10 Cara menjadi Orang Humoris yang selalu Menghibur Orang Lain

10 Cara menjadi Orang Humoris yang selalu Menghibur Orang Lain


cara menjadi orang yang humoris


Beberapa orang tentu ingin menjadi sosok yang menyenangkan, humoris. Dengan sifat humoris yang dimiliki, anda akan mudah dalam bergaul dengan siapa saja.

Menurut ilmu kesehatan, tertawa memikiki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Tertawa yang muncul secara alami dapat menjadi obat herbal untuk kesehatan mental dan psikologis manusia.

Penelitian psikolog membuktikan bahwa tertawa sebanyak 100× sama dengan bersepeda selama 15 menit. Manfaat tertawa yang lain yaitu bisa meredakan stres, emosi, menghilangkan pikiran negatif dan lain-lain.

Seseorang yang mempunyai rasa humor yang alami akan berguna ketika mereka dalam situasi sosial masyarakat. Menurut penelitian bahwa humor dapat mengurangi kecemasan sosial dalam diri, meringankan ketegangan jiwa dan memiliki efek emosional. Penelitian lain menyatakan bahwa orang yang lucu akan terlihat lebih sukses. Tapi seharusnya sikap humoris harus tampil secara alami dengan gaya yang spontan dan karakteristik. Humor yang terasa canggung akan berdampak negatif pada situasi sosial.

Berikut ini adalah berbagai langkah yang harus dilakukan untuk menjadi orang yang humoris dan selalu menghibur orang-orang sekitar.

1. Temukan selera humor anda


Mulailah berlatih bersikap santai terhadap orang lain. Sikap yang terlalu tegang akan menghalangi munculnya selera humor dalam diri anda. Bawa diri anda dalam cara yang humoritis dan terbuka maka orang pun akan siap tertawa dengan humor yang anda lantunkan. Jika perlu, anda bisa contoh orang lain untuk memecah keheningan dalam situasi sosial.

2. Pandangan hidup yang nyaman


Setiap orang memiliki pandangan tentang hidup mereka, dan pandangan tersebut dianggap hal lucu. Orang yang memiliki selera humor biasanya mencari humor dalan diri sendiri dalam pandangan mereka. Jika anda terlihat gugup dan tegang, maka akan sulit menemukan humor pada diri sendiri.

Cobalah untuk terbuka dengan orang lain dengan menceritakan kisah lucu tentang diri sendiri. Tapi jangan mencela diri, humor yang sampah justru akan membuat situasi sosial terasa tidak nyaman. Pilihlah lelucon yang berselera yang bisa membuat suasana menjadi seru.

3. Selalu terlihat ceria


Perlihatkan keceriaan dalam diri anda, jika orang lain melihat anda ceria maka orang pun akan merasa senang juga. Jika anda melontarkan humor dengan ceria maka orang akan tertawa puas dengan humor anda.

Kebanyakan orang-orang yang humoris itu terlihat ceria setiap harinya sehingga menimbukan aura positif pada orang lain.

4. Jangan takut


Cara untuk menjadi seorang yang humoris adalah percaya diri. Jangan takut anda akan ditertawakan, dipermalukan arau harga diri anda jatuh. Karena rasa takut akan menghambat proses diri anda untuk menjadi orang yang humoris.

5. Manfaatkan diri anda


Cara menjadi orang yang humoris tidak harus berpenampilan menarik. Jika diri anda punya kekurangan fisik, jangan hiraukan.

Cobalah untuk melihat sisi positifnya. Contoh: tubuh pendek, hidung demek, kurus, hitam, anda bisa memanfaatkannya untuk membentuk karakter yang humoris.



6. Temui teman yang memiliki selera humor


Kalian pasti punya seorang teman yang bisa menghibur orang lain. Apa yang membuat orang lain tertawa terhadap humor tersebut.

Coba perhatikan "comedy time" yang dibuat. Apakah dari nada bicara, isi humor, gerakan badan, atau hal-hal lain. Setelah anda cari tahu kemudian anda riset, disitu anda bisa menemukan metode humor anda sendiri.

Berkumpulah dengan orang-orang yang sudah ahli dalam hal humor, minta mereka dengarkan kisah atau lelucon yang sudah anda persiapkan.

7. Mulai mencari sisi humor


Apa bedanya selera humor dengan sisi humor? , tentu beda, selera humor adalah sikap anda untuk menjadi seorang yang humoris sedangkan sisi humor adalah materi humor yang harus disiapkan untuk membuat orang lain tertawa.

Carilah materi komedi dari kehidupan sehari-hari, misalnya: masa kanak-kanak, hubungan asmara lama, kejadian sial tapi lucu, atau hal lain yang bisa membuat orang lain tertawa.

Mulai perhatikan dan kumpulkan 5 hal lucu dalam kehidupan. Dengan teknik ini maka selera humor anda akan disukai pada situasi sosial masyarakat.

Temukan inspirasi sisi humor anda, bisa humor tentang musik, olahraga, peristiwa, berita hangat, liburan dan lain-lain yang bisa menghibur orang lain di situasi sosial.

8. Rancang beberapa karya comedy


Setiap orang punya cara yang berbeda dalam menikmati humor yang disajikan. Ada yang menyukai tindakan konyol, komentar saskastis, tiruan mimik dan lain-lain.

Pilihlah cara humor anda sendiri maka anda akan menciptakan rasa nyaman dalam diri anda terhadap orang lain.

Komedi anekdot merujuk pada kisah lucu yang ditambah-tambah atau mungkin dikurangi. Humor yang garing ditampilkan tanpa ekspresi dan hambar, tapi materi komedi cukup lucu.

Komedi hiperbolis adalah cerita lucu yang dilebih-lebihkan. Komedi ironis adalah cerita lucu yang ceritanya berbeda dari yang sebenarnya.

9. Tonton acara komedi


Untuk mengenal lebih jauh tentang selera humor, anda bisa menonton beberapa acara komedi. Contoh acara komedi yang terkenal adalah Stand Up Comedy Indonesia. Anda bisa menonton beberapa komika di YouTube. Dari melihat komika, perhatikan gerak tubuh, raut muka yang bisa membuat gelak tawa penonton.

10. Mulailah berlatih


Buat orang tertawa karena cerita anda, minimal sehari sekali. Selera humor yang baik tidak datang langsung dengan mudah, dibutuhkan latihan bertahun-tahun lamanya untuk menciptakan selera humor milik sendiri. 

Mulailah dengan hal yang kecil, maka selera humor dan kemampuan sisi humor akan berkembang sesuai dengan usaha anda.

Jika humor anda tidak terlalu dipahami oleh orang lain, manfaatkan ekspresinya, gaya, konten, dan comedy timing.

Coba pikir apa yang membuat anda tertawa hari ini. Jadikan kejadian tersebut sebuah materi comedy, lalu persiapkan materi untuk disajikan pada orang lain yang siap tertawa. Lakukan gerakan humor seperti: di film, di televisi, komik dan lain-lain.

Posting Komentar

0 Komentar