Inilah 6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Bahan Alami

Inilah 6 Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Bahan Alami


Cara Mengatasi Rambut Bercabang Dengan Bahan Alami


Cara mengatasi rambut bercabang - Rambut adalah icon terpenting pada manusia karena rambut sebagai mahkota yang berperan menentukan ketampanan dan kecantikan seseorang. Tapi tidak semua orang senang dengan rambut yang mereka miliki, terkadang mereka malu untuk bergaul dengan teman - teman karena rambutnya yang sedang bermasalah.


Masalah pada rambut bermacam - macam mulai dari rambut rusak, kusam, patah - patah, bercabang dan lainnya. Tapi, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan cara mengatasi rambut bercabang menggunakan bahan - bahan alami yang mudah didapat.


Sebelum ke tahap cara mengatasinya, seperti biasa kita harus mengenali penyebab dari rambut bercabang ini supaya bisa menemukan titik masalah kenapa rambut anda selalu bercabang dan sulit untuk mengatasinya.



Penyebab rambut bercabang



Kegiatan anda sehari - hari tentunya bisa mempengaruhi kesehatan rambut anda. Berbagai macam hal yang sering anda lakukan sehari - hari dan tidak sadar bahwa hal itu bisa merusak rambut anda. Apa saja itu ? Simak di bawah ini.



1. Terlalu sering terkena sinar matahari



Sinar matahari memang baik untuk tubuh di pagi hari. Tapi jika rambut berlama - lama di bawah sinar matahari maka terjadi kerusakan pada rambut yaitu rambut bercabang dan terjadi penuaan dini pada rambut.



2. Terlalu banyak bahan kimia pada rambut



Jika anda sering memakai bahan yang memiliki bahan kimia pada rambut anda tanpa memberikan asupan nutrisi lebih pada rambut maka rambut akan rapuh dan mengembang.



3. Menyisir saat rambut basah



Jika anda orang yang sering menyisir rambut dalam keadaan basah maka rambut anda sudah dipastikan rusak karena rambut basah sifatnya lemah dan mudah rusak, saat anda menyisirnya rambut akan patah dan jadi bercabang.



4. Terlalu sering keramas



Banyak ahli menganjurkan untuk keramas sebanyak dua hari sekali. Jika anda setiap hari selalu keramas setiap mandi maka kurangilah menjadi dua hari sekali untuk menghindari kerusakan pada rambut. Terlalu sering keramas ternyata bisa menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh rambut sehingga rambut bisa rusak bahkan rontok.


Baca juga : anda sulit gemuk ! Kenali 8 penyebab sulit gemuk dan cara mengatasinya


5. Sering ganti shampo



Shampo memang baik untuk rambut kita karena memberikan vitamin dan nutrisi untuk menjaga rambut tetap sehat dan kuat. Tapi jika anda sering ganti produk shampo maka rambut bisa rusak dan kusam karena rambut terlalu sering menerima bahan kimia yang berbeda - beda dari tiap shampo.



Cara mengatasi rambut bercabang



Tidak perlu mahal - mahal untuk mengatasi masalah rambut sepele seperti rambut bercabang, cukup stay di rumah dan siapkan bahan alami yang sudah saya catat. Tenang saja, bahan -bahan aman bagi rambut anda dan sudah dipraktekkan oleh banyak orang. Apa saja itu ? Simak di bawah ini.



1. Pisang dan pasta gigi



Pertama, anda potong kecil - kecil sebuah pisang dan tumbuk sampai halus menggunakan sendok. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan pasta gigi dan aduk sampai membentuk pasta kental.


Pisang mengandung mineral, karbohidrat dan minyak alami yang bermanfaat untuk mengobati rambut rusak dan bercabang. Selain itu, pisang juga bisa mempertahankan elastisitas rambut dan mencegah kerusakan pada rambut.


Anda bisa oleskan pasta kental ke ujung rambut kemudian ke seluruh batang rambut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan shampo. Lakukan cara ini dengan rutin 2 - 3 kali seminggu dan untuk pencegahan rambut bercabang, lakukan cara ini sebulan sekali.



2. Lidah buaya dan santan



Bahan dan alat yang harus anda siapkan adalah blender, lidah buaya dan 1 bungkus santan. Pertama, masukan setengah bungkus santan ke blender lalu kupas lidah buaya lalu cuci dan masukan bagian dalam (bening) ke dalam blender.


Baca juga : inilah 7 cara mengatasi hidung tersumbat dengan mudah dan cepat

Setelah itu, blender sampai halus kemudian saring dan masukan ke dalam wadah yang mempunyai corong supaya mudah dalam mengaplikasikannya.


Cara mengaplikasikannya, pertama basahi seluruh kulit kepala, basahi batang rambut dan ujung rambut sampai rambut benar - benar basah dengan bahan tersebut. Setelah itu, tutup rambut dengan shower cap atau kantong keresek dan biarkan selama 15 - 30 menit lalu bilas dengan air bersih.


Sebaiknya anda membersihkan rambut dengan shampo sebanyak 2 kali supaya sisa - sisa lidah buaya dan kelapa benar - benar hilang dan rambut tetap wangi dan segar.



3. Pepaya dan yoghurt



Pertama, anda blender buah pepaya supaya menjadi halus, jika tidak punya blender tumbuk dan haluskan menggunakan sendok makan. Lalu tambahkan 2 sendok makan yoghurt original.


Setelah itu, anda cuci rambut atau keramas untuk mengaplikasikan pasta yang sudah dibuat. Aplikasikan bahan yang sudah dibuat ke rambut anda, mulai dari akar rambut sampai ujung batang rambut. Kemudian tutup menggunakan shower cap atau kantong keresek jika tidak punya.


Tunggu sampai 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih, cara ini bisa anda lakukan cukup seminggu sekali saja.



4. Telur



Telur mengandung protein dan asam lemak dan rambut terdiri dari 70% protein karantin. Jadi, protein pada telur mampu memperbaiki rambut yang rusak dan bercabang. 


Cara mengaplikasikannya yaitu dengan mengocok kuning telur > campurkan 2 - 3 sendok makan minyak zaitun > campurkan satu sendok teh madu. Aplikasikan rambut ini pada rambut yang basah dan biarkan selama 30 menit lalu bilas dan jangan lupai pakai conditioner.



5. Alpukat



Alpukat mempunyai kandungan vitamin yang bermanfaat untuk memberi nutrisi pada rambut yang bercabang. Selain itu, kandungan nutrisi pada alpukat bisa menstimulasi pertumbuhan rambut.


Cara menggunakannya adalah dengan menghancurkan alpukat lalu campurkan satu sendok makan minyak zaitun dan minyak kelapa dan aduk - aduk hingga kental. Kemudian aplikasikan pada rambut anda, tapi hindari bagian akar rambut karena bisa memberikan dampak negatif.


Anda diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air bersih dan jangan lupa memakai shampo supaya rambut tetap wangi dan segar. Cara ini bisa anda lakukan seminggu sekali untuk mengatasi rambut bercabang dan rusak.



6. Madu



Madu memiliki kandungan antioksdan yang bermanfaat untuk melindungi rambut dari radikal bebas. Selain rasanya yang manis, madu bisa memperbaiki berbagai macam masalah rambut.


Caranya campurkan 2 sendok makan madu pada 4 cangkir air hangat > bilas rambut dengan campuran tersebut > lalu diamkan selama 5 - 10 menit > bilas sampai bersih.


Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk mebaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar