10 Hal Yang Akan Terjadi Jika Oksigen Menghilang Dari Bumi

10 Hal Yang Akan Terjadi Jika Oksigen Menghilang Dari Bumi

Bumi tanpa oksigen


Bumi adalah tempat tinggal jutaan makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan dan tumbuhan. Sumber daya mineral di bumi dan berbagai macam produk biosfer berperan terhadap penyediaan sumber daya untuk mendukung populasi manusia global.

Bumi sudah disediakan oksigen dari sang pencipta untuk hidup di dalamnya. Tidak tau bagaimana jadinya jika bumi tidak memiliki oksigen atau oksigen menghilang mendadak dari bumi.

Berikut adalah berbagai hal yang akan terjadi jika oksigen tiba - tiba menghilang dari bumi.

1. Semua manusia akan mati

Sudah jelas bahwa paru - paru manusia membutuhkan oksigen untuk bernafas. Jika oksigen tiba - tiba menghilang maka seluruh manusia yang ada di bumi akan bernafas kencang dan berbunyi.

Hal ini disebabkan sel dan organ tubuh tidak dapat berfungsi tanpa adanya oksigen. Tidak berlangsung seluruh manusia di bumi pasti akan mati.

2. Sel hidup akan mati

Pada tubuh manusia dewasa dan makhluk hidup lain terdapat sel hidup sekitar 65% berupa air ( H2O ).

Jika oksigen tidak ada maka air tersebut aka berubah menjadi gas hidrogen dan membuat sel tubuh lain mati kemudia meledak.

3. Bangunan beton akan runtuh

Bangunan beton membutuhkan kandungan oksigen untuk membuat beton menjadi keras dan kokoh.

Baca juga : 4 hal yang akan terjadi jika bumi tidak ada air sama sekali

Tapi jika oksigen menghilang dari bumi maka semua bangunan atau material beton akan runtuh secara serentak.

4. Bagian dalam telinga akan meledak

Jika kalian pernah terjun di ketinggian yang tinggi maka kalian pasti merasakan telinga seperti mampet. Hal itu disebabkan karena tekanan ruang di dalam telinga.

Jika oksigen menghilang dari bumi maka telinga kita akan mendengarkan hal yang aneh dan terasa seperti mau meledak.

5. Kulit manusia akan terbakar

Bumi memiliki lapisan ozon yang berfungsi melindungi sinar UltraViolet ( UV ) yang berbahaya untuk kulit manusia. Ternyata, sebagian besar lapisan ozon terdiri dari oksigen.

Jika oksigen menghilang dari bumi maka lapisan ozon akan menghilang dan sinar UV akan menembus dan membakar kulit manusia.

6. Semua air di dunia akan menguap

Air merupakan sumber kehidupan di bumi sekitar 76% permukaan bumi terdiri dari air. Air merupakan bagian dari Hidrogen dan Oksigen.

Jika oksigen menghilang dari bumi maka air hanya memiliki Hidrogen dan menyebabkan air menguap dan melayang - layang di udara.

Setelah itu, bumi akan menjadi gurun padang pasir yang sangat tandus. Sugguh mengerikan bukan.

7. Langit berubah menjadi gelap

Pada pagi hari langit tampak cerah berwarna biru tapi jika oksigen menghilang dari bumi, langit akan berubah menjadi gelap.

Karena cahaya matahari yang menyinari bumi adalah cahaya yang dihasilkan dari proses refleksi yang terjadi ketika cahaya dipantulkan di udara.

Baca juga : Inilah penyebab langit bisa berwarna biru

Jadi, jika oksigen menghilang dari bumi maka tidak ada proses refleksi di udara dan langit akan berubah menjadi gelap.

8. Kerak bumi akan hancur

Kerak bumi merupakan inti dari seluruh bagian bumi dan kerak bumi separuhnya di isi oleh oksigen.

Jika oksigen menghilang dari bumi selama 10 detik saja maka kerak bumi akan hancur dan seluruh yang ada di atas kerak bumi akan tertimbun ke bagian bawah bumi.

9. Mesin kendaraan berhenti bekerja

Mesin pada kendaraan membutuhkan oksigen untuk bekerja. Tapi jika oksigen menghilang dari bumi maka kendaraan yang ada di seluruh dunia mendadak berhenti.

10. Logam mentah bergabung jadi satu

Selama bertahun - tahun bahan logam yang ada di bumi saling berpisah satu sama lain karena terdapat lapisan oksigen yang menghalaginya.

Tapi jika oksigen menghilang dari bumi maka semua logam yang ada di bumi melebur dan menyatu tanpa berubah menjadi bentuk cair terlebih dahulu.

Demikian penjelasan saya tentang hal yang akan terjadi jika oksigen menghilang dari bumi. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan di kolom komentar artikel ini.

Posting Komentar

0 Komentar