√ 5 Cara Mengatasi Kamera HP yang Buram atau Kabur Dengan Mudah dan Cepat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

14 Mei 2020

5 Cara Mengatasi Kamera HP yang Buram atau Kabur Dengan Mudah dan Cepat

Kamera HP buram atau kabur


Pada zaman now ini, foto menjadi kebutuhan sehari - hari baik untuk mengabadikan kenangan bersama teman dan sahabat atau memfoto hal - hal yang sangat penting dalam pekerjaan.

Perkembangan kamera smartphone berkembang pesat dari zaman ke zaman, dari kamera berukuran besar sampai berukuran kecil di zaman ini. Populasi dunia sudah sampai 7 milyar penduduk, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dunia yang sangat banyak, maka produksi ponsel semakin dikebut dan saat ini produksi ponsel sudah mencapai 7,2 milyar.

Begitu pentingnya peran ponsel dan kamera dalam kehidupan sehari - hari. Tapi, bagaimana jika kamera smartphone ini mempunyai masalah seperti buram atau kabur. Tentunya akan mengganggu karena gambar yang ditangkap tidak terlihat jelas.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan 5 cara mudah dan cepat dalam mengatasi kamera HP yang buram atau kabur. Berikut caranya.

1. Memakai selotip


Cara yang satu ini unik karena hanya menggunakan selotip pada kamera anda untuk mengatasi buram.

Pertama, anda ambil solasi / selotip > potong bagian yang bersih dari noda menggunakan kater atau gunting supaya potongan terlihat rapih. Sebelum menempelkan selotip, sebaiknya anda bersihkan kaca kamera terlebih dahulu menggunakan tisu atau kain.

Kemudian tempelkan selotip ke kaca kamera dengan hati - hati dan rapih. Rata - ratakan selotip supaya selotip benar menempel pada kaca kamera. Setelah itu, anda coba foto sebuah objek untuk melihat apakah kamera sudah kembali normal atau belum.

2. Memakai minyak kayu putih


Anda bisa memakai minyak kayu putih dan tisu / kain halus untuk mengatasi kamera HP yang kabur atau buram. Cara ini bisa membersihkan debu - debu halus yang menyelimuti lensa kamera HP yang menjadi penyebab kamera buram.


Caranya, anda siapkan tisu satu lembar atau kain halus > teteskan minyak kayu putih sebanyak 3 - 4 tetes > oleskan ke kamera HP secara halus dan perlahan. Anda bisa diamkan HP selama beberapa saat supaya kamera HP bisa normal kembali.

3. Memakai pasta gigi


Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi juga bisa membersihkan goresan halus pada kaca kamera dan mengatasi kamera HP yang buram.

Caranya, anda siapkan pasta gigi putih > ambil sedikit pasta gigi ke jari anda > oleskan ke kamera HP secara perlahan. Cara ini bisa menghilangkan goresan halus pada permukaan kamera HP. Odol yang digunakan harus berbahan dasar putih, jangan memakai odol gel atau odol selain putih.


4. Mengganti kaca kamera


Cara selanjutnya adalah mengganti kaca kamera HP yang buram dengan kaca kamera HP lain yang masih bagus dan cocok digunakan di HP anda.

Caranya, pertama anda congkel kaca kamera dengan hati - hati dan jangan sampai menusuk kamera. Setelah kaca kamera terbuka, anda bersihkan bekas lem yang masih menempel di sekeliling kamera HP.

Selanjutnya, anda lepaskan juga kaca kamera HP lain yang masih bagus dengan hati - hati. Bersihkan bagian kaca kamera yang masih terdapat bekas - bekas lem atau kotoran menggunakan minyak kayu putih. Cukup oleskan ke bagian kaca kamera lalu bersihkan lagi dengan tisu.

Disarankan saat memasang kaca kamera tidak menggunakan double tape karena daya ketahanannya kurang. Anda bisa gunakan lem LCD T - 7000 yang bisa anda beli di toko sparepart HP karena memiliki daya tahan yang kuat dan tahan lama.

Anda berikan lem di sekeliling kamera, usahakan jangan sampai terkena kamera. Terakhir, anda pasang kaca kamera yang bagus ke HP android. Anda diamkan dan istirahatkan HP selama beberapa menit supaya kaca kamera bisa menempel dengan kuat.

5. Menggunakan hair dryer


Kamera HP yang berembun bisa menyebabkan kamera buram dan kabur. Kamera HP berembun karena terkena cipratan air atau HP terkena hujan. Embun pada HP bisa hilang dengan sendirinya. Tapi pada beberapa smartphone, embun bisa membutuhkan beberapa hari sampai benar - benar hilang. Terkadang embun yang hilang meninggalkan bekas pada kamera smartphone.


Hair dryer digunakan untuk mengeringkan rambut. Tapi, anda juga bisa menggunakan hair dryer untuk membersihkan kamera smartphone anda yang buram. Caranya, anda matikan smartphone dan arahkan hair dryer ke kamera supaya embun pada lensa kamera bisa hilang dan kamera akan normal kembali.

Get notifications from this blog