Inilah 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah dan Cepat

Inilah 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Mudah dan Cepat


Foto bayi


Hidung merupakan indra penciuman yang berperan penting bagi manusia. Kita setiap hari mencium berbagai macam bau dari yang wangi, bau, menyengat, enak dan bau - bau lainnya.

Tapi, apa jadinya jika hidung kita ini tersumbat. Pasti kita mengalami masalah dalam mencium bau setiap saat. Pernafasan tidak nyaman karena lubang untuk bernafas hanya satu, mencium bau tidak sempurna karena terhalang oleh lendir pada hidung dan ingus atau lendir yang setiap kali keluar dengan sendirinya sehingga menganggu setiap aktivitas kita.

Tenang saja, anda bisa mengatasinya dengan cepat dan mudah dengan mengikuti cara yang sudah saya jelaskan di bawah. Cara ini bisa anda lakukan dalam waktu singkat dan bisa dilakukan di rumah tanpa meribetkan orang lain. Pastinya biaya yang dibutuhkan sangat terjangkau.

Sebelum ke tahap cara mengatasi hidung tersumbat, sebaiknya kita mengenali terlebih dahulu apa saja penyebab dari hidung tersumbat yang kita alami ini supaya anda bisa paham kenapa anda bisa terkena masalah hidung tersumbat.


Penyebab hidung tersumbat



Hidung yang tersumbat itu bisa disebabkan oleh jaringan yang berada di hidung bagian dalam. Jaringan ini terbentuk karena hidung kita menghirup polusi udara sekitar seperti asap kendaraan dan asap rokok.

Selain itu, hidung tersumbat bisa terjadi karena alergi, sinusitis dan infeksi, contohnya infeksi saluran atas pernafasan atau biasa disebut influenza.

Kenapa hidung tersumbat ini tidak mengeluarkan ingus ? Masalah ini terdapat pada penyebabnya. Jika penyebab hidung tersumbat karena sinusitis berarti hidung tidak akan mengeluarkan ingus karena lendir yang berada di dalam hidung terjebak di rongga sinus.

Lendir yang berada di rongga sinus bersifat padat. Jadi, hidung merasa seperti ada lendir yang menghalangi tetapi susah untuk dikeluarkan. Jika hidung tersumbat disebabkan oleh alergi, ingus juga susah untuk dikeluarkan karena melebarnya pembuluh darah.

Pada saat pembuluh darah melebar maka terbentuklah lendir yang berfungsi untuk membersihkan kotoran - kotoran pada hidung dan lendirnya pun tersumbat oleh pembuluh darah tersebut. Jadi, lendir susah keluar karena pembuluh darah yang tebal dan menghalangi jalan keluarnya lendir.

Baca juga : inilah cara mencegah dan mengatasi kepala bayi peyang dengan mudah dan cepat

Pada saat hidung tersumbat kita tidak bisa mengeluarkan ingus atau lendir. Tapi, bagaimana jika kita memaksa lendir yang ada di dalam hidung untuk keluar, apakah berbahaya ?

Mengeluarkan lendir dari dalam hidung secara paksa bisa membahayakan hidung. Ketika anda melakukan tekanan yang kuat pada hidung untuk mengeluarkan lendir maka akan terjadi reflek balik pada hidung. Reflek balik itu membalikkan ingus atau lendir kembali ke rongga sinus.

Sementara di bagian rongga - rongga hidung pasti terdapat virus dan bakteri. Jika lendir kembali ke rongga sinus maka virus dan bakteri bisa berkembang disana dan menyebabkan infeksi yang bernama sinusitis. 

Peetanyaan yang mungkin muncul di benak anda adalah apakah bisa kedua lubang hidung ini tersumbat secara bersamaan. Kedua lubang hidung ini bisa tersumbat secara bersamaan terutama bagi hidung tersumbat yang disebabkan oleh alergi, pembuluh darah kedua hidung bisa menutup.

Untuk hidung tersumbat karena infeksi, kedua hidung tidak bisa tersumbat secara bersamaan, hanya salah satu dari kedua lubang hidung. Lendir yang terbentuk karena infeksi akan mengikuti gaya gravitasi, jika anda berbaring ke sebelah kiri maka hidung yang mampet sebelah kiri dan jika berbaring ke sebelah kanan maka hidung yang mampet sebelah kanan.

Bagaimana cara cepat mengatasi masalah hidung tersumbat ini ? Anda bisa menggunakan obat - obatan untuk mengatasi hidung tersumbat seperti antihistamine (anti alergi) dan yang paling ampuh yaitu dekongestan. Obat dekongestan ada yang berupa obat minum dan semprot hidung (nasal spray).

Dekongestan yang paling efektif untuk mengatasi hidung tersumbat adalah nasal spray atau semprot hidung. Nasal spray bisa mengencerkan cairan hidung dan mengurangi pelebaran pembuluh darah.

Anda bisa menggunakan inhaler untuk mengobati hidung tersumbat. Tapi, jangan berlebihan dalam menggunakannya karena menyebabkan kompilasi yang bernama rinitis alergi. Sebelum memakai inhaler untuk mengobati hidung tersumbat, sebaiknya ansa konsultasi ke dokter untuk informasi lanjutan.

Ada beberapa makanan dan minuman yang bisa anda konsumsi untuk mengatasi hidung tersumbat ini diantaranya adalah makanan yang hangat seperti sup ayam, sup daging, sup sayur, soto dan lainnya.

Selain itu, anda bisa mengonsumsi peppermint yang menyejukan mulut dan tenggorokan dan berfungsi untuk mengurangi penebalan pembuluh darah hidung.

Jika hidung tersumbat anda berkelanjutan dan menyebabkan gejala lain seperti demam, warna hidung berubah dan gangguan pernafasan saat ingin tidur maka langsung konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.


Cara Mengatasi hidung tersumbat dengan mudah dan cepat



Setelah mengetahui penyebab dari hidung tersumbat. Sekarang kita maju ke tahap cara mengatasinya, cara di bawah ini terbilang sangat mudah dan tidak terlalu ribet sehingga anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.


1. Matikan kipas angin dan AC



Udara yang dingin bisa menyebabkan hidung kita tersumbat. Maka buatlah suasana sekitar menjadi hangat dan lembab supaya bisa mengatasi masalah hidung tersumbat. Bernafas di udara yang hangat bisa meredakan radang dan menyembuhkan pembengkakan pembuluh darah pada hidung.

Anda coba matikan kipas angin atau AC di rumah anda untuk membuat udara menjadi hangat dan lembab supaya mempercepat proses penyembuhan hidung tersumbat.

Anda bisa menggunakan sauna wajah sebagai alternatif. Caranya, arahkan wajah anda ke atas mangkuk yang berisi air panas - gantungkan handuk di belakang kepala anda sehingga membentuk tirai yang menangkap uap dari air panas tersebut.

Hirup uap panas selama 10 menit dan ulangi 2 - 3 kali sehari sampai ansa bisa bernafas dengan lega.


2. Memakai minyak kayu putih



Minyak kayu putih harus selalu disediakan di rumah untuk mengobati berbagai masalah kesehatan ringan yang dialami. Kayu putih ini juga bisa mengencerkan lendir pada hidung tersumbat.

Menurut penelitian, minyak kayu putih ini berfungsi membunuh bakteri yang menjadi penyebab hidung tersumbat seperti infeksi sinus.

Baca juga : hanya 5 menit ! Inilah cara mudah membuat anda cepat mengantuk di malam hari

Caranya hampir sama seperti no.1 yaitu arahkan wajah anda ke atas mangkuk yang berisi air panas yang sudah diberikan beberapa tetes minyak kayu putih. Gantungkan handuk di atas kepala sampai menutupi mangkuk, lakukan selama 10 menit.


3. Minum air hangat



Air hangat mampu mengencerkan lendir yang berada di saluran hidung sekaligus meredakan nyeri akibat hidung tersumbat. Anda bisa mengonsumsi variasi air hangat seperti teh jahe, mint, teh lemon dan madu hangat yang mengandung dekongestan dan antiseptik untuk menyembuhkan masalah pernafasan.


4. Memijat bagian hidung



Anda bisa melakukan pijatan ringan untuk membantu lendir keluar dari hidung. Caranya, lakukan pijatan ringan pada bagian atas hidung. Pijatan ini bisa membuat anda lebih rileks dan menghindari kompilasi seperti mata merah dan sakit kepala.


5. Mengonsumsi bawang putih



Sebuah studi di inggris menyatakan orang yang diberi suplemen bawang putih selama 10 - 12 minggu selama musim flu ternyata jarang mengalami dlu dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi suplemen bawang putih.

Bawang putih mengandung antijamur dan gen antibakterial yang berfungsi mengobati berbagai macam penyakit termasuk masalah hidung tersumbat ini.

Untuk pengobatannya, anda tumis 1 - 2 siung bawang putih kemudian tambahkan sayur - sayuran atau pasta. Cara lain, anda bisa mengonsumsi bawang putih mentah - mentah atau tumbukan satu siung bawang putih ke dalam mangkuk berisi air panas lalu uapkan wajah anda selama 10 menit.


6. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi



Untuk mengurangi gejala hidung tersumbat, anda meninggikan posisi tidur anda dengan menambahkan bantal atau lainnya sehingga posisinya lebih tinggi dari biasanya anda tidur.

Anda bisa tidur dengan posisi miring kiri, kanan dan telentang. Usahakan untuk meluruskan kaki saat tidur, jangan menekuk atau mengangkat kaki supaya meningkatkan kualitas tidur sehingga hidung tersumbat bisa sembuh pada pagi hari.


7. Mengonsumsi makanan pedas


Selain makanan yang hangat, anda juga bisa mengonsumsi makanan pedas untuk mengatasi masalah hidung tersumbat sekaligus mengenyangkan perut anda.

Baca juga : cara mudah mengatasi mata belekan dengan obat dan bahan alami

Rasa pedas dan panas saat mengonsumsi makanan pedas bisa mempengaruhi lendir pada hidung dan lama kelamaan akan mencair sehingga hidung tersumbat bisa langsung sembuh atau berkurang.

Posting Komentar

0 Komentar