Inilah 9 Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Inilah 9 Cara Mudah Menambah Tinggi Badan Secara Alami


Cara menambah tinggi badan secara alami


Cara menambah tinggi badan secara alami - Tinggi badan menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang. Tubuh yang tinggi menjadi idaman semua orang karena bisa meningkatkan rasa percaya diri dan terlihat lebih keren.

Tinggi badan menjadi syarat wajib ketika melamar pekerjaan seperti mendaftar di institusi kepolisian dan militer atau profesi seperti pramugari, model dan lainnya. Tapi, masih banyak orang yang kebingungan dalam menambah tinggi badan, apa hal pertama yang harus dilakukan dan berapa lama untuj melakukannya.

Untuk anda yang masih dalam masa pertumbuhan (pubertas), anda bisa mencoba cara ini untuk menambah tinggi badan anda secara maksimal.

Sebelum masuk ke pembahasan, anda harus mengenali faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan anda supaya tidak salah paham dalam hal tinggi badan.

Faktor yang mempengaruhi tinggi badan

1. Genetik / keturunan


Faktor yang paling besar dalam hal tinggi badan adalah keturunan atau genetik. Faktor ini berpengaruh 60 - 80% dalam tinggi  badan, jika kedua orang tua anda tinggi maka kemungkinan besar anda bisa tinggi, tali jika kedua orang tua anda pendek maka kecil kemungkinan untuk bisa tinggi.

Lalu, bagaimana jika ayah tinggi dan ibu pendek ? Tergantung dari gen yang paling dominan pada diri anda, jika gen ayah paling dominan maka besar kemungkinan untuk bisa tinggi.

2. Lingkungan, nutrisi dan aktivitas


Faktor ini berpengaruh 20 - 40% dalam hal tinggi badan. Jadi, jika kedua orang tua pendek kemungkinan anda untuk tinggi bisa terjadi melalui faktor ini. Untuk membuat faktor ini sempurna, anda harus menjalani lingkungan yang baik, nutrisi yang tercukupi dan menjalankan aktivitas sehat sehari - hari.

Cara menambah tinggi badan secara alami


Setelah mengetahui faktor yang mempengaruhi tinggi badan, anda langsung saja praktekkan cara menambah tinggi badan di bawah ini. Caranya tidak terlalu sulit, anda hanya membiasakan kegiatan di bawah untuk mewujudkan pertumbuhan tinggi badan yang maksimal.

1. Minum susu


Seperti yang kalian tahu, susu memiliki kandungan yang bisa memberi nutrisi pada tulang sehingga tulang akan sehat dan tubuh akan bertambah tinggi. Anda bisa menggunakan resep minuman peninggi badan di bawah ini :

Siapkan segelas susu kedelai (jika tidak ada bisa pakai susu biasa), sebuah pisang dan 1/2 sendok kayu manis. Kemudian anda blender ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata. Lalu tuangkan ke gelas dan minum di pagi hari saat perut kosong, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka harus konsumsi secara rutin selama satu bulan.

2. Perbaiki postur tubuh


Kegiatan yang kita lakukan sehari - hari ternyata bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang. Contohnya dalam berjalan dan duduk, jika anda sering berjalan dan duduk dalam posisi bungkuk maka bisa mempengaruhi pertumbuhan tulang dan membuat tubuh terlihat lebih pendek.

Baca juga : inilah 6 cara mengatasi rambut bercabang dengan bahan alami

Untuk mengatasinya, anda harus menegakkan tubuh dengan mendorong kedua bahu ke belakang dan dada maju sedikit ke depan. Posisi tegak bisa menghindari anda terkena sakit kepala dan punggung.

3. Tidur yang cukup


Tidur merupakan kebutuhan yang harus dijalani manusia. Jika tidak atau kurang tidur maka manusia bisa mengalami penyakit yang beragam termasuk juga masalah pertumbuhan badan.

Hormon pertumbuhan tulang lebih banyak keluar saat tidur di malam hari. Jika anda kekurangan tidur maka akan menganggu pertumbuhan tinggi badan anda. Waktu tidur yang optimal adalah 7 - 8 jam per hari, jika waktu tidur anda kurang dari waktu itu maka perbaiki waktu dengan merencanakan waktu tidur setiap hari.

4. Berhenti merokok


Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak laki - laki yang aktif merokok ternyata memiliki tinggi badan lebih pendek 0,7 CM dibandingkan dengan anak laki - laki yang tidak merokok.

Jadi, jika anda serius ingin membuat tubuh anda tambah tinggi maka berhentilah merokok. Tapi, jangan langsung berhenti secara tiba - tiba, kurangi konsumsi rokok setiap harinya sampai anda tidak merokok selama satu hari.

5. Memakai bantal tipis saat tidur


Bantal saat tidur ternyata mempengaruhi perkembangan tubuh anda. Jika sering memakai bantal yang tebal dan keras maka leher akan membungkuk dan tulang belakang melengkung.

Untuk mengatasinya, gunakan bantal yang tipis dan tegak lurus dengan tulang belakang anda. Selain bantal, kasur yang digunakan juga jangan terlalu empuk karena tubuh akan tertekuk dan tulang belakang bisa terganggu, efeknya tubuh akan semakin pendek.

6. Hindari stres


Pada saat anda mengalami stres maka tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol. Hormon ini berfungsi menghalangi hormon pertumbuhan beraksi sehingga tubuh anda tetap pendek dan tidak bertambah tinggi sedikit pun.

7. Rutin berolahraga


Olahraga membuat tubuh tetap sehat dan terjaga dari segala penyakit. Olahraga juga bisa meningkatkan hormon pertumbuhan sehingga orang yang rutin berolahraga bisa cepat tinggi.

Baca juga : anda sulit gemuk ! Kenali 8 penyebab sulit gemuk dan cara mengatasinya

Luangkan waktu minimal 30 menit untuk berolahraga setiap harinya. Olshraga yang bisa menambah tinggi badan adalah sepak bola, basket, bulu tangkis, renang, bersepeda, lari dan pull up.

8. Berjemur di pagi hari


Seperti yang anda tahu, sinar matahari di pagi hari memberikan  berbagai macam manfaat untuk tubuh termasuk pertumbuhan tinggi badan. Sinar matahari di pagi hari mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang.

Anda bisa berjemur di bawah sinar matahari pada jam 9 - 10 pagi selama 15 menit. Lakukan setiap hari maka pertumbuhan tulang akan bekerja secara maksimal.

9. Mengonsumsi makanan bergizi


Makanan sangat berpengaruh pada kesehatan badan dan tulang. Laju pertumbuhan tulang ditentukan dari gizi makanan yang masuk ke dalam tubuh anda. Makanan yang bisa menambah tinggi badan adalah makanan yang mengandung protein, vitamin dan mineral.

Contoh makanan bergizi yang bisa anda konsumsi adalah ikan salmon, ikan tuna, daging ayam, daging sapi, susu, telur, yoghurt, buah - buahan (melon, jeruk, pepaya, semangka, markisa dan mangga) dan sayur - sayuran (labu, brokoli, bayam, wortel dan kacang kedelai).

PERINGATAN


Hindari produk atau suplemen peninggi badan yang sering dijual di sosial media karena produk itu dikhawatirkan tidak terdaftar di BPOM sehingga bisa membahayakan tubuh dan kesehatan anda.

Jangan termakan iklan di sosial media yang menawarkan suplemen peninggi badan dalam waktu singkat karena untuk menambah tinggi badan itu membutuhkan perjuangan tidak bisa dicapai dalam waktu singkat.

Untuk anda yang sudah melewati masa pubertas maka sudah tidak bisa lagi menambah tinggi badan. Pertumbuhan tinggi badan dimulai pada usia 11 - 13 tahun bagi pria dan usia 9 - 11 tahun bagi wanita. Sesangkan pertumbuhan tinggi badan akan melambat kemudian berhenti pada akhir masa pubertas yaitu di usia 16 - 19 tahun.

Baca juga : inilah 7 cara mengatasi hidung tersumbat dengan mudah dan cepat

Jika sudah melewati masa pubertas, apakah kemungkinan untuk tinggi bisa terjadi ?

Di dalam tubuh manusia terdapat lempengan yang sering disebut dengan lempeng pertumbuhan. Pada saat anda berusia 19 tahun yaitu di akhir masa pubertas maka lempengan tersebut akan menutup. Jadi, tubuh akan tetap dan tidak bisa bertambah tinggi lagi.

Posting Komentar

0 Komentar