Mau Sukses ? Anda Harus Pahami 5 Fungsi Uang Ini

Mau Sukses ? Anda Harus Pahami 5 Fungsi Uang Ini


5 fungsi uang yang harus anda pahami



Uang menjadi aspek penting untuk memenuhi kehidupan kita sehari - hari. Orang - orang rela bekerja dari pagi hari sampai larut malam demi mendapatkan benda yang satu ini.

Tapi uang ini harus anda manfaatkan sebaik mungkin supaya tidak terbuang percuma. Anda harus mampu memanajemen uang anda supaya teratur dan bisa memenuhi kebutuhan sehari - hari.

Tahukah anda bahwa kebanyakan orang tidak tahu fungsi uang untuk apa dan bagaimana cara memanfaatkannya dengan benar. Nah, disini saya akan menjelaskan 5 fungsi uang yang harus anda pahami supaya bisa menambah pengetahuan dalam dunia keuangan.

Banyak orang mengira bahwa uang itu fungsinya untuk di pamer - pamerkan dan menambah kekayaan seseorang. Padahal fungsi uang itu hanya sebagai alat tukar dalam kehidupan sehari - hari.


1. Uang sebagai alat tukar


Anda harus kenapa uang bisa menjadi alat tukar yang sah. Sejarahnya pada zaman dahulu sebelum abad ke - 16, sistem penukaran itu menggunakan sistem barter yaitu menukar barang yang setara atau seimbang dan menguntungkan satu sama lain.

Contohnya saya punya seekor ayam dan ingin menukarkannya dengan beras 2 karung. Kemudian saya tukarkan ayam dengan beras 2 karung tersebut. Kelemahan dari sistem barter ini adalah ketidakseimbangan antara kedua belah pihak. Jadi sistem barter ini tidak jelas dan bisa merugikan pihak lain.

Seiring berkembangnya zaman maka terciptalah uang yang memiliki nilai tertentu untuk menukar barang yang kita inginkan. Jadi anda jangan menganggap uang itu sebagai hal yang besar, padahal hanya alat tukar semata.


2. Uang sebagai basis dari sistem kredit



Uang berperan sebagai fasilitasi pinjaman. Misalnya anda sedang butuh modal usaha atau ingin bangun usaha tapi kekurangan modal maka uang hadir sebagai alat dan jawabannya.

Baca juga : inilah 40 ide usaha dan bisnis dengan modal kecil untung besar

Oleh sebab itu, uang sebagai basis dari sistem kredit yang banyak dibutuhkan oleh  masyarakat. Bahkan saat anda ingin mengajukan modal kerja maka akan di cek validasi usahanya dan semua itu butuh uang.


3. Uang berfungsi menyimpan nilai



Bayangkan jika anda seorang petani gandum dan belum mengenal yang namanya uang dan anda harus menyimpan karung selama 50 tahun ke depan. Berapa hektar yang anda butuhkan untuk menyimpan ratusan gandum tersebut. Kan jadi ribet.

Dengan kehadiran uang, anda bisa simpan uang tersebut di bank, diputarkan ke dunia usaha atau menukarkannya ke logam mulia. Maka uang disini mempunyai nilai validasi yang sangat baik. Anda bisa dengan mudah mengubah ratusan gandum tersebut menjadi alat tukar uang yang memiliki nilai tinggi.


4. Uang berfungsi mengukur nilai



Alasan uang hadir sebagai pengukur nilai karena dalam sistem barter sangat sulit untuk mengukur nilai dengan validitas yang bagus. Contohnya saya punya ayam dan ingin menukarnya dengan sekarung beras sementara ayam tersebut sedang sakit.

Sistem barternya menjadi tidak seimbang, ayam sakit tidak sama dengan ayam sehat. Oleh karena itu uang hadir sebagai nilai validasi yang bisa dipercaya dan diterima. 


5. Uang sebagai media bersedekah



Bersedekah itu bisa menciptakan kesuksesan baik di dunia maupun di akhirat. Jika anda memiliki uang lebih maka sedekahkan saja ke fakir miskin, membantu anak yatim piatu, membangun rumah ibadah untuk masyarakat.

Semua hal tersebut akan terpenuhi dengan menggunakan alat tukar uang. Jadi jika anda salah paham tentang uang atau benci dengan uang maka anda harus buang jauh - jauh perasaan itu.

Baca juga : 9 cara berpikir orang sukses yang harus anda tiru !

Kebanyakan orang berkata jangan mencintai uang berlebihan. Sebenarnya uang itu netral dan tidak salah, hanya sekedar alat tukar. Uang bisa bermanfaat itu tergantung bagaimana anda memanfaatkannya.

Kenapa uang begitu penting ? Karena uang mampu mewujudkan semua keinginan anda. Sekarang anda sudah tau letak kesalahpahaman anda tentang uang, semoga anda semakin cerdas dengan masalah financial terutama tentang uang.

Sumber : SuccessBefore30

Posting Komentar

0 Komentar