Cara Menanam dan Merawat Bunga Panca Warna Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Panca Warna Agar Cepat Berbunga


Cara merawat bunga panca warna

Bunga panca warna atau hydrangea mempunyai bentuk bunga yang indah dan mewah. Tidak hanya itu, warna bunga hydrangea bisa berubah - ubah. Bunga ini sedang banyak dibudidayakan para pecinta tanaman di Indonesia.


Di Indonesia, bunga ini berasal dari daratan tinggi Jawa Barat dan sekarang sudah menyebar ke beberapa daerah seperti di Batu Malang yang mayoritas membudidayakan bunga panca warna.


Bunga hydrangea (hortensia) memiliki lebih dari 70 jenis di seluruh negara, persebarannya dimulai dari Asia Timur dan Asia Selatan, ada beberapa yang berasal dari  Amerika Utara dan Amerika Selatan.


Tapi, diantara beberapa spesies yang paling mendominasi adalah tanaman semak dengan ketinggian 3 meter yang berasal dari Jepang dan Tiongkok. Penasaran bagaimana cara menanam dan merawat bunga panca warna. Simak di bawah ini.


Cara menanam bunga panca warna


Untuk menanam bunga panca warna ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yaitu membeli bibit di toko bunga atau memakai metode stek, saya akan menjelaskan menanam panca warna menggunakan metode stek. Pertama, anda harus mulai membersihkan mulsa dan tanah dari tanaman panca warna dewasa, kemudian anda pilih indukan bunga yang bagus, daun tidak pucat dan warna masih cerah.


Media tanam yang dibutuhkan adalah pot untuk satu atau beberapa potong tanaman panca warna. Pot digunakan sementara untuk pembentukan akar sebelum anda memindahkan tanaman ke media tanam lain.


Setelah itu, anda campurkan  pasir, vermiculite dan gambut dengan perbandingan (1:1:1), campurkan sampai merata dan masukan sebanyak setengah bagian pot.


Baca juga : cara menanam dan merawat bunga forget me not dengan mudah dan cepat


Anda harus mencari tunas tidak berbunga sebanyak 2 - 3 lembar daun dan pilih stek yang mempunyai panjang 12 - 15 CM, anda bisa memilih stek bunga panca warna pada pagi hari untuk menjaga kesegaran tanaman saat melakukan stek. Setelah itu, anda tinggal menanam bunga panca warna ke pot dan potong bakal stek bunga menggunakan gunting tanaman.


Anda potong 5 CM pada tanaman yang terlihat membengkok yang merupakan tempat tumbuh daun dan tunas. Buang daun - daun yang berlebihan dengan cara memotong di bagian bawah dan sepasang di bagian atas, hal ini penting karena membantu pertumbuhan akar bunga panca warna.


Untuk hormon pengakaran, gunakan hormon cair atau hormon bubuk. Sebenarnya tanpa hormon ini, panca warna bisa tumbuh tapi jika anda ingin bunga tumbuh cepat dan berbunga maka gunakanlah hormkn pengakaran.


Anda tambahkan tanah ke media tanam sampai penuh lalu siram menggunakan metode spray. Penyiraman dilakukan untuk melembabkan tanah saja, jangan berlebihan dan pastikan semua bagian tanah sudah tersiram. Anda tancapkan stek ke dalam pot dan tekan secara perlahan ke bawah sampai cukup dalam sekitar 5 CM.


Saat ini, anda diamkan sampai beberapa hari untuk memberi waktu pada bunga supaya menyelesaikan proses pengakaran. Setelah 2 - 3 minggu, anda tarik beberapa stek secara perlahan.


Pada saat stek bunga berakar maka pindahkan ke media tanam lain untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan panca warna. Anda bisa memindahkan tanaman stek ke pot yang lebih besar atau sesuai keinginan anda yang penting lebih besar dari media tanam pertama.


Anda juga bisa menanam stek panca warna secara langsung di lahan tapi harus melakukan proses pemupukan dan penggemburan tanah sebelum memindahkannya.


Cara merawat bunga panca warna


Untuk perawatannya sangat mudah, anda letakkan bunga panca warna di bawah sinar matahari terutama saat pagi hari karena sinar matahari berperan besar dalam pertumbuhan bunga. Pada saat sore hari, anda pindahkan ke tempat yang lebih teduh.


Siram tanaman dengan sprayer secara rutin, jangan terlalu sering karena media tanam bisa digenangi air kemudian membusuk dan mati. Cukup siram tanaman 2 - 3 kali seminggu untuk membasahi media tanam dan menjaga tanah tetap lembab.


Anda harus memberikan nutrisi pada tanaman dengan melakukan pemupukan sebanyak 2 minggu sekali. Tapi, jangan terlalu banyak memberikan pupuk karena bisa mempengaruhi pertumbuhan panca warna.


Anda juga perlu memangkas tanaman secara rutin supaya tanaman tetap terjaga dan tumbuh dengan sehat. Jika ada serangan hama dan penyakit, anda bisa menggunakan semprotan intektisida secukupnya.


Cara mengubah warna bunga panca warna


Anda ingin merubah warna bunga anda ? Ikuti cara - cara berikut ini pasti anda berhasil. Proses mengubah warna ini membutuhkan waktu beberapa minggu bahkan ada yang sampai beberapa bulan.


Untuk mengubah warna bunga, tanaman panca warna anda harus sudah berumur 2 tahun karena di umur itu tanaman sudah bisa beradaptasi dengan warna aslinya. Perlu diketahui, lebih mudah mengubah warna dari biru ke merah muda daripada merah muda ke biru.


Berikut caranya : anda harus menguji pH tanah untuk mendapatkan bunga warna biru, lalu turunkan kadar pH dengan menambahkan tanah gambut atau sulfur. Sedangkan untuk mendapatkan bunga warna merah muda, anda harus menambahkan kabur di sekitar tanah, hindari pH tanah di atas 7,5 karena bisa memengaruhi pertumbuhan bunga.


Baca juga : edible flower, begini cara menanam dan merawatnya dengan mudah


Pada musim gugur, warna bunga panca warna atau hydrangea akan memudar dengan sendirinya karena hal ini juga termasuk dalam proses penuaan bunga, tapi tahun selanjutnya bunga akan kembali ke warna asli.

Posting Komentar

0 Komentar