8 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menikah [Persiapan Sebelum Menikah]

 8 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Menikah


Persiapan sebelum menikah


Menikah adalah hal yang penting bagi kehidupan manusia, menikah itu menyatukan dua insan supaya saling memenuhi dan menyayangi satu sama lain. Menikah bukan masalah sepele karena setelah menikah sang pasangan akan dihadapkan dengan berbagai macam rintangan yang bisa menguji setiap pasangan.


Selain itu, menikah itu membutuhkan pertimbangan yang panjang karena jika tidak ada pertimbangan atau persiapan maka akan berdampak buruk pada kehidupan keduanya setelah menikah. Oleh karena itu, saya akan memberikan beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum menikah.


Hal ini harus anda ketahui supaya setelah menikah bisa hidup dengan nyaman, aman dan bahagia. Oke, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.


1. Penerimaan antar keluarga


Indonesia adalah negara multikultural, sebelum menikah anda harus memikirkan penerimaan keluarga ini karena di Indonesia mempunyai berbagai macam adat istiadat yang kental. Jangan sampai anda melamar pasangan dengan serius dan akhirnya kandas karena masalah penerimaan keluarga dan adat istiadat.


2. Komitmen dengan pasangan


Persiapan sebelum menikah


Anda harus siapkan satu orang untuk berkomitmen dalam jangka waktu yang lama karena nikah itu butuh komitmen. Anda harus hidup bersama dengan pasangan dalam waktu yang lama karena anda bersama pasangan akan dihadapkan dengan rintangan yang bisa membuat rumah tangga retak.


Pasangan akan bertambah tua, munculnya anak dalam kehidupan dan berbagai macam rintangan lainnya yang harus anda selesaikan bersama pasangan. Jadi, anda harus siap berkomitmen dengan orang yang anda pilih dalam jangka waktu yang sangat lama atau sampai ajal menjemput.


3. Pekerjaan rumah tangga


Anda harus membagi pekerjaan rumah tangga dengan pasangan, apa saja yang menjadi tanggung jawab anda dan bagian apa yang menjadi tanggung jawab pasangan anda. Rumah itu milik kalian berdua, jadi semua aspek dan tugas dalam rumah tangga harus dibagi dan diatur sebaik mungkin.


Baca juga : cara mengatur waktu dengan benar supaya menjadi lebih produktif


Misalnya, pasangan tidak menyuruh cowok untuk kerja atau membiarkan ceweknya untuk berkarir. Semua itu harus disepakati oleh kedua belah pihak supaya terbentuk rasa kenyamanan diantara keduanya.


4. Kekurangan pasangan


Hal ini tergantung dari kepribadian masing - masing, mana kekurangan yang bisa di toleransi dan kekurangan yang tidak bisa di toleransi. Misalnya, anda tidak suka dengan pasangan yang merokok, anda harus katakan pada pasangan anda supaya tidak menyesal saat menikah nanti.


5. Tempat tinggal


Masalah tempat tinggal harus dipikirkan dengan baik dan anda harus tahu apa yang harus dilakukan jika tinggal di rumah mertua atau di rumah sendiri. Misalnya, anda tinggal di rumah mertua maka anda harus siap menangani hal - hal yang bisa berpengaruh ke rumah tangga.


6. Manajemen emosi dan komunikasi


Anda harus bisa mengatur emosi dan komunikasi, jika pasangan sering melakukan kekerasan fisik atau hal - hal negatif lainnya maka masing - masing harus bisa mengatur emosi dengan baik dan benar. Jika anda berpikir bahwa hubungan ke depan menjadi buruk karena manajemen emosi dan komunikasi yang kurang maka anda harus pikir - pikir lagi sebelum menikah.


Kenapa harus dipertimbangkan ? Karena ada banyak pasangan yang ingin tetap bertahan meski sudah dipukulin dan disiksa secara fisik sama pasangan, anda mungkin pernah mendengar kasus ini di televisi. Jika sudah seperti ini maka penanganannya akan sangat sulit, lebih baik anda mencegah hal ini dengan memikirkannya sebelum menikah.


7. Jalur karir


Untuk anda yang mempunyai profesi yang tidak ramah keluarga, maksudnya pekerjaan ini lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah daripada di dalam rumah misalnya dokter, bankir dan lain sebagainya. Beberapa orang memilih pasangan yang satu profesi, misalnya dokter mencari pasangan dengan dokter lagi karena mereka sudah saling paham dan mengerti dengan keadaan profesinya.


Lain halnya dengan pasangan yang beda profesi dan jalur karir yang rumit. Anda harus menjelaskan pada pasangan supaya bisa mengerti dengan pekerjaan yang dilakukannya sehari - hari.


8. Keadaan finansial


Persiapan sebelum menikah


Hal ini adalah yang sangat penting untuk dipikirkan sebelum menikah, anda harus melihat keadaan keuangan sekarang dan proyeksi keuangan di masa yang akan datang, kemudian anda diskusikan dengan pasangan supaya bisa saling menerima satu sama lain atau malah menolaknya.


Anda harus tahu apakah pasangan anda mempunyai hutang, tanggungan kredit dan lainnya. Hal ini penting karena jika diabaikan bisa mempengaruhi keuangan keluarga saat menikah. Selain itu, anda harus mengetahui sikap pengeluaran pasangan, apakah boros, hemat dan lainnya untuk mencegah finansial keluarga memburuk.


Hal ini hanya membahas kecocokan antar pasangan, ada hal lain lagi yang lebih penting yaitu peluang untuk melanjutkan keturunan karena tidak semua pasangan mempunyai kesempatan untuk melanjutkan keturunan.


Untuk keturunan atau anak, hal ini tidak hanya berkaitan dengan garis keturunan dua keluarga saja tapi mempengaruhi kelangsungan hidup negara, apakah anak anda akan menjadi generasi penerus yang baik atau malah menjadi beban negara.

Posting Komentar

0 Komentar