√ Inilah 10 Hal yang Bisa Kita Kendalikan Dalam Hidup - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

12 Mei 2020

Inilah 10 Hal yang Bisa Kita Kendalikan Dalam Hidup

Inilah 10 Hal yang Bisa Kita Kendalikan Dalam Hidup


Hal yang bisa dikendalikan dalam hidup

Beberapa hal dalam hidup memang sudah ditakdirkan tuhan kepada kita. Kita tidak bisa memilih lahir di negara mana, ibu bapak nya siapa, lahir dari keluarga kaya atau kekurangan, warna kulitnya apa dan bentuk fisik kita.

Semua itu sudah diluar kendali kita dan tugas kita adalah menerima dan memanfaatkan kelebihan dan kekurangan yang tuhan berikan dalam hidup. Tapi, dalam hidup kita bisa bebas menentukan pilihan untuk menikmati hidup yang tuhan berikan.

Ada beberapa hal yang bisa anda kendalikan dalam hidup untuk merubah kehidupan anda menjadi lebih baik.

1. Ekspetasi tentang hidup

Setiap orang lahir dengan kondisi yang berbeda - beda, ada yang terlahir dari keluarga kaya, ada yang terlahir dari keluarga kekurangan, ada yang terlahir dengan paras cantik, ada yang terlahir dengan paras pas - pasan. Hal itu adalah mutlak pemberian tuhan yang tidak bisa di rubah.

Hal yang bisa anda kendalikan dalam hidup adalah ekspetasi anda tentang kehidupan yang kehidupan yang diberikan tuhan. Jika anda terlahir dari keluarga pas - pasan maka jangan berekspetasi bahwa hidup akan semulus itu jika mempunyai banyak harta.

Terimalah segala hal yang tidak bisa di rubah dalam hidup dan mulailah berpikir untuk mengendalikan hal yang bisa di rubah dalam hidup. Jika anda terlahir dengan paras biasa maka jangan bersedih, anda bisa unggul di bidang yang lain.

Anda harus berusaha lebih berprestasi lagi dalam hidup, mulai belajar untuk mendapatkan ilmu supaya bisa lebih cerdas dari orang lain maka keberuntungan akan menghampiri anda. Jadi, jangan pikirkan hal yang tidak bisa di rubah dalam hidup dan fokus pada hal yang bisa anda rubah dalam hidup.

2. Perlakuan terhadap orang lain

Sejengkel atau semarah apapun anda terhadap orang lain, tetap anda bebas memilih antara memaki orang tersebut atau memaafkan orang tersebut. Memang berat untuk menentukan, tapi hak untuk memilih masih tersedia.

Anda bisa menjadi orang yang selalu respect atau cuek, membenci atau menyayangi, menyapa atau diam, balas dendam atau memaafkan. Jadi, selalu ada sikap dan pilihan terhadap orang lain.

3. Perjuangan dalam hidup

Setiap orang yang terlahir ke dunia tentu mempunyai impian dan cita - cita yang ingin mereka capai dalam hidup. Semua orang berusaha demi apa yang mereka impikan, seberapa besar usaha yang dilakukan anda yang menentukannya.

Anda bisa memilih menjadi orang yang bekerja keras sekuat tenaga atau menjadi orang  loyo yang kerjaannya cuma bermalas - malasan di kasur. Jangan mengira orang yang sudah sukses tidak punya keinginan untuk menyerah, semua orang mempunyai rintangan, hambatan dan cobaan dalam mengejar impian mereka.

Orang sukses selalu berpikir untuk berjuang walaupun harus kehilangan hal yang penting dalam hidup sementara orang gagal selalu berpikir pendek, sering putus asa dan gampang nyerah.

4. Bebas menjadi apapun

Anda bebas memilih ingin menjadi manusia seperti apa dalam hidup, prinsip apa yang ingin di pegang, nilai dan norma apa yang ingin anda ikuti. Anda bisa menjadi manusia yang menikmati kebebasan tanpa terikst dengan aturan dan norma apapun.

Baca juga : cara ampuh mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan dengan membuat rencana efektif

Bebas memilih peran apa yang ingin dimainkan, apakah menjadi manusia protagonis atau manusia antagonis. Bebas memilih menjadi seorang pejuang atau menjadi seorang rusher.

5. Waktu untuk menyerah

Anda bisa mengendalikan waktu untuk berhenti memperjuangkan mimpi anda. Hal ini sama sekali tidak berkaitan dengan besarnya perjuangan dalam menggapai mimpi tersebut.

Ada beberapa orang yang baru saja berjuang mengejar impian tapi sudah berhenti karena masalah sepele. Sedangkan hanya sedikit orang yang berjuang selama bertahun - tahun dan tidak menyerah walaupun kegagalan telah menghampirinya berkali - kali.

Jadi, keputusan untuk menyerah ada di tangan anda sendiri. Memutuskan untuk berjuang lebih keras lagi atau menyerah dan kembali ke realita kehidupan yang menyedihkan. Anda bisa menentukannya kapan saja dan dimana saja.

6. Makanan

Anda bebas memilih makanan yang ingin anda masukan ke dalam perut. Mengonsumsi Makanan bergizi atau makanan yang sekedar membuat perut kenyang.

Selain makanan, anda juga bebas memilih minuman apa yang ingin anda minum. Anda bisa memilih minuman bersoda, minuman gula dan minuman beralkohol sebanyak yang anda mau jika anda tidak sayang kepada tubuh anda.

Sebelum melakukan hal itu, sebaiknya tanyakan pada diri anda apakah makanan yang dikonsumsi ini baik atau buruk bagi tubuh anda.

7. Waktu dan fokus

Seperti yang anda tahu, waktu terus berjalan dengan sendirinya tanpa bisa dihentikan oleh siapapun kecuali sang pencipta. Semua orang mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam, waktu tidak bisa menunggu dan terus berjalan mengikuti hukum alam.

Kesuksesan seseorang tergantung dari seberapa pintarnya dalam mengatur waktu dan kefokusan. Setiap orang mempunyai peluang untuk meraih kesuksesan masing - masing. Tapi, kenapa ada orang yang sukses dan orang yang gagal padahal mereka mempunyai waktu yang sama.

Memang setiap orang mempunyai waktu yang sama, tapi kebanyakan orang tidak bisa mengatur waktu yang mereka miliki dan akhirnya menjadi orang yang gagal. Kita bisa melakukan banyak hal untuk mengisi waktu yang diberikan, anda bisa bermalas - malasan di kasur sambil scroll sosial media dan di saat yang sama anda bisa membaca buku dan berpikir keras untuk menciptakan hal baru.

8. Teman

Banyak orang yang sering kita temui dalam kehidupan sehari - hari, mulai dari tetangga, teman sekolah, teman kuliah, teman sepermainan dan teman lainnya. Dari sekian banyak orang yang kita kenal, anda bebas memilih siapa teman dan sahabat yang di inginkan.

Anda bebas memilih partner dalam hidup untuk mempengaruhi dan di pengaruhi, ada yang bilang lebih baik tidak punya teman daripada punya teman tapi membuat kehidupan terpukul.

Baca juga : 6 tips ampuh lancar berbicara di depan umum atau public speaking

Dengan kata lain, anda harus selektif dalam memilih teman. Ada yang bilang, kita adalah rata - rata dari 5 orang terdekat. Jika anda berteman dengan seorang gamers pasti anda akan terpengaruh dengan permainan game mereka, jika anda berteman dengan orang yang berkata kasar pasti anda cepat lambat akan terpengaruh.

Jangan berteman dengan orang yang memenjarakan potensi kita. Jika hal itu terjadi maka tidak salah untuk menjauh dari lingkungan lama dan mencoba mencari lingkungan baru yang lebih mengasah potensi anda.

9. Prioritas

Tidak ada orang di dunia ini yang benar - benar sibuk sampai tidak memiliki waktu luang untuk hal yang lebih penting. Semua itu bergantung pada kemampuan kita dalam mengatur waktu (prioritas), anda bisa memprioritaskan waktu untuk orang yang berpengaruh dalam kehidupan. Anda bisa memprioritaskan waktu untuk tuhan, keluarga, istri, sahabat dan lain - lain.

10. Pendidikan

Anda bisa berhenti belajar atau terus belajar. Pendidikan bukan berarti pendidikan formal saja seperti SD, SMP dan SMA. Arti pendidikan sebenarnya adalah sebuah nilai tambah dalam kehidupan anda.

Di era internet ini, anda bisa memilih bidang apa saja untuk dipelajari dan dikuasai sepenuhnya. Anda bisa memilih materi yang berbayar atau gratis. Belajar bebas dengan mengakses youtube atau membuka pdf secara gratis. Ketika anda lulus dari sekolah atau kuliah, jangan berpikir bahwa pendidikan anda sudah cukup.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena supaya mendapatkan informasi bermanfaat tentang kehidupan.

Get notifications from this blog