Cara Mudah Mengatasi Mata Belekan Dengan Obat dan Bahan Alami

Cara Mudah Mengatasi Mata Belekan Dengan Obat dan Bahan Alami


Cara mengatasi belekan dengan bahan alami


Magersena.blogspot.com - Mata belekan yang selalu kita lihat pada saat bangun tidur adalah hal yang normal karena mata belekan tersebut adalah pertanda adanya infeksi. Infeksi ini akan terjadi jika dibarengi dengan gejala lain seperti penglihatan kabur, fotofobia, gatal, perih dan mata merah.

Kesehatan mata yang baik  tergantung dari kualitas komponen penting yaitu air mata. Air mata ini terdiri dari lendir encer dari konjungtiva, air dan meibum. Zat meibum mengeluakan zat berminyak yang bermanfaat untuk menjaga mata agar tetap lembab dan membilas kotoran masuk setiap kedipan.

Lapisan tipis ini berfungsi untuk membuang kotoran dan sisa rheum sebelum lendir mengeras di dalam mata. Anda juga pernah menyentuh bagian pojok mata untuk mengeluarkan kotoran yang menyangkut di mata.

Obat mata belekan bisa digunakan untuk mengatasi penyakit yang menyebabkan mata anda belekan dan mengatasi masalah saat mata belekan, seperti keluar cairan dari mata, gatal, perih dan mata merah. Pemilihan obat mata belekan perlu disesuaikan terhadap penyebabnya.


Penyebab mata belekan


Belek merupakan kumpulan minyak dan cairan seperti lendir pada kedua mata. Belek ini muncul saat kita tidur dan kita menghilangkannya saat bangun, jumlah belek ini normalnya sedikit.

Tapi, belek tersebut akan muncul terus menerus saat mata terkena penyakit tertentu seperti infeksi maka belekan akan berwarna kuning, putih atau hijau. Berikut ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan mata anda terkena belekan, diantaranya :


1. Blepharitis


Blepharitis merupakan peradangan kelopak mata yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan. Selain itu, blepharitis juga bisa menyebabkan penumpukan belek sehingga kelopak mata menjadi lengket dan penglihatan buram. Peradangan ini terjadi disebabkan oleh produksi minyak dari kelenjar meibomian di bagian dalam kelopak mata.


2. Konjungtivitis


Konjungtivitis ini terjadi pada bagian konjungtiva berupa peradangan. Konjungtiva adalah selaput transparan yang terdapat pada sklera (bagian putih mata) dan kelopak mata bagian dalam.

Baca juga : inilah cara mengatasi gondongan dengan bahan alami yang ampuh

Penderita penyakit konjungtivitis ini mengeluhkan belekan pada mata yang selalu disertai mata yang gatal, berwarna merah dan rasa mengganjal yang tidak nyaman. Hal ini bisa disebabkan oleh infeksi kuman atau paparan alergen.


3. Sering menggunakan obat tetes mata


Beberapa obat tertentu tidak boleh digunakan secara terus menerus karena bisa memperparah penyakit belekan. Pada umumnya, obat tetes mata bermanfaat untuk mengatasi mata merah dan juga belekan. Jika anda ingin menggunakan obat tetes mata secara terus menerus maka pilih yang mengandung air mata buatan saja.


4. Keratitis


Keratitis merupakan peradangan  kornea mata yang biasanya disebabkan trauma atau infeksi pada mata. Hal ini disebabkan oleh penggunaan lensa kontak yang sudah terkena kotoran, penempatan yang salah dan lensa kontak yang terkena goresan sesuatu. Penderita penyakit keratitis sering mengeluhkan mata yang perih, merah, terasa silau dan penglihatan yang sering terganggu.


5. Sering menggaruk - garuk mata


Jika anda sering menggaruk atau menyentuh mata yang sedang belekan maka hal itu bisa memperparah penyakit belekan itu sendiri. Penyebab mata belekan yaitu terdapat infeksi pada bagian mata, jika anda sering menyentuh mata maka kuman akan berpindah ke mata lainnya. Selain itu, menyentuh dan menggosok mata yang sedang belekan pun bisa memperparah infeksi mata tersebut.

Cara membersihkan mata dari belek dengan benar adalah menggunakan air panas dan kain. Celupkan kain ke air panas lalu tempelkan pada bagian mata yang belekan sambil digosok dengan lembut. Jangan lupa untuk mencuci kain yang digunakan supaya infeksi tidak menyebar.


6. Alergi


Mata belekan bisa disebabkan oleh alergi, untuk mengetahuinya  anda perlu melakukan tes alergi. Tapi biasanya alergi ini disebabkan oleh debu dan zat - zat tertentu. Contohnya anda mempunyai alergi terhadap debu maka saat terkena debu, hidung akan mengeluarkan lendir, membuat mata gatal dan mengeluarkan belek terus menerus.


7. Mata kering


Keluhan yang bisa menjadi pertanda kondisi mata kering ini adalah munculnya belekan seperti selaput lendir pada sisi mata dibarengi dengan mata gatal, berwarna merah dan terasa sakit.

Kondisi ini akan terjadi saat produksi air mata menurun. Beberapa faktor yang bisa memicu mata kering seperti berlama - lama di ruangan ber - AC, pemakaian lensa kontak yang keliru dan proses penuaan.


8. Infeksi sinus


Gangguan infeksi sinus ini dapat menyebabkan kedua mata anda belekan. Ciri infeksi sinus yaitu warna belekan yang berwarna kuning dan lengket, kedua mata akan merah dan membengkak.


Cara mengatasi mata belekan dengan obat


Obat sakit mata untuk mengatasi  mata belekan ini akan disesuaikan dengan penyebab yang dialaminya. Berikut ada beberapa obat yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi masalah belekan :


1. Cyclosporine


Obat ini termasuk obat keras yang harus dikonsumsi dengan resep dari dokter. Jadi, anda tidak bisa membeli obat cyclosporine secara bebas.

Baca juga : hanya 30 menit !!! Inilah cara mengatasi muka merah dengan cepat

Pada umumnya, obat cyclosporine merupakan obat untuk mengobati mata kering yang berfungsi memperbanyak jumlah air mata yang dihasilkan kedua mata. Jumlah air mata yang banyak akan mengurangi keluhan mata kering, termasuk belekan.


2. Chloramphenicol


Chloramphenicol tersedia dalam bentuk salep mata atau obat tetes, untuk penggunaannya harus di bawah pengawasan dokter supaya proses perawatan berjalan dengan baik. Chloramphenicol termasuk golongan obat antibiotik yang sering digunakan untuk mengobati mata belekan yang disebabkan oleh keratitis akibat infeksi bakteri atau konjungtivitis.


3. Asam fusidat


Asam fusidat juga termasuk golongan obat antibiotik yang biasanya diresepkan untuk mengatasi mata belekan yang disebabkan konjungtivitis dan keratitis akibat infeksi. Anda harus berkonsultasi ke dokter mata untuk cara pengonsumsian yang benar dan mendapatkan dosisnya. Obat ini aman dikonsumsi untuk ibu hamil, ibu menyusui, orang tua dan anak - anak.


Cara mengatasi mata belekan dengan bahan alami


Ada beberapa bahan - bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi mata belekan. Selain itu, bahan alami ini juga bisa mengobati mata merah, iritasi, mata lelah dan lainnya.


1. Air mawar


Cara mengobati mata belekan juga bisa dilakukan dengan air mawar. Jika anda menanamnya maka bisa dimanfaatkan sebagai obat ampuh untuk menyembuhkan sakit mata dan belekan. Cara ini sangat mudah jika bunga mawar masih tersedia di pekarangan rumah anda.

Cara menggunakan air mawar, masukan bunga mawar ke dalam air. Kemudian bersihkan mata anda dengan air mawar tersebut, cara ini bisa anda lakukan sebanyak 3 kali sehari saat waktu luang.


2. Madu


Hasil lebah ini mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Termasuk mengatasi mata lelah karena iritasi dan belekan serta menghilangkan belekan dengan cepat. Cara menggunakan madu murni ini adalah mengoleskan madu murni pada area sekitar kelopak mata. Setelah itu, diamkan beberapa menit sampai  madu kering lalu bilas dengan air bersih.


3. Susu murni


Susu murni ternyata bermanfaat untuk mengatasi belekan yang disebabkan oleh iritasi dan alergi. Susu murni yang menyehatkan untuk badan ini bisa anda teteskan ke satu buah kapas, lalu kompreskan kapas ke mata yang terkena belekan.

Cara ini juga bisa mengurangi gejala sakit mata. Anda tunggu beberapa menit saat mengompres kapas ke mata. Jika mata sudah mulai normal maka hentikan pemakaiannya.


4. Daun sirih


Daun sirih mengandung sifat antikuman sekaligus berfungsi sebagai pereda lelah alami untuk mata merah yang disebabkan infeksi. Mengobati mata belekan dengan daun sirih akan mengurangi jumlah bakteri pada mata dan mengurangi belekan pada ujung mata.

Cara menggunakan daun sirih adalah menyediakan beberapa lembar daun sirih kemudian cuci bersih dan rebus daun sirih. Air rebusan daun sirih tersebut bisa disaring dengan kain kasa untuk menjernihkan air.

Air rebusan daun sirih yang jernih bisa anda gunakan untuk membasuh area mata. Anda bisa meneteskannya pada mata sebanyak 1 tetes saja, cara ini lebih perih dan mereda setelah beberapa menit.


5. Kentang


Kentang selain diolah untuk masakan, ternyata mempunyai manfaat untuk mengobati mata belekan dengan ampuh. Cara menggunakannya sediakan kentang berukuran sedang 1 buah saja. Setelah itu cuci dan kupas kentangnya dan blender sampai menjadi halus.

Anda bisa menggunakan kentang yang dihaluskan tadi untuk mengompres mata anda yang belekan. Mengompres mata dengan kentang ini bisa mengatasi infeksi mata dan sakit di area mata.

Anda perlu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami mata belekan untuk mendapatkan obat mata yang cocok sekaligus mengatahui penyebab dari mata belekan tersebut. Dokter akan memberitahu cara menggunakannya dan dosis yang harus dikonsumsi.

Selain bantuan obat - obatan, anda juga harus merawat mata dengan benar untuk mencegah terjadinya belekan pada mata. Cara merawatnya adalah menyingkirkan belek yang menumpuk di mata menggunakan kain bersih lalu mengompres mata dengan kompres dingin atau hangat.

Baca juga : 6 cara membuat lesung pipi dengan teknik paling mudah

Mengompres mata dengan air hangat atau dingin bermanfaat untuk mengencerkan belek dan mengurangi bengkak pada mata. Mengompres mata adalah cara umum untuk mengatasi semua jenis masalah belekan, tapi cara ini hanya menghilangkan gejala saja tidak termasuk penyebabnya.

Posting Komentar

0 Komentar