Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Total Dengan Mudah dan Cepat

Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Total Dengan Mudah dan Cepat


Lampu LED mati total


Cara memperbaiki lampu LED mati total - Lampu adalah sebuah piranti yang memproduksi cahaya yang menerangi area gelap di sekitarnya. Bola lampu ini ditemukan oleh seseorang bernama Sir Joseph William Swan. Lampu saat ini menjadi penerang ruangan pada saat malam hari tiba.

Lampu menjadi kebutuhan bagi setiap orang di seluruh dunia karena sangat membantu dalam menjalani aktivitas di rumah saat malam hari. Seperti melihat, belajar, bekerja, membaca dan hal lainnya.

Masalah yang sering dialami pada lampu adalah lampu yang tiba - tiba mati sendiri atau mati total. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti LED SMD rusak atau Elco lampu yang kembung dan harus diganti. Untuk memperbaikinya, anda bisa melakukan cara berikut di rumah tanpa mengeluarkan biaya jika anda mempunyai peralatan lengkap untuk memperbaiki lampu LED. Berikut caranya.


Cara memperbaiki lampu LED



Kerusakan lampu LED biasanya ada pada LED SMD. Tugas anda yaitu menggantinya dengan yang baru atau solder bagian positif dan negatif supaya bisa menyala kembali. Untuk lebih jelasnya, simak cara berikut.

Pertama, anda bongkar lampu LED  yang mati total tersebut. Untuk teknik pembongkarannya adalah dengan mencongkel body lampu dengan obeng min atau langsung diputar dengan kuat maka body lampu bisa langsung terbuka.

LED SMD


Sesudah lampu LED terbuka maka akan terlihat bagian dalam lampu nya. Penyebab lampu LED mati total adalah LED putus di bagian dalam lampu sehingga membuat lampu tidak menyala. Biasanya LED itu diserikan artinya setiap LED saling terhubung satu sama lain. Jadi, jika LED putus satu maka LED lain tidak akan menyala.

Baca juga : cara Memperbaiki mesin cuci yang nyetrum dengan mudah dan cepat

Penyebab lain lampu mati total adalah bagian driver atau mesin dalam lampu yang rusak karena suatu hal. Untuk tahap selanjutnya, anda lepaskan bagian LED nya dari lampu untuk memudahkan langkah perbaikan. Anda bisa menggunakan tang untuk menyabut LED dari lampu.

Kemudian anda harus mencari bagian LED yang sudah rusak atau terputus. Cara mencarinya adalah melihat tanda hitam yang berada pada LED. Jika sudah ketemu, anda lepaskan LED yang gosong atau rusak dengan menggunakan tang yaitu dengan menggoyang - goyangkan LED, jangan langsung mencabut LED untuk mencegah kerusakan lebih parah pada lampu.

Langkah selanjutnya adalah solder bagian kedua sisinya yaitu positif dan negatif. Setelah kedua sisi teegabung maka lampu bisa menyala kembali karena fungsinya sebagi jalur untuk menghidupkan sisi lain dari LED. 

Terakhir, silahkan anda pasang kembali LED yang sudah diperbaiki ke body lampu. Anda harus hati - hati ya karena terdapat kutub negatif dan positif yang berfungsi sebagai penghantar listrik. Jangan dulu pasang body lampu, sebaiknya anda tes lampu terlebih dahulu.

Dijamin, setelah melakukan cara ini LED pada lampu akan menyala kembali seperti sedia kala. Cuma, bagian LED yang sudah dicabut tadi tidak menyala karena sudah disolder sebagai penghubung antar LED. Sesudah itu, anda tutup LED dengan body lampu dan langsung pasang lampu di bagian rumah anda.


Cara memperbaiki lampu LED dengan peralatan rumah



Jika kerusakan lampu LED di bagian Elco yang kembung maka lakukanlah cara berikut. Anda bisa memanfaatkan alat rumah tangga untuk membantu perbaikan lampu LED. Berikut caranya.

Pertama, anda buka casing lampu LED. Siapkan gelas dan isi gelas dengan beras sampai 2 / 3 ukuran gelas, beras dalam gelas ini berfungsi sebagai dudukan lampu. Tempatkan lampu di dalam gelas, kemudian anda tes LED SMD dengan tegangan 2.8 - 4 V DC menggunakan baterai, power supply atau AVO meter.

Untuk mengetes LED SMD, anda bisa menggunakan alat berikut. Anda siapkan tespen DC LED, baterai 9V, kabel dengan penjepit buaya. Anda jepitkan tespen dan kabel ke baterai 9V dan tes LED SMD satu per satu, temukan bagian LED yang tidak menyala.

Anda bisa menandai LED SMD yang rusak dengan pulpen supaya tidak keliru saat memperbaikinya. Selain itu, anda harus mengecek bagian dalam komponen lampu LED untuk memastikan tidak ada kerusakan lanjutan. Jika ada kerusakan seperti elco menggelembung maka copot elco tersebut.

Setelah elco dicopot, anda tes kerusakan elco menggunakan AVO meter dan capacitance meter atau bisa ikuti cara berikut. Siapkan baterai 9V dan 2 kabel penjepit buaya, jepitkan kabel pada baterai dan mulai hubungkan  kutub + - batetai ke kutub + - elco baterai kemudian anda tes menggunakan tespen DC Led, jika elco rusak maka lampu tespen DC mati.

Untuk memperbaikinya, anda bisa mengganti elco baru dengan ukuran yang sama, elco yang sama bisa dilihat dari nilai yang tertera pada bungkus elco. Kemudian pasang elco pada lampu, pasang sesuai kutub positif dan negatif, posisi kutub negatif biasanya bergaris - garis. Terakhir, anda solder elco yang dipasang dengan rapi.

Kembali ke LED SMD, anda lepas LED SMD dengan solder uap. Jika tidak punya, anda bisa ikuti cara berikut. Sediakan setrika listrik > colokkan setrika listrik ke stop kontak > hidupkan setrika listrik > sediakan kaleng bekas biskuit > letakkan setrika listrik di atas kaleng bekas biskuit dengan keadaan terbalik.

Posisi setrika terbalik di atas kaleng bekas


Anda tempelkan PCB LED SMD ke setrika listrik selama 20 - 30 detik > copot LED SMD yang mati menggunakan penjepit (pinset). Jika anda punya LED pengganti maka pasang saja, jika tidak punya bisa dengan cara berikut. Siapkan lampu LED bekas > tempatkan ke dalam gelas berisi beras seperti tadi > cari LED SMD yang masih hidup > tandai LED SMD yang masih hidup > tempelkan PCB ke setrika (seperti cara tadi) selama 20 - 30 detik > angkat LED yang mati menggunakan penjepit.

Terakhir, anda pasang LED SMD tersebut ke posisi LED yang rusak tadi, anda tes lampu LED yang sudah diperbaiki. Maka lampu sudah bisa menyala kembali.

Baca juga : 3 cara mudah memperbaiki harddisk bad sector dengan cepat

Demikian yang bisa saya jelaskan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa membaca artikel lainnya di blog MagerSena untuk mendapatkan pengetahuan tentang dunia.

Posting Komentar

0 Komentar