√ Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Cempaka yang Indah dan Wangi - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 09 Mei 2020

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Cempaka yang Indah dan Wangi

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Cempaka yang Indah dan Wangi


Bunga cempaka


Cara menanam dan merawat bunga cempaka - Bunga cempaka berasal dari india, terkenal dengan kecantikan dan keindahannya serta harum bunga yang menyejukkan hati menjadikan para pecinta tanaman ingin menanam bunga ini di pekarangan rumahnya.

Bunga cempaka sering ditanam di pekarangan, kebun dan depan rumah. Tanaman hias yang berasal dari india ini sangat mudah ditanam. Cempaka bisa tumbuh sampai ketinggian 15 - 30 Meter dan tumbuh dengan baik di wilayah tropis dan sub tropis.

Seiring berjalannya waktu, bunga cempaka sudah tersebar luas di negara tropis termasuk Indonesia. Selain keindahannya, cempaka juga memiliki banyak manfaat yang bisa diambil dari komponen tanaman.

Cara menanam bunga cempaka


Untuk menanam bunga cempaka bisa dilakukan di area lahan sekitar rumah, polybag dan wadah pot. Jika anda memilih area lahan maka pastikan bunga yang ditanam mendapatkan cahaya matahari supaya bisa tumbuh subur dan berbunga.

Klasifikasi bunga cempaka

Spesies : M. Champaca
Kingdom : Plantae
Genus : Magnolia
Famili : Magnoliaceae
Ordo : Magnoliales
(-) : Angiospermae
(-) : Magnoliids

Di bawah ini adalah langkah mudah menanam bunga cempaka supaya tumbuh subur dan berbunga.

Pertama - tama, anda siapkan benih bunga cempaka dari stek atau cangkokan. Kemudian siapkan wadah tanam berupa pot atau polybag dan buatlah lubang kecil di bagian bawah wadah untuk memberikan udara pada bibit bunga.

Siapkan media tanam dari campuran pupuk kompos, pasir dan tanah dengan perbandingan (1:1:1). Lalu masukan media tanam ke dalam wadah dan sisakan beberapa senti di bagian bawah wadah, anda buat lubang yang sesuai dengan ukuran bibit bunga.

Masukan bibit bunga ke wadah lalu tutup kembali dengan tanah dan dipadatkan dengan perlahan supaya tidak merusak bibit bunga. Anda bisa menambahkan kayu penyangga supaya bibit cangkokan tetap tegak, kemudian anda sirami bunga cempaka setiap hari secara rutin dan teratur. 

Untuk cara menanam cempaka di area lahan adalah memastikan lahan yang akan ditanam bunga dalam keadaan bersih, rapih dan terhindar dari limbah. Anda harus melakukan pemupukan dan penggemburan untuk membuat tanah mengandung nutrisi sehingga tanaman bisa tumbuh dengan baik.


Setelah itu, buatlah lubang tanam bunga dengan ukuran (50:50:50) lalu masukan bibit bunga cempaka ke dalam lubang tanam dengan hati - hati. Terakhir, anda tutup lubang tanam dengan tanah yang sama, buat gundukan tanah untuk mencegah penyusutan tanah saat hujan.

Cara merawat bunga cempaka


Untuk membuat bunga cempaka tumbuh subur dan berbunga, anda harus merawatnya dengan baik dan benar supaya menghasilkan bunga yang mempunyai aroma yang sangat harum.

Cahaya matahari


Setiap tanaman pasti membutuhkan cahaya matahari untuk memenuhi proses fotosintesis tanaman. Bunga cempaka sangat membutuhkan cahaya matahari dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Penyiangan dan pemangkasan


Anda lakukan penyiangan saat melakukan pemberian pupuk pada tanaman cempaka. Sedangkan untuk pemangkasan, anda lakukan  setiap tahun dengan bantuan semprotan pestisida dan memberi obat supaya hama dan penyakit tidak menjangkit tanaman dengan mudah.

Anda harus menempatkan bunga cempaka di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Tempatkan pada waktu yang relevan yaitu antara pagi hari dan sore hari.

Penyiraman bunga


Anda harus menyiram bunga cempaka secara rutin dan teratur saat musim kemarau tiba. Saat pohon sudah mencapai umur 1 tahun, anda bisa menyiram cempaka secukupnya saja.

Pemberian pupuk


Tanaman hias membutuhkan nutrisi untuk membuat bagian pohon tetap segar dan sehat. Bunga cempaka mempunyai batang yang keras dan membutuhkan nutrisi dalam jumlah besar.


Anda bisa memberikan pupuk sebanyak 1 - 2 bulan sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi cempaka. Anda juga bisa mengganti 2 / 3 media tanam lama dengan media tanam yang baru supaya kesehatan bunga bisa terjaga.

Manfaat bunga cempaka


Bunga cempaka memiliki beberapa manfaat terutama di bidang kesehatan dan kecantikan. Bunga cempaka sering dimanfaatkan untuk obat tradisional sebagai obat batu ginjal, bau mulut dan sesak nafas. Selain itu, kayu pohon cempaka juga bermanfaat untuk menurunkan demam anak.

Pada bagian bunga, banyak orang memanfaatkannya sebagai produk perawatan rambut dan parfum karena aromanya yang wangi dan kandungan nutrisi yang sempurna. Banyak sekali industri - industri yang memproduksi produk kecantikan berbahan dasar cempaka.

Mengenal bunga cempaka


Bunga cempaka adalah bunga cantik yang memiliki aroma wangi yang khas dan sering dijadikan sebagai sumber wewangian. Bunga ini cocok sebagai tanaman hias yang mempercantik lingkungan rumah karena mempunyai warna yang berbeda - beda.

Bunga cempaka mempunyai berbagai macam manfaat, bunga ini banyak digunakan di bidang seni, kesehatan dan kecantikan. Bunga ini sering tumbuh di tempat - tempat suci sehingga banyak yang menyebutnya sebagai bunga mistis. 

Di Indonesia hanya 4 jenis bunga cempaka yang bisa ditemui dan lebih dari 40 jenis bunga cempaka yang tersebar di seluruh dunia. Walalupun hanya 4 jenis, kecantikan bunganya jangan diremehkan. Berikut akan saya jelaskan keempat jenis bunga cempaka tersebut.

1. Bunga cempaka kuning


Bunga jenis ini adalah yang paling tercium harumnya. Cempaka kuning di masyarakat aceh disebut  bunga wangi. Anda bisa mencium harum bunga tanpa mendekatkan bunga ke hidung anda.

Ciri - ciri bunga cempaka kuning adalah daunnya berwarna hijau, bagian ujung daun runcing dan bentuk daun bulat telur. Anda bisa mencangkok cempaka kuning jika ingin dijadikan tanaman hias. Tinggi cempaka kuning bisa mencapai ketinggian maksimal 25 Meter.

2. Bunga Cempaka putih


Bunga cempaka putih sering disebut bunga kantil oleh masyarakat indonesia. Bunga ini akan berwarna hijau saat masih kuncup dan akan berwarna putih saat mekar. Ciri - ciri bunga cempaka putih adalah memiliki ranting berwarna abu - abu yang disertai bulu - bulu halus di sekitarnya dan daun tunggal berwarna hijau cerah.

Bunga cempaka putih sudah menjadi ciri khas masyarakat jawa.  Bunga ini sering digunakan untuk acara adat seperti penghias keranda jenazah, bunga tabur dsn menghias ronce pada pengantin. Hal ini sesuai dari julukannya sebagai tanaman mistis.

3. Bunga Cempaka ungu


Bunga cempaka ungu memiliki wangi yang tidak kalah dengan cempaka lainnya. Cempaka jenis ini mempunyai banyak bunga di setiap rantingnya, jika anda tinggal di dataran tinggi maka cempaka ungu cocok ditanam di daerah anda.


Bunga cempaka ungu mekar pada awal musim, pohon dari bunga ini memiliki sedikit daun sehingga orang - orang ingin menanam bunga cempaka yang unik ini. Sayangnya, tanaman ini sudah langka dan jarang ditemui di Indonesia, hanya sedikit orang yang membudidayakannya.

4. Bunga Cempaka merah


Bunga cempaka merah ini jarang ditemukan tapi sering diburu para koleksi tanaman karena bentuknya yang indah, cantik dan harganya yang mahal. Harga bunga cempaka merah sekitar 1 - 3 juta rupiah dan harga satu pohon bunga cempaka merah sekitar 10 - 15 juta rupiah.

Harganya yang mahal tentunya tidak mudah untuk membudidayakan cempaka jenis ini. Banyak orang gagal dalam merawat bunga cempaka merah sehingga keberadaannya semakin langka di Indonesia. Keunikan dari cempaka merah adalah waktu mekar yang sangat singkat. Bunga ini akan mekar selama 2 jam, setelah itu ia akan layu seperti bunga cempaka lain.

Get notifications from this blog