4 Cara Mudah Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca di HP

Cara Memperbaiki SD Card yang Tidak Terbaca di HP


Kartu memori


Hallo sobat magersena, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara memperbaiki kartu memori (kartu SD) yang tidak terbaca di smartphone.

Pada saat penyimpanan smartphone anda penuh pasti anda akan menggunakan SD card sebagai penyimpanan kedua file - file penting. Tapi, SD card ini suatu saat susah terdeteksi oleh smartphone padahal fisiknya masih bagus.

Banyak faktor yang menyebabkan kartu memori atau kartu SD rusak sehingga smartphone yang anda gunakan tidak bisa membaca dan mendeteksinya. Pada saat anda memeriksa SD card melalui penyimpanan file maka SD card terlihat kosong dan tidak ada file apapun.

Pada situasi seperti ini, anda tidak perlu panik karena saya akan membagikan cara ampuh memperbaiki kartu memori yang tidak terbaca di smartphone.

1. Cek kondisi SD card


Pertama, anda keluarkan kartu memori dari smartphone anda dan cek kondisi fisik dari kartu memori tersebut. Jika anda menemukan kerusakan berupa lecet atau retak pada SD card maka kemungkinan tidak akan bisa di perbaiki lagi.

Tapi, jika kondisi fisik kartu SD masih mulus dan bersih maka kemungkinan bisa diperbaiki dan bisa terdeteksi di smartphone lagi.

2. Membersihkan kuningan SD card


Langkah pertama, anda bisa membersihkan bagian kuningan. Semakin lama anda membiarkan kartu memori tidak dipakai atau dibiarkan di suatu tempat maka biasanya terdapat kotoran atau debu yang menempel pada kuningan tersebut dan menyebabkan kartu memori tidak terdeteksi oleh smartphone.

Anda bisa membersihkan kuningan SD card dengan penghapus. Anda gosok dengan perlahan pada kuningan dengan penghapus sampai merasa sudah bersih dari kotoran. Setelah itu, anda pasangkan kartu memori di HP yang berbeda dan pastikan HP tersebut bisa membaca SD card dengan baik.

Anda periksa pada aplikasi file manager untuk memastikan apakah SD card bisa terdeteksi atau tidak. Jika SD card ternyata terdeteksi berarti masalah sudah teratasi dan pindahkan SD card ke HP yang pertama.

Jika dengan penghapus dirasa kurang efektif, anda bisa memakai tinner atau minyak kayu putih. Pertama, anda siapkan tinner (jika tidak punya gunakan kayu putih) lalu gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian kuningan kartu memori.

Setelah itu, anda hamplas kuningan memori dengan perlahan dan hati - hati supaya kuningan tidak rusak. Tujuannya untuk membuat luka pada kuningan ini, pada saat kuningan terhubung dengan konektor mesin smartphone yang mendeteksi kartu memori maka kartu akan terdeteksi dengan mudah.


Cara ini bisa anda lakukan pada kartu memori yang sudah lama tidak terpakai. Biasanya membutuhkan sedikit goresan supaya kartu terdeteksi dengan cepat di smartphone. Jika anda sudah melakukan cara ini dan tidak berhasil. Jangan khawatir, saya punya cara yang kedua.

3. Mengecek kerusakan SD card melalui PC


Kasus rusaknya micro SD sangat beragam, ada kalanya anda mengalami kondisi kartu SD yang tidak terbaca di smartphone tapi terbaca di PC. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mengecek kerusakan pada kartu melalui PC. Bagaimana caranya.

Anda hubungkan kartu SD ke PC menggunakan card reader USB, masuk ke "My Computer" untuk melihat apakah kartu SD sudah terdeteksi atau belum.

Setelah itu, anda klik kanan drive kartu memori > pilih properties > pilih tools > pilih checking maka proses pengecekan akan berlangsung. Jika sudah selesai, anda eject kartu memori dan masukan kembali ke smartphone dan lihat apakah sudah bisa terdeteksi dengan baik atau belum.

4. Format SD card melalui PC


Biasanya kartu memori yang tidak terdeteksi di smartphone kemungkinan besar kartu memori bisa terdeteksi di PC atau komputer. Nah, anda tinggal memindahkan file - file penting pada kartu memori karena kita akan mereset kartu untuk mengembalikannya seperti semula. Bagaimana caranya.

Pertama, anda harus membutuhkan sebuah card reader USB untuk mendeteksi kartu SD di PC anda, kemudian anda sambungkan card reader ke PC. Setelah SD card terdeteksi oleh PC, anda masuk ke "My Computer" maka akan terlihat penyimpanan baru bernama removable disk.

Anda buka dan lihat file di SD card tersebut. Ini kesempatan anda untuk mengambil kembali file - file penting di SD card yang error tersebut. Setelah itu, anda copy semua file yang anda anggap penting ke komputer.

Selanjutnya, anda tinggal menghapus semua file - file yang tidak penting pada kartu memori. Cara memformat kartu memori, anda klik kanan pada penyimpanan removable disk > pilih pilihan format > pilih start untuk memulai format SD card.

Setelah proses format selesai, anda pindahkan file - file penting tadi ke SD card lagi dan pasang SD card di smartphone anda. Cara ini sudah dilakukan banyak orang dan terbukti berhasil.


Bagaimana sangat mudah kan cara memperbaiki kartu SD anda. Selamat mencoba ! Jangan lupa untuk membaca tips lainnya di blog ini supaya menambah wawasan dan ilmu anda tentang kehidupan.

Posting Komentar

0 Komentar