Inilah 14 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Merawat Kucing

Inilah 14 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Merawat Kucing


kesalahan yang sering dilakukan dalam pelihara kucing

Kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan, kucing ini bisa menjadi teman kita bermain di dalam maupun di luar rumah. Selain itu, merawat kucing ini bisa menambahkan rasa kepedulian terhadap hewan.

Merawat kucing adalah hal yang menyenangkan apalagi dalam jumlah yang banyak, tapi anda harus mengerti cara perawatan kucing supaya si kucing tetap sehat. Tapi, sadarkah anda bahwa kegiatan yang sering anda lakukan kepada kucing anda itu salah. Berikut adalah kesalahan dalam merawat kucing yang sering anda lakukan.

1. Mencukur bulu kucing


Mencukur bulu kucing bisa menyebabkan si kucing stres lho teman - teman. Mencukur bulu kucing hanya dilakukan karena kondisi tertentu seperti kucing mempunyai bola bulu mata, ingin menjalani operasi.

Jika kucing mempunyai bulu yang tipis, ia tidak akan tahan berbaring di bawah sinar matahari dalam waktu lama dan di malam hari si kucing bisa kedinginan. Untuk mengatasi bulu kucing rontok, anda bisa menyisirnya dengan perlahan atau mengusap - usap bulunya setiap hari.


2. Memberikan makanan kucing yang buruk


Jangan asal - asalan memberikan makanan untuk kucing. Kesehatan kucing tergantung ke dalam kesehatan makanannya. Jika makanan kucing tersebut tidak pernah dikonsumsi oleh kebanyakan kucing maka hindari.

Lihat dahulu makanan kucing tersebut, jika makanan kucing lebih banyak mengandung bahan alami maka cocok untuk si kucing. Sebaliknya, jika makanan kucing banyak mngandung bahan kimia maka hindari karena bisa membuat si kucing sakit.


3. Meletakkan mangkuk air di sebelah mangkuk makan si kucing


Kucing menyukai minuman yang dingin dan bersih. Cara supaya mangkuk air tetap bersih, jangan meletakkan mangkuk air di sebelah mangkuk makan si kucing karena sisa - sisa makanan bisa masuk ke dalam air yang membuat air menjadi keruh.

Bulu kucing juga bisa masuk ke dalam mangkuk air karena prosea makan si kucing yang terlihat lincah membuat bulu kecol bertebaran kemana - mana. Jika mangkuk air minum si kucing keruh atau kotor maka kucing akan minum ke tempat air lain seperti toilet, wastafel dan genangan air di sekitar rumah.

Hal itu harus dihindari supaya bisa menjaga kesehatan si kucing. Menaruh mangkuk air sebaiknya agak berjauhan dengan mangkuk makanan agar menjaga mangkuk air tetap bersih dan segar untuk minum si kucing.


4. Memberikan obat manusia untuk si kucing


Jangan sampai anda melakukan hal gila seperti memberikan obat manusia untuk kucing anda ketika sakit. Jika anda memberi obat manusia kepada kucing sekali saja maka si kucing bisa mengalami masalah pada tubuhnya. Jika sakit bawalah ke dokter hewan dan jangan memberi obat yang tidak jelas untuk si kucing karena bisa memperparah sakit si kucing.


5. Tidak pernah membawa kucing ke dokter hewan


Kucing juga makhluk hidup seperti kita, tidak sehat terus menerus pasti suatu saat bisa sakit. Kucing tidak bisa memberitahu pemiliknya bahwa ia sedang sakit. Untuk mengatasi hal ini, anda harus rutin membawa si kucing ke dokter hewan supaya mencegah terjadi hal - hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa tanyakan bagaimana merawat kucing yang baik dan cara mengetahui dan melatih perkembangan si kucing.


6. Mengabaikan dengkuran kucing di malam hari


Kucing mendengkur terus - menerus menandakan bahwa si kucing sedang mengalami masalah pada sistem pernafasannya. Ciri - ciri lainnya adalah terdapat luka pada hidung si kucing atau si kucing selalu membuka mulut sambil berbaring. Dalam hal ini, sebaiknya anda membawa ai kucing ke dokter hewan untuk di rawat dan di obati.


7. Membiarkan si kucing terlalu lama di luar rumah


Kucing menyukai udara segar dan ruangan terbuka. Anda harus sekali - kali membawa kucing anda keluar rumah untuk bermain atau jalan - jalan. Tapi di luar juga menjadi hal buruk bagi si kucing.

Jika anda membiarkan si kucing diam di luar rumah seharian. Kucing bisa saja tertabrak mobil, terkena kotoran, berkelahi dengan kucing lain, disiksa oleh anak - anak dan bisa saja hilang. Bahaya ini harus menyadarkan anda supaya lebih berhati - hati dalam membawa si kucing ke luar rumah.

Baca juga : 6 cara mudah memelihara kucing untuk pemula tanpa ribet


8. Mencabut cakar kucing


Di banyak negara melarang dalam hal mencabut kuku kucing karena kucing akan merasa kesakitan dalam berjalan atau melompat. Jika anda baru pertama kali merawat kucing dan ingin memotong kuku si kucing. Sebaiknya belajar dari ahlinya atau menanyakan pada sesama pelihara kucing.


9. Membiarkan kucing muntah


Jangan membiarkan jika si kucing muntah secara terus - menerus. Muntah adalah hal yang wajar bagi si kucing tapi bukan berarti anda membiarkannya, anda harus menanggapi dengan serius. Jika si kucing muntah terus menerus setiap hari. Anda harus membawa si kucing ke dokter hewan.

Si kucing muntah disebabkan oleh kecemasan si kucing yang tidak terkendali. Sebaiknya ditangani oleh dokter hewan untuk mengatasi hal ini. 


10. Menutup pintu saat kucing di dalam rumah


Kucing menyukai ruangan yang terbuka. Pada saat kucing anda di dalam ruangan, jangan tutup pintu rumah karena kucing membutuhkan kebebasan, udara segar dan kebebasan bergerak. Beberapa kucing mencoba membuka pintu dengan sendirinya untuk bisa keluar rumah.

Itu tandanya kucing membutuhkan kebebasan bergerak dan ruangan terbuka. Jangan kurung si kucing seharian di rumah karena kucing juga bisa bosan. Sekali - kali bawa kucing peliharaan anda keluar ruangan, ajak jalan - jalan atau berlari.


11. Membiarkan kucing gendut


Kucing sama dengan manusia, jika terlalu gendut maka si kucing akan mengalami obesitas. Memberi makan yang terlalu sering tidak baik untuk kesehatan si kucing, berilah makan sewajarnya saja. 

Jika si kucing sering makan setiap harinya maka berat badan akan semakin meningkat dan akhirnya terkena obesitas. Jika kucing ingin makan terus menerus maka alihkan perhatiannya dengan mengajak bermain, bercanda, menyisir bulunya, berlari di luar rumah dan kegiatan lainnya.


12. Satu tempat untuk banyak kucing


Jika anda punya dua kucing peliharaan atau lebih maka anda harus menyiapkan barang - barang pribadi untuk setiap kucing peliharaan anda seperti mangkuk, tempat tidur dan tempat bermain. Barang - barang itu harus dimiliki oleh setiap kucing, jangan satu barang untuk semua kucing.


13. Menghukum kucing jika buang air sembarangan


Pada saat kucing anda berhenti menggunakan tempat buang air yang sudah digunakan dan buang air di sembarang tempat pasti anda akan marah dan menghukum kucing anda. Hal ini sebenarnya tindakan yang salah untuk si kucing.

Jika kucing buang air di sembarang tempat itu berarti ada masalah pada si kucing. Anda harus mencari apa penyebabnya si kucing tidak buang air di tempat yang sudah disediakan. Penyebab si kucing buang air sembarangan biasanya karena anda pindah rumah ke tempat lain yang belum dikunjungi oleh si kucing.

Nah, hal itu menyebabkan si kucing tidak tahu dimana dia harus membuang air, akhirnya si kucing buang air di sembarang tempat. Faktor lainnya adalah adanya manusia atau hewan lain yang masuk ke rumah dan bertemu si kucing. 

Hal ini membuat si kucing merasa tidak tenang karena adanya makhluk hidup yang belum pernah mereka lihat. Dan akhirnya mereka bertingkah laku tidak seperti biasanya. Solusinya untuk mengatasi masalah ini sangat mudah. Anda harus membuat si kucing merasa tenang.

Anda bisa menggendong si kucing, mengelus - elus bulunya, mengajak bermain sejenak, mengobrol atau sejenisnya yang bisa membuat si kucing merasa nyaman.


14. Menyimpan makanan kucing di tempat lain


Kemasan makanan kucing dibuat agar makanannya tidak kehilangan zat dan nutrisi yang bermanfaat untuk si kucing. Jika anda memindahkan makanan si kucing ke tempat lain maka rasanya pun terasa berbeda.

Jangan beli makanan kucing dalam bentuk eceran. Beli dalam jumlah banyak sekaligus untuk menambah stok dan bersiap dari jauh - jauh hari jika makanan kucing habis.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.   

Posting Komentar

0 Komentar