√ 8 Cara Cepat Mengatasi Filter Face Instagram yang Hilang Atau Tidak Muncul - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

15 Mei 2020

8 Cara Cepat Mengatasi Filter Face Instagram yang Hilang Atau Tidak Muncul

Filter face instagram hilang


Instagram adalah sosial media yang mempunyai banyak pengguna di seluruh dunia. Terdapat banyak fitur yang tersedia di instagram, sementara yang paling menarik adalah fitur face filter. Fitur face filter bisa digunakan pada kamera belakang dan kamera depan. Fitur ini paling digemari oleh pengguna instagram untuk mengupload foto story atau kebutuhan lainnya.

Tapi, bagaimana jika muncul masalah pada filter face ini seperti filter tidak muncul atau hilang secara tiba -tiba. Disini saya akan menjelaskan cara cepat untuk mengatasi filter face instagram tidak muncul. Berikut caranya.

1. Cari lokasi sinyal yang bagus


Sinyal yang tidak stabil atau jelek membuat filter instagram tidak muncul atau tidak bisa digunakan. Oleh karena itu, anda harus mencari lokasi sinyal yang bagus di daerah anda.

Pada saat membuka aplikasi instagram tapi sinyal tidak stabil maka beranda tidak bisa di refresh, tidak bisa like postingan dan filter instagram tidak mau muncul. Untuk mengatasinya, anda harus berpindah tempat ke tempat yang sinyal internetnya bagus dan kenceng.

Jika anda berada di dalam ruangan maka pergi ke luar ruangan untuk mencari titik sinyal yang bagus dan jika tersedia jaringan Wi-Fi maka gunakan saja.

2. Install ulang aplikasi instagram


Anda bisa menginstall ulang aplikasi instagram untuk mengatasi filter instagram yang tidak muncul walau di tunggu sampai beberapa menit.

Pertama, anda harus uninstall aplikasi instagram dan download kembali melalui playstore. Dengan melakukan ini maka bug pada instagram bisa cepat teratasi dan filter instagram akan muncul kembali.

3. Logout dari instagram dan login lagi


Sinyal sudah stabil dan bagus tapi filter instagram tidak muncul juga, anda bisa logout akun instagram anda dan login kembali untuk mengatasi error - error kecil pada instagram. Cara yang efektif adalah tunggu sampai beberapa menit lalu login kembali ke akun instagram anda dan coba filter instagram.

Cara sepele ini ternyata sangat ampuh untuk mengatasi aplikasi instagram yang terkadang tidak sinkron dengan akun.

4. Update aplikasi instagram


Kebanyakan pengguna smartphone tidak mengaktifkan update otomatis aplikasi di play store. Padahal, fitur update otomatis ini sangat penting untuk memperbarui aplikasi jika muncul versi terbaru dari aplikasi tersebut.

Jika fitur ini tidak diaktifkan maka saat aplikasi yang di install mempunyai pembaruan, aplikasi tidak akan berjalan dengan lancar karena munculnya versi terbaru. Untuk mengatasinya, anda perlu update aplikasi melalui playstore.


Caranya, anda masuk ke playstore > cari aplikasi instagram > pilih update. Sedangkan untuk mengaktifkan update otomatis aplikasi, masuk ke aplikasi playstore > pilih garis tiga di pojok kiri atas > pilih setelan > pilih update aplikasi otomatis > melalui jaringan apapun.

Dengan melakukan update aplikasi maka filter instagram akan muncul dan memperbarui filter instagram dengan yang baru.

5. Restart smartphone


Sudah berapa lama anda tidak restart smartphone. Seiring smartphone terus digunakan selama beberapa jam pasti akan terjadi crash pada beberapa aplikasi yang sering digunakan termasuk aplikasi instagram.

Aplikasi instagram yang crash tentunya menyebabkan error dalam menggunakannya seperti aplikasi keluar sendiri, loading lama dan filter lama muncul. Dengan merestart smartphone maka semua masalah crash pada aplikasi secara otomatis akan teratasi.

Cara restart smartphone, anda tahan tombol power maka akan muncul menu, pilih restart / reboot maka ponsel akan mati dan menyala dengan sendirinya. Setelah di restart, anda bisa mencoba filter instagram yang hilang tersebut.

6. Paksa berhenti instagram


Cara selanjutnya adalah dengan force stop / paksa berhenti aplikasi instagram untuk memulai aplikasi dari awal dan menghindari error.

Caranya, anda masuk ke pengaturan > pilih menu aplikasi > cari aplikasi instagram > pilih force close / paksa berhenti. Setelah itu, anda buka aplikasi instagram dan coba filter instagram. Dengan memaksa berhenti instagram maka sistem membuat instagram berjalan dari awal.

Anda bisa mencoba di aplikasi lain untuk mengatasi aplikasi yang tidak berjalan dengan lancar. 

7. Melaporkan masalah ke instagram


Anda bisa melaporkan masalah filter instagram tidak muncul ini ke pihak instagram jika smartphone anda benar - benar tidak bermasalah. Untuk melaporkan masalah ini, anda perlu bukti untuk meyakinkan pihak instagram. Anda bisa screenshoot pada filter instagram yang tidak muncul sebagai bukti bahwa instagram anda telah error.

Setelah itu, anda masuk ke aplikasi instagram > pilih menu profil > pilih garis tiga di pojok kanan atas > pilih pengaturan > pilih bantuan > pilih laporkan masalah > jelaskan masalah anda secara spesifik seperti perangkat,  masalah fitur, langkah yang sudah diambil dan tambahkan bukti sceenshoot > pilih kirim.

Melaporkan masalah ke instagram


Setelah itu, anda tunggu sampai filter instagram yang hilang bisa diperbaiki oleh pihak instagram. Anda harus bersabar karena perbaikan ini tergantung dari jenis kerusakan, bisa kurang dari satu hari dan sampai sebulan. Anda bisa mengecek perbaikan setiap harinya.


Jika filter instagram sudah muncul maka laporan anda sudah di proses dan anda bisa mengirim laporan masalah lain pada aplikasi instagram yang mengganggu kenyamanan anda.

8. Perangkat tidak memenuhi syarat


Tidak semua aplikasi yang ada bisa dijalankan di semua perangkat. Setiap aplikasi menerapkan beberapa sistem dan hanya bisa dijalankan pada beberapa perangkat saja. Filter instagram yang tidak muncul mungkin karena spesifikasi smartphone anda tidak mendukung filter instagram yang tersedia.

Filter di instagram hanya menerima dan muncul di beberapa perangkat yang mendukung, jika perangkat tidak mendukung maka filter tidak tersedia atau tidak muncul. Untuk mengatasinya, anda bisa membeli ponsel baru yang spesifikasinya lebih tinggi.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena supaya mendapatkan informasi bermanfaat lain.

Get notifications from this blog