Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia Supaya Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Dahlia Supaya Cepat Berbunga



Bunga Dahlia adalah bunga yang umum untuk ditanam. Karena cara menanam yang mudah dan cara merawat yang tidak terlalu sulit. Bunga Dahlia mempunyai warna bunga menarik dan indah untuk menghiasi halaman rumah anda.

Bunga dahlia kaktus memiliki warna putih dan selalu di perjualbelikan. Bunga Dahlia kaktus merupakan jenis Bunga yang sering dipakai untuk bunga dukacita di rumah. Jenis Bunga Dahlia lain banyak digunakan untuk menghiasi pekarangan rumah.

Bunga Dahlia merupakan jenis tanaman perdu berumbi yang bersifat tahunan, berbunga di musim panas sampai musim gugur. Bunga Dahlia merupakan Bunga yang berasal dari meksiko. Bunga ini juga dinobatkan sebagai Bunga nasional disana.

Ubi Dahlia mengandung 70% pati dalam bentuk inulin murni. Inulin ini banyak digunakan di bidang kedoteran sebagai bahan pengobatan. Jika inulin di fermentasi oleh enzim tertentu maka akan berubah menjadi fruktosa. Fruktosa adalah suatu gula yang banyak digunakan untuk pengawetan makanan atau pembuatan sirup.

Bunga Dahlia merupakan Bunga yang disukai banyak orang karena mudah dalam penyesuaian lingkungan sekitar. Jika anda ingin menanam Bunga Dahlia di pekarangan rumah anda. Ikuti saja langkah langkah di bawah ini.

Cara menanam Bunga Dahlia

Kalian harus mengetahui apa saja hal yang harus kalian lakukan pertama kali saat menanam Bunga Dahlia. Aspek yang paling penting dalam hal menanam ialah cahaya Matahari dan sistem pengairan air yang lancar.

Untuk masalah bibit, bibit Bunga Dahlia mudah untuk didapatkan. Anda bisa menemukan bibit Bunga Dahlia di toko bunga terdekat di daerah kalian.

Baca juga : cara menanam dan merawat bunga amarilis

Siapkan media tanam untuk memudahkan proses penanaman. Jika anda ingin menanamnya di lahan langsung maka anda harus membersihkan lahan terlebih dahulu. Jika anda tidak punya lahan untuk menanam Bunga, anda bisa menikmati keindahan Bunga yang ditanam di pot.

Pastikan bunga Dahlia yang anda tanam harus mendapatkan sinar matahari dan mendapatkan pasokan air yang pas untuk mempercepat pertumbuhan. Bahan yang harus anda siapkan adalah :

-  Tanah humus
- Pupuk kandang
- Tempat menanam (pot atau polibag)

Untuk pergantian media tanam sebaiknya anda menggunakan polibag terlebih dahulu. Setelah bibit Bunga Dahlia tumbuh, anda bisa memindahkan ke pot bunga. Anda harus mengisi polibag dengan campuran tana humus, pupuk kompos dan pasir halus sebagai media tanam Bunga Dahlia.

Sesuaikan komposisi media tanam denga besar kecil bibit Bunga Dahlia. Pastikan jangan terlalu padat dan tidak terlalu longgar supaya sirkulasi air bisa mengalir dengan normal.

NOTE : persiapkan media tanam 7 hari sebelum menanam Bunga Dahlia.

Bunga Dahlia yang tumbuh sebelumnya bisa mendapatkan bibit manual dari biji. Untuk bagian batang dan umbi nanti bisa berkembang menjadi bibit baru Bunga Dahlia.

Tapi jika anda enggan menanam Bunga Dahlia secara manual, maka anda bisa membeli bibit Bunga Dahlia di toko bunga terdekat di kota anda. Dengan membeli bibit, anda bisa memilih jenis Bunga Dahlia yang anda sukai untuk ditanam di halaman rumah anda.

Pada saat Bunga Dahlia sudah tumbuh dan tinggi pindahkan pada wadah yang lebih besar. Gunakan pupuk kimia untuk menstabilkan pertumbuhan Bunga Dahlia. Pisahkan bibit dari polibag dengan hati-hati, longgarkan media tanam supaya akar bunga tidak rusak.

Potong Bunga Dahlia supaya nutrisi tidak fokus pada perkembangan daun dan akhirnya akan muncul bunga - bunga baru. Gunakan stimulasi pertumbuhan Bunga menggunakan pupuk baik pupuk kimia atau pupuk kompos.

NOTE : anda bisa silangkan Bunga Dahlia yang anda tanam dengan bunga lain sehingga menghasilkan perpaduan bunga yang indah.

Cara merawat Bunga Dahlia

Selama persemaian tanaman harap disiram 1× sehari dan jangan diberi pupuk karena makanan di media tanam pun sudah cukup untuk Bunga.

Penyiangan gulma dilakukan dengan hati - hati karena bisa merusak bibit yang masih mudah rusak. Tanaman di dalam polibag di siram 1 atau 2 hari sekali di waktu pagi atau sore kecuali bila cuaca hujan.

Gulma akan sulit tumbuh bila di siangi dengan di cabut atau di ambil dengan cangkul kecil untuk mencegah hama. Bunga Dahlia di semprot dengan pestisida antracol 2 minggu sekali pada saat pergantian musim kemarau atau hujan.

Pupuk daun gandasil dan satu gram NPK diberikan seminggu sekali. Penyulaman dan penjarangan dilakukan untuk pertumbuhan Bunga yang seragam, hal ini bisa dilakukan saat Bunga berusia 3 Minggu.

Bibit tidak tumbuh sempurna kalau pengairan telat dilakukan. Penjarangan Bunga wajib dilakukan agar diameter Bunga mencapai maksimal.

Banyak baca, banyak tahu : cara menanam dan merawat bunga kenikir

Pada Dahlia kaktus putih cuma satu bunga yang dibiarkan hidup pada satu tangkai. Sedangkan di jenis Dahlia semi - kaktus terdapat 5 atau 6 Bunga.

Penyiangan dilakukan sesuai dengan pertumbuhan gulma pada waktu pemupukan perbumbunan. Pencegahan pertumbuhan gulma dilakukan dengan menghamparkan mulsa organik pada tanaman.

Pada saat Bunga mencapai 1 M, Bunga dibumbun dan disangga dengan 2 bambu agar tidak roboh. Pemupukan dilakukan setiap 10 hari menggunakan urea, SP - 36 dan KCI masing - masing sebanyak 2 Gram atau NPK sebanyak 5 Gram.

Pemberian 10 hari setelah pindah tanam. Pupuk diberikan dalam larikan sejauh 15 CM dari pangkal batang lalu tutup pupuk dengan tanah. Pengairan dan penyiraman dilakukan sesuai pertumbuhan Bunga.

Di awal pertumbuhan, di sekitar pangkal batang sampai titik terluar tajuk jangan mengering. Bila perlu siramlah tanaman 2 - 3 kali sehari atau tergantung cuaca.

Setelah itu penyiraman bisa dilakukan 5× sehari. Penyiraman perlu dilakukan setelah pemberian pupuk pada Bunga Dahlia.

Posting Komentar

0 Komentar