√ 15 Cara Ampuh Merubah Sifat dan Kepribadian Seseorang Menjadi Pribadi yang Lebih Baik - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

15 Cara Ampuh Merubah Sifat dan Kepribadian Seseorang Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Cara merubah kepribadian seseorang


Anda perlu ketahui bahwa sifat seseorang itu bisa menjelaskan caranya bersosialisasi dan berperilaku dalam kehidupan sehari - hari. Sifat ini bisa dirubah baik dari sendiri maupun orang lain menjadi lebih baik atau bahkan lebih buruk lagi.

Seseorang ingin merubah karakter atau kepribadiannya karena beberapa alasan, seperti merasa trauma dengan perilakunya dan tidak ingin melakukannya lagi, cobaan hidup yang sulit dan ingin berubah ke jalan yang lebih baik.

Arti kepribadian secara singkat merupakan respon dari seseorang dengan sikap darinya terhadap lingkungan. Kebanyakan orang berpikir kalau merubah kepribadian akan membuat hidupnya lebih tenang dan terarah.

Cara merubah sifat seseorang ini bukanlah hal yang mudah karena sifat tersebut menggambarkan dirinya secara keseluruhan dalam aspek kehidupan. Merubah sifat buruk menjadi baik harus dibarengi dengan kesadaran diri dari orang tersebut untuk berubah secara keseluruhan.

Kesadaran diri pada seseorang akan membuat dirinya termotivasi untuk memperbaiki diri karena manfaat sifat baik itu sangat besar bagi orang lain. Misalnya seseorang yang sifatnya pendiam dan tertutup kemudian ia termotivasi dan ingin menjadi lebih baik dengan belajar aktif dan terbuka.

Lalu bagaimana cara merubah sifat seseorang dengan benar supaya bisa termotivasi untuk berubah menjadi lebih baik. Berikut caranya.


1. Kenali watak dan karakter orang tersebut



Anda harus mengenali watak dan karakter seseorang yang ingin anda rubah sifatnya menjadi lebih baik. Tujuannya untuk merancang rencana yang akan dilaksanakan agar orang tersebut berubah dan termotivasi.

Baca juga : mau baca cerpen ! Inilah cerita pendek terbaik yang bikin baper

Misalnya jika orang tersebut mempunyai sifat keras kepala maka anda jangan berusaha merubahnya dengan cara keras, percuma nggak akan ada hasilnya. Anda harus mencoba merubahnya dengan cara lembut dan halus agar orang tersebut menerima pendapat anda.


2. Beritahu kerugian dari sifat buruknya



Coba beritahu teman anda tentang akibat dari sifat buruknya tersebut. Jelaskan bahwa sifatnya itu tidak baik dan membawa kerugian bagi dirinya sendiri. Anda harus mencoba cara ini beberapa kali untuk menyadarkan orang tersebut dari sifat buruknya, karena biasanya seseorang tidak akan merubah sifatnya tanpa merasakan akibatnya terlebih dahulu.


3. Coba untuk memberi masukan positif



Anda harus berusaha memberi masukan atau arahan yang positif yang memberikan motivasi pada orang tersebut untuk berubah menjadi lebih baik. Anda harus sabar dalam memberikan masukan positif karena kebanyakan orang mungkin menolak untuk merubah sifatnya tersebut.


4. Bantu dia untuk berubah ke sifat baik



Untuk mempercepat teman anda merubah sifatnya menjadi lebih baik maka anda harus memberikan dorongan kepadanya untuk menyadarkan dan memberikan motivasi untuk berubah. Cara ini berpengaruh karena efeknya yang ampuh untuk memberikan kesadaran padanya dan memulai untuk berbuat baik.


5. Ajaklah kepada kegiatan positif 



Mulailah untuk mengajak orang tersebut untuk mengikuti kegiatan atau tindakan positif supaya terbiasa dan mulai ada rasa untuk berubah. Mulailah secara perlahan - lahan dan seringlah memberi perhatian kepadanya agar hatinya tersentuh untuk menghargai usaha kita.


6. Berikan masukan positif saat melakukan hal baik



Pada saat ia melakukan hal baik maka berikan dukungan dan masukan positif agar ia terus melanjutkan sifat baiknya tersebut. Hal ini akan membuatnya merasa bangga dan menambah sifat baik dan meninggalkan sifat buruknya.


7. Berikan contoh yang baik untuknya



Cara merubah sifat seseorang, kita juga harus menampilkan contoh atau sikap yang baik di hadapannya supaya dia lebih mengenal sifat baik yang akan dimilikinya.

Misalnya anda ingin merubah teman anda yang cuek menjadi lebih peduli terhadap sesama maka anda harus tunjukkan sikap kepedulian pada dirinya atau orang lain di hadapannya.

Baca juga : cara mudah mengatasi motor yamaha mio yang susah hidup saat mesin dingin

Seiring berjalannya waktu pasti orang tersebut akan tersadar dengan manfaat merubah sifatnya menjadi lebih baik dan meninggalkan sifat buruknya tersebut.


8. Jauhkan dari lingkungan negatif



Jika ia masih bergabung pada lingkungan negatifnya maka anda harus berusaha menjauhkannya dengan berbagai cara supaya ia tidak tergoda dengan lingkungan negatif dan tidak mendapat kerugian dari sifat buruknya tersebut.


9. Berikan kritik saat melakukan hal buruk



Pada saat ia melakukan hal buruk maka berikan kritikan dan tunjukkan penolakan kepadanya bahwa sifat buruknya itu akan membawa hal buruk juga pada dirinya. Hal ini akan menambah kesadaran kepadanya untuk berubah menjadi baik dan meninggalkan sifat buruknya.


10. Ajak bergaul ke lingkungan positif



Lingkungan seseorang bergaul memberi pengaruh kuat pada sifat seseorang. Jika lingkungannya negatif maka seseorang akan terbawa negatif dan jika lingkunganya positif maka seseorang akan terbawa positif. Oleh karena itu, anda harus mengajak teman anda untuk bergaul dengan lingkungan yang positif supaya ia akan terbiasa dengan sifat baiknya.


11. Ajarkan cara mengatur diri sendiri



Seseorang yang mempunyai sifat buruk cenderung lebih sulit merubahnya menjadi baik karena ia tidak bisa mengendalikan dirinya untuk berhenti berbuat buruk. Anda harus mengajarkan padanya bagaimana cara mengendalikan diri sendiri untuk memulai berbuat baik dan meninggalkan hal buruk sedikit demi sedikit.


12. Ajak dia untuk berpikir terbuka



Mulai berpikir terbuka adalah jalan untuk memudahkan seseorang dalam mengubah kepribadian diri sendiri atau orang lain. Tanpa pemikiran terbuka maka akan sulit untuk merubah kepribadian dengan cepat.

Ajak teman anda untuk membantu seseorang yang sedang dalam masalah dan latih pemikiran dengan memberi pendapat dari berbagai sudut pandang supaya mendapat kepribadian yang lebih baik.


13. Hilangkan pikiran negatif



Sama dengan pemikiran tertutup, pikiran negatif akan menghalangi dalam merubah kepribadian anda maupun orang lain. Jika seseorang berpikir negatif maka hasilnya pun negatif dan jika berpikir positif maka hasilnya pun positif juga.

Jika orang yang ingin anda rubah selalu berpikiran negatif maka cobalah untuk menghilangkan pikiran negatif dengan memberikan pikiran positif kepadanya. Misalnya dengan menasehatinya bahwa ia pasti bisa melakukannya.


14. Belajar pengetahuan agama



Cara simple seseorang untuk merubah kepribadian diri sendiri dan orang lain adalah belajar pengetahuan agama. Pengetahuan agama ini bisa menjadi dasar dan pegangan untuk merubah kepribadian diri.

jika anda punya ilmu agama lebih maka anda bisa memberikan ilmu kepada teman anda untuk merubah kepribadian dengan ilmu - ilmu agama. pengetahuan agama akan mengalihakan anda ke kehidupan yang lebih baik da bisa menentukan tujuan hidup.


15. Ajak teman untuk introspeksi diri



Lakukan perenungan dengan orang yang anda maksud untuk berpikir lebih terbuka dan berdiskusi dalam menghadapi masalah hidup. Apakah semuanya sudah sesuai arah dan tujuan yang sudah kita inginkan.

Baca juga : cara mudah membuat baju sendiri di rumah tanpa ribet

Cobalah belajar untuk memperbaiki kesalahan diri sendiri dan orang lain dengan introspeksi diri untuk membantu mengatasi masalah besar.

Perubahan kepribadian atau karakter menjadi hal yang sulit bagi setiap orang tapi anda bisa melakukannya dengan cepat. Terkadang untuk merubah kepribadian, anda harus mengasingkan diri dari lingkungan anda yang sekarang untuk menemukan kepribadian baru di lingkungan lain yang lebih positif.

Dengan berpindah ke lingkungan baru dan dibantu dengan masalah atau konflik masa lalu maka terciptalah kepribadian anda yang lebih positif dari yang dulu.

Get notifications from this blog