Inilah Cara Mencegah dan Mengatasi Kepala Bayi Peyang Dengan Mudah dan Cepat

Inilah Cara Mencegah dan Mengatasi Kepala Bayi Peyang Dengan Mudah dan Cepat


Cara mengatasi kepala bayi peyang


Kepala bayi peyang terjadi saat lahir dan setelah kelahiran dengan penyebab yang bermacam - macam. Kepala peyang tidak mempengaruhi fungsi dan perkembangan otak si bayi tapi bisa merubah bentuk wajah menjadi asimetris. Bagi anda ibu yang baru melahirkan atau ibu muda tentunya gak mau kepala anaknya peyang.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips supaya kepala si bayi atau anak tidak peyang. Mungkin anda punya saudara atau teman yang anaknya mempunyai bentuk kepala yang tidak simetris.


Cara mencegah dan mengatasi kepala bayi peyang



Kepala bayi yang berbentuk gepeng sebelah itu yang kita sebut sebagai kepala peyang. Kepala peyang ini terjadi karena proses penekanan pada daerah itu terlalu lama. Kita tahu bahwa bayi yang belum berumur 18 bulan itu ubun - ubunnya belum menutup.

Bayi memerlukan proses untuk otaknya supaya berkembang sehingga tulang tengkorak bisa menanpung otak yang sedang berkembang tersebut. Pada saat otaknya sudah berkembang dengan baik maka ubun - ubun bayi perlahan akan menutup.

Oleh karena itu, bayi yang ubun - ubunnya belum menutup pasti bentuk kepala bayi bisa berubah -ubah. Jika anda tidak memperhatikan posisi tidur si bayi atau posisi menyusui maka kepala bayi bisa menjadi peyang atau gepeng.

Baca juga : hanya 5 menit ! Inilah cara mudah membuat anda cepat mengantuk di malam hari

Lalu,bagaimana cara mencegah supaya kepala si bayi tidak peyang dan bentuknya terlihat normal.

Kepala peyang singkatnya itu terjadi karena proses penekanan yang lama pada bagian kepala bayi. Anda harus mulai memperhatikan posisi bayi terutama saat menyusui, posisi menyusui sebaiknya bergantian dari payudara kiri ke payudara kanan dan seterusnya. Jika anda tetap posisi menyusui pada payudara kiri misalnya, kemungkinan kepala si bayi akan peyang sewaktu - waktu.

Anda juga harus memperhatikan posisi tidur si bayi. Posisi tidur bayi antara miring kiri dan miring kanan itu harus seimbang atau normalnya dengan posisi telentang. Anda bisa memakai bantal anti peyang yang bisa anda beli melalui baby shop atau online shop.

Bantal anti peyang ini memiliki cekungan pada bagian tengah yang membuat tidur si bayi lebih nyaman dan terhindari dari terbentuknya kepala peyang.

Selain itu, anda harus melatih si bayi supaya bisa menoleh bergantian ke arah kanan dan kiri. Contohnya dengan menarik perhatian bayi dengan mainan atau objek - objek yang membuat si bayi penasaran. Si bayi yang belum berumur 18 tahun biasanya belum terlalu aktif dan kebiasaannya hanya tidur, untuk mencegah peyang maka harus membiasakan si bayi untuk bisa menoleh ke kanan dan kiri.

Anda harus telaten dalam masalah kepala peyang ini. Seperti saat menyusui, pada saat dia bangun perhatikan posisinya dan rubah sedikit posisi bayi dan buat dia senyaman mungkin. Anda bisa menggunakan bantal untuk mencegah si bayi pindah posisi ke bentuk peyang sehingga akan terbiasa ke arah yang membuat kepala terbentuk normal kembali.

Cara mengatasi kepala bayi peyang


Perhatikan juga waktu bayi menghadap posisi, jangan terlalu lama di posisi kiri atau posisi kanan karena bisa menyebabkan kepala peyang. Anda harus atur waktunya, contoh 15 menit di kanan dan pindah 15 menit ke kiri dan seterusnya maka bentuk kepala bayi akan terjaga.

Selain itu, waktu tidur posisi bayi harus anda perhatikan, jika bayi sering tidur dengan posisi telentang maka ubahlah ke kanan atau kiri karena terlalu sering tidur telentang itu tidak baik. Manfaat tidur posisi miring untuk bayi bisa mencegah muntah ringan, tapi keseringan tidur miring juga tidak baik untuk bayi, anda harus merubahnya ke posisi yang berlawanan.

Keseringan tidur dengan posisi miring pada bayi ternyata bisa menyebabkan kematian mendadak, cedera leher dan lainnya. Ngeri juga ya 😯. 

Bayi juga harus dilatih untuk tengkurap, pada dasarnya bayi tengkurap itu aman dilakukan selama tidak berlebihan. Anda bisa membiarkan bayi tengkurap selama 5 menit sehari, durasi tengkurap bisa ditambah seiring bertambahnya usia bayi. Anda harus sabar melakukannya demi membentuk kepala bayi yang bulat sempurna.

Jika cara di atas tidak berhasil, anda bisa menggunakan helm khusus untuk mengatasi kepala bayi yang peyang. Helm ini dirancang khusus untuk memperbaiki kondisi tulang tengkorak bayi yang sudah peyang. Fungsi helm khusus adalah menjaga tekanan pada tengkorak bayi sehingga bisa pulih ke bentuknya semula. Jika alat khusus ini dipakai pada bayi berusia 0 - 18 bulan maka alat ini akan bekerja efektif karena tengkorak bayi yang masih lunak.

Bagaimana kalau kepala si bayi sudah terlanjur peyang ? Nah, sebenarnya sebelum umur 18 bulan, bentuk kepala bayi bisa anda ubah - ubah karena ubun - ubun belum menutup sempurna. Tapi, jika si bayi sudah berumur lebih dari 2 tahun maka sulit untuk merubah bentuk kepala bayi karena ubun - ubun yang sudah tertutup sempurna.

Baca juga : inilah cara mudah mengatasi mata belekan dengan obat dan bahan alami

Anda harus melakukan pencegahan kepala peyang sedini mungkin. Contohnya jika kepala bayi peyang sebelah kanan maka miringkan dan biasakan ke sebelah kiri supaya kepala si bayi bisa seimbang dan normal kembali.

Posting Komentar

0 Komentar