Cara Menanam dan Merawat Bunga Forget Me Not Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menanam dan Merawat Bunga Forget Me Not Dengan Mudah dan Cepat


Cara merawat bunga forget me not


Bunga forget me not adalah bunga indah yang memikat seseorang terutama ketika ia berbunga. Pada saat berbunga, forget me not terlihat sangat cantik dan anda tidak akan bosan memandangnya saking cantiknya bunga itu.

Sudah banyak para pecinta tanaman yang menanam dan merawat forget me not ini untuk menghiasi halaman rumah. Untuk cara menanamnya sangat mudah tapi yang sulit adalah perawatannya karena bunga ini mempunyai sifat mudah gugur saat musim hujan dan bertunas saat musim panas.

Menanam bunga ini menggunakan tanah terbaik dan jangan gunakan tanah kering. Sebaiknya, anda mulai menanam bunga saat awal musim panas karena cocok dengan sifat bunga ini.

Cara menanam bunga forget me not


Bunga forget me not memiliki langkah - langkah penanaman yang sama dengan bunga lain yaitu memperbanyak bunga melalui biji. Bunga ini sangat mudah tumbuh melalui biji, anda tambahkan bahan organik yaitu pupuk kandang dan pupuk kompos ke media tanam bunga.

Setelah itu, anda semai benih dalam sebuah wadah > anda taburkan beberapa biji di atas media tanam lalu tutup kembali dengan tanah secara hati - hati. Bunga memerlukan waktu sekitar 7 - 14 hari untuk mulai berkecambah.

Anda biarkan benih bunga tumbuh sampai beberapa helai daun dan anda bisa memindahkan bunga ke area taman atau tempat yang anda sukai, pindahkan dengan hati - hati dan jangan lukai bagian penting dari bunga. Media tanam ditambahkan sekam bakar atau serbuk sabuk kelapa supaya kelembapan bunga tetap terjaga.

Cara merawat bunga forget me not


Bunga forget me not memiliki sifat yang tahan dengan serangan penyakit dan hama sehingga anda tidak perlu khawatir terhadap kesehatan bunga. Walau begitu, anda tetap harus memperhatikan kesehatan bunga dari waktu ke waktu dan jika perlu gunakan pestisida semprot 3 bulan sekali.

Bunga ini bisa menyukai tanah yang bersifat lembab dan bisa bertahan dalam media tanam yang kering. Lakukan penyiraman pada bunga sehari sekali saja atau saat media tanam benar - benar kering. Jangan lakukan penyiraman secara terus menerus karena bisa membuat bunga layu dan mati.

Lakukan pemangkasan pada bunga dan daun yang sudah mati karena sangat membantu dalam pertumbuhan tunas baru pada bunga dan tanaman akan menghasilkan bunga yang lebih banyak dari sebelumnya.

Bunga forget me not ini tidak diberi pupuk pun tetap akan tumbuh sehat. Tapi, untuk membuat bunga lebih subur dan berbunga lebat maka gunakan pupuk NPK slow release atau pupuk kandang yang diberikan ke media tanam.

Kapan waktu bunga forget me not berbunga ? Yaitu pada musim panas dan musim gugur di musim penghujan. Anda bisa menikmati keindahan bunga dalam jangka waktu yang lama, untuk mempertahan masa berbunga tentu harus memberikan perawatan yang rutin dan teratur.

Bunga forget me not akan bertahan selama 4 hari jika digunakan sebagai bunga potong. Waktu itu lebih lama dari bunga mawar dan lily yang hanya bisa bertahan selama 2 hari saja.

Selain untuk mempercantik halaman rumah anda, bunga forget me not juga bisa dijadikan ladang bisnis jika anda bisa mengatur, berpikir dan mengambil keuntungan dari setiap penanaman bunga anda.

Akhir kata


Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog magersena yang membahas suatu permasalahan dan solusi secara lengkap.

Posting Komentar

0 Komentar