Jangan lakukan ! Inilah Berbagai Mitos Kuno yang Dipercaya Mendatangkan Kejadian Buruk

Mitos Kuno yang Dipercaya Mendatangkan Kejadian Buruk


Mitos indonesia yang dikenal banyak orang

Indonesia mempunyai banyak budaya, suku, bahasa dan adat istiadat yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang sampai kepada kita yang merupakan cucu - cucunya.


Bukan hanya itu, para leluhur kita juga mewariskan mitos - mitos yang membuat kita merinding dan tidak ingin melakukannya, jika melakukan maka akan mendapatkan kejadian yang buruk.


Meskipun zaman sudah modern dan teknologi semakin maju, ada beberapa orang di Indonesia yang masih percaya dengan mitos kuno ini. Saya akan menjelaskan beberapa mitos kuno yang jika dilanggar akan mendapatkan kejadian yang tidak menyenangkan.


1. Menyanyikan lagu tembang durma


Lagu tembang durma adalah bait lagu jawa yang mempunyai unsur magis di dalamnya. Banyak mitos beredar tentang larangan menyanyikan lagu ini, bait tembang durma disukai makhluk halus dan parahnya lagi, sekali anda menyanyikan tembang durma maka tidak mudah terlepas dari gangguan makhluk halus.


2. Membawa telur di hutan saat malam hari


Untuk anda yang tinggal di kalimantan, sudah tidak asing lagi dengan mitos ini kan. Membawa telur di hutan saat malam hari bisa mendatangkan makhluk halus yang suka sekali dengan telur.


Beberapa tahun lalu, ada sebuah cerita tentang dua orang pemuda rantauan yang baru saja pulang dari pasar. Ceritanya, dua orang pemuda tersebut ingin pulang ke rumahnya sesudah belanja di pasar, saat itu akses jalan di kalimantan sedikit susah.


Letak pasar untuk belanja sangat jauh dan harus melewati hutan untuk sampai di sana. Pemuda ini membeli berbagai macam kebutuhan termasuk beberapa butir telur ayam kampung.


Sebenarnya, kedua pemuda itu sudah tahu tentang mitos membawa telur di hutan, tapi mereka tetap membawa telurnya saat malam hari dengan alasan lokasi pasar yang sangat jauh dan tidak ingin bolak balik pasar hanya untuk membeli telur.


Saat menelusuri hutan, kejadian mistis pun terjadi. Kedua pemuda tersebut di ganggu oleh makhluk putih yang berdiri di atas pepohonan sehingga motor yang mereka pakai terjatuh dan rusak.


Mereka melihat makhluk putih itu membuka barang belanjaan dan memakan telur - telur yang sudah mereka beli. Ih serem banget ya guys.


3. Memberikan perasan air jeruk ke orang yang sudah meninggal


Anda jangan memberikan perasan air jeruk ke orang yang meninggal karena ada sebuah mitos yang menyatakan bahwa memberikan perasan air jeruk akan membuat arwah si mayit tidak tenang dan malam hari terdengar suara teriakan, jeritan atau penampakan.


Percaya atau tidak itu terserah anda. Tapi, kita harus menghormati orang - orang yang sudah meninggal dan lagipula apa untungnya memberikan air jeruk ke orang yang meninggal.


4. Melangkahi bambu merunduk


Mitos ini masih dipercaya orang jawa, orang yang melangkahi bambu yang merunduk katanya akan menghilang di bawa makhluk halus. Orang yang sudah menghilang karena melangkahi bambu merunduk tidak akan kembali lagi sampai kapan pun. Jadi, jangan coba - coba melangkahi bambu sembarangan di sekitar anda ya.


5. Jika foto bertiga maka yang tengah akan mati


Anda pasti suka mengabadikan momen menyenangkan dengan berfoto dengan teman - teman. Tapi, ada mitos yang menyebutkan bahwa saat berfoto bertiga maka yang tengah akan mati atau muncul makhluk halu sebagai orang ke empat dalam foto.


Baca juga : fakta sebenarnya kehidupan bajak laut, berbeda dengan di film - film


Mungkin ada beberapa orang yang masih percaya mitos ini, apa kalian pernah foto bertiga bersama teman. Awal mula mitos ini berasal dari Vietnam, orang vietnam percaya bahwa saat berfoto bertiga maka orang yang tengah akan mati dan menurut orang jawa, angka 3 adalah angka sial karena menyamai jumlah dewa dan akan mendapatkan kutukan.


6. Ibu hamil tidak boleh makan pisang dempet


Mitos jawa yang lainnya adalah larangan ibu hamil mengonsumsi pisang dempet. Hal ini katanya bisa menyebabkan si anak kembar siam atau cacat lainnya. Tidak hanya untuk ibu hamil, para suami juga tidak boleh mengonsumsi pisang dempet saat istrinya sedang hamil.


7. Membuang air panas ke saluran pembuangan


Anda pasti pernah membuang air bekas mie instan ke lubang di kamar mandi. Nah, ada mitos yang menyatakan bahwa hal itu tidak boleh dilakukan apalagi saat mendekati waktu maghrib. Banyak orang percaya bahwa saluran pembuangan adalah sarang para Jin.


Saat anda membuang air panas tersebut maka akan mengenai jin dan bisa membuat ia marah dan membalas kepada anda sendiri atau keluarga. Tidak ada penjelasan khusus tentang larangan membuang air panas sembarangan, tapi anda tetap harus mengikuti karena jika membuang air panas sembarangan bisa mengenai hewan - hewan kecil yang ada.


8. Menyisir rambut saat tengah malam


Mitos orang jawa yang bikin merinding adalah larangan menyisir rambut saat tengah malam. Katanya, menyisir rambut di malam hari sambil bercermin antara jam 00:00 - 02:00 maka akan ada arwah gadis berambut panjang di belakang orang yang menyisir.


Gue jadi ngeri ajg

Serem juga ya, lagian ngapain menyisir rambut tengah malam mending langsung tidur. Anda mungkin bisa mencobanya di kamar untuk memastikan apakah mitos ini benar atau tidak.


9. Membawa bantal keluar rumah


Anda mungkin pernah di marahi orang tua karena membawa bantal keluar kamar atau rumah. Ada mitos bahwa orang yang membawa bantal keluar rumah maka akan di ikuti makhluk menyeramkan.


Tapi, mitos ini tercipta supaya anak - anak tidak hanya tidur - tiduran di mana saja. Orang tua jaman dulu sengaja membuat hal ini karena melihat kebiasaan anak yang suka berbaring di kamar dan saat terdengar suara heboh maka si anak akan keluar rumah sambil membawa bantal.


Para orang tua pun kesal dengan kebiasaan anaknya dan dibuatlah pantangan bahwa orang yang membawa bantal atau guling ke luar rumah akan mendapat ancaman berupa di ganggu oleh hantu yang menyeramkan.


10. Memakai payung di dalam rumah


Awas bagi anda yang suka bermain payung di dalam rumah karena menurut kepercayaan orang jawa, memakai payung di dalam rumah akan mendatangkan cobaan yang berat. Ada juga yang bilang, memakai payung di dalam rumah akan disambar petir atau orang tuanya akan meninggal karena payung sering digunakan sebagai alat untuk mengiringi orang meninggal ke kuburan.


11. Membakar peralatan mandi


Untuk wanita yang hamil mungkin pernah mendengar mitos tentang membakar peralatan mandi. Orang tua jaman dulu percaya bahwa membakar peralatan mandi seperti sabun, sikat gigi dan lain - lain akan menyebabkan kulit si bayi ruam dan terbakar.


Mungkin saja mitos ini dibuat untuk menghindari api, anda tahu bahwa api itu berbahaya dan bisa membakar apa saja yang ada di sekitarnya. Orang tua jaman dulu takut anak perempuan yang sedang hamil dekat dengan api dan khawatir jika terjadi sesuatu yang membahayakan.


12. Memberi kado baju ke pasangan


Anda yang punya pacar pasti pernah memberikan hadiah pada pasangan saat momen - momen tertentu. Ada mitos yang menyatakan bahwa dengan memberi kado berupa baju ke pasangan maka hubungannya akan hancur.


Baca juga : konspirasi seram tragedi kapal titanic yang membuat anda kaget


Ada yang menjelaskan bahwa memberi kado baju ke pasangan bisa menentukan nasib percintaan ke depannya. Baju saat di cuci biasanya akan luntur dan semakin sering di cuci maka warnanya semakin pudar dan menghilang. Dengan adanya mitos ini membuat beberapa orang enggan memberi kado pada pasangan berupa baju.


Ada lagi yang bilang bahwa memberi baju berwarna hitam ke pasangan itu tidak boleh karena si pemberi baju akan menghadiri pemakaman si penerima kado. Widih serem juga ya, tapi mitos ini tidak berlaku untuk jomblo ya.


13. Membeli benda tajam di malam hari


Orang - orang jawa melarang  untuk membeli benda -benda tajam seperti jarum, silet dan lainnya saat malam hari karena benda tajam merupakan benda yang sering digunakan dalam praktek ilmu hitam yaitu santet.


Jadi, orang - orang dilarang membeli benda tajam di malam hari karena takut benda tersebut menjadi perantara santet untuk membunuh seseorang. Saat anda pergi ke jawa dan membeli benda tajam di malam hari maka tidak akan di layani demi keselamatan seseorang.

Posting Komentar

0 Komentar