore semua data dengan aplikasi karena sistem akan fokus bekerja di satu titik untuk membantu mempercepat proses pemindahan data.

Apalagi jika data restore Anda sangat banyak maka kemungkinan besar iPhone Anda akan mengalami peningkatan suhu.

5. Baterai iPhone yang Rusak


Baterai iPhone yang sudah rusak akan menyebabkan suhu panas walaupun Anda memakai iPhone hanya untuk kegiatan ringan.

Anda lihat di pengaturan baterai untuk melihat kesehatan baterai, jika kondisi baterai dalam status service maka Anda harus segera memperbaikinya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


Jika Anda membiarkan baterai yang rusak maka iPhone akan mengalami banyak hal, mulai dari sering mati sendiri, baterai berkurang drastis, dan sering mengalami lag.

6. Update IOS


Banyak pengguna iPhone yang bertanya tentang hal ini, mengapa iPhone terasa panas saat melakukan update IOS, apakah itu hal yang wajar ?

Saat melakukan update IOS, semua sistem di iPhone fokus menganalisis ulang data-data dan menggantikannya dengan yang baru sehingga wajar saja jika sistem mengalami peningkatan suhu.

Jangan hubungkan suhu panas iPhone dengan berkurangnya baterai saat update karena sistem membaca ulang semua dari baterai sampai jaringan.

Jadi, baterai yang berkurang drastis saat update IOS tidak ada hubungannya dengan suhu panas dan kesehatan baterai iPhone pun tidak mengalami masalah.

Menurut Apple, iPhone akan bekerja maksimal selama 2 hari untuk membaca ulang semua data-data saat melakukan update IOS.

7. Sulit menangkap jaringan


Jika Anda berada di daerah yang susah sinyal maka sistem akan bekerja lebih keras untuk menangkap sinyal sehingga wajar saja jika mengalami peningkatan suhu.

8. Melakukan video call


Video call termasuk kegiatan berat dan jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka waktu lama maka akan membebani sistem dan mengalami peningkatan suhu panas.

Untuk menghindari iPhone panas dari video call, lebih baik Anda berhenti selama beberapa menit, setelah suhu iPhone normal Anda bisa melakukan video call lagi.

9. Bermain Game Settingan Tinggi


Bermain game online akan membuat sistem bekerja lebih keras jika game tersebut termasuk dalam daftar game berat, game-game ini biasanya dimainkan secara online.

Jika Anda bermain game online berat dengan grafik tinggi dan kecerahan layar tinggi maka dalam beberapa menit saja iPhone akan hangat dan akhirnya menjadi panas.

Semakin lama Anda bermain game dengan settingan tinggi maka akan semakin meningkat juga suhu panas yang ada di iPhone, jika suhu sudah melebihi 35°C maka secara otomatis FPS game akan turun.

Solusi untuk iPhone yang terlalu panas (overheat)


Jika iPhone Anda sudah mengalami overheat atau suhu panas melebihi 35°C maka iPhone Anda sudah masuk kategori darurat dan harus segera diperbaiki.

Tapi, jika tidak mau memperbaiki dan tetap memakainya, Anda harus melakukan beberapa hal di bawah ini supaya bisa meminimalisir kerusakan iPhone.

  • Hentikan penggunaan iPhone
  • Aktifkan mode low power mode
  • Lepas case iPhone
  • Jangan charge saat iPhone panas
  • Dinginkan iPhone di tempat sejuk

Get notifications from this blog