Jangan buru-buru, Inilah Waktu yang Tepat untuk Membeli iPhone Baru

Waktu untuk membeli iPhone



Beberapa orang berencana untuk membeli smartphone baru supaya semua kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik. Smartphone yang paling diminati di Indonesia adalah iPhone karena punya keunggulan yang tidak dimiliki smartphone lain.

Harga iPhone tentu jauh lebih mahal dibandingkan yang lainnya, Anda harus bijak mengelola keuangan dan jangan terburu-buru untuk membeli iPhone baru apalagi sampai berhutang.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu Anda waktu yang tepat untuk membeli iPhone baru supaya Anda tidak sampai merasa rugi.

1. Saat iPhone sudah tidak dapat update iOS lagi


Setiap unit iPhone punya batas waktu update iOS, meskipun Anda merawatnya dengan baik dan tidak pernah mengalami kerusakan tapi tetap secara software akan ketinggalan dan kebutuhan Anda menjadi tidak terpenuhi lagi.

Biasanya, setelah 5 tahun sebuah iPhone dirilis maka unit tersebut tidak akan mendapatkan update software lagi. Hal ini menjadi tanda bahwa sudah waktunya Anda harus membeli iPhone baru supaya bisa mendapatkan fitur baru yang memenuhi semua kebutuhan.

Jika Anda tetap memakai iPhone lama maka Anda tidak akan mendapatkan fitur baru dan sistem keamanan yang lebih kuat sehingga cukup berbahaya jika Anda sering memakai iPhone untuk transaksi dan bisnis.

Selain sistem, berbagai aplikasi juga mengikuti perkembangan iOS dan menghilangkan dukungan untuk iOS lama supaya aplikasi tetap bertahan dan terus dipakai banyak orang.

2. Saat baterai iPhone bermasalah


Waktu yang tepat untuk membeli iPhone baru adalah saat baterai iPhone Anda mulai bermasalah, hal ini tentu harus segera diatasi karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baterai bermasalah bukan berarti daya cepat habis, tapi masalah yang lebih mengganggu seperti iPhone mati sendiri saat dipakai untuk hal-hal berat. Jika hal tersebut terjadi, Anda harus segera membeli iPhone baru.

Pihak Apple sendiri menyatakan kalau battery health di bawah 80% itu sudah saatnya untuk mengganti baterai baru, tapi hal itu tidak perlu dilakukan karena battery health 70-80% masih bisa bertahan untuk kebutuhan harian yang ringan.

Anda harus segera membeli iPhone baru jika battery health sudah mencapai 40-50% atau di bawahnya karena di titik ini iPhone sudah muncul masalah yang mengganggu seperti force close saat bermain game, persentase baterai yang tidak teratur dan yang lainnya.

3. Saat Kebutuhan Utama Berubah


iPhone biasanya rilis dengan beragam fitur baru yang membuat banyak orang berpikir untuk membelinya padahal dari segi kebutuhan tetap sama dan iPhone yang lama sudah lebih dari cukup.

Hal ini berbeda jika kebutuhan utama Anda berubah, misalnya Anda selalu memakai iPhone untuk komunikasi saja tapi sekarang Anda ingin belajar mengedit video untuk sosial media maka Anda harus upgrade ke iPhone terbaru.


Dengan membeli iPhone terbaru, Anda akan mendapatkan spesifikasi yang lebih baik dari kamera, performa, kapasitas penyimpanan, kualitas layar dan lainnya sehingga membuat kebutuhan edit video menjadi terpenuhi.

4. Beberapa Bulan Setelah Perilisan Resmi


Saat awal-awal perilisan iPhone baru, tingkat kepopuleran dan permintaan masih tinggi sehingga membuat harganya jauh lebih mahal karena unit yang tersedia masih sedikit.

Tapi, setelah 5-6 bulan setelah rilis biasanya harga sudah mulai turun dan stok tersedia sangat banyak dan inilah waktunya untuk Anda membeli iPhone baru dengan lancar tanpa kendala.

5. Saat Ada Perubahan Besar di iPhone Terbaru


Jika dilihat siklus perilisan iPhone, Apple dalam beberapa tahun sekali melakukan perubahan besar di iPhone terbaru dan tahun-tahun berikutnya hanya melakukan perubahan kecil.

Misalnya dari iPhone 8 ke iPhone 10 terjadi perubahan dari bentuk tombol ke full screen, iPhone 13 Pro ke iPhone 14 series terjadi perubahan sektor kamera dengan sensor besar 48 MP.

Saat terjadi perubahan besar seperti itu, Anda harus segera membeli iPhone baru supaya mendapatkan spesifikasi yang lebih mumpuni dan bisa memenuhi segala kebutuhan harian.

6. Saat Budget Sudah Tersedia


Hal ini tergantung dari setiap orang, berapa tahun sekali biasanya Anda harus mengganti iPhone, mungkin 4 tahun sekali atau 5 tahun sekali.

Mulailah menabung setiap bulan dan ketika budget sudah siap untuk membeli iPhone idaman maka jual iPhone lama dan langsung beli iPhone baru.

Hal ini dilakukan supaya kebutuhan baru di masa depan bisa langsung terpenuhi sehingga Anda selalu mengikuti perkembangan zaman.