√ 4 Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam yang Bootloop - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

27 Okt 2019

4 Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam yang Bootloop

4 Cara Mudah Mematikan Smartphone Baterai Tanam yang Bootloop



android bootloop baterai tanam



Bootloop adalah masalah dimana android mengalami restart secara berulang - ulang atai stuck di logo android.

Keadaan ini mungkin membuat anda bertanya - tanya apa penyebabnya. Tanpa basa - basi anda langsung buka tutup smartphone, cabut baterai, pasang lagi dan nyalakan.

Ya, cara itu bisa untuk mengatasi bootloop tapi bisa membuat hp cepat rusak. Lalu, bagaimana cara mengatasi bootloop pada baterai tanam. Kan tidak bisa di cabut baterainya ?

Untuk masalah akan kita bahas tuntas di artikel ini. Mari kita bahas. Sebelum itu, sebaiknya kita kenali dulu jenis penyakit bootloop ini pada smartphone anda.

1. Bootloop biasa

Bootloop ini merupakan bootloop yang dialami banyak orang. Ciri - cirinya ponsel bisa restart seperti biasa dan muncul logo restart tapi ponsel terdiam di menu android. Tidak bisa dioperasikan seperti biasa.

2. Bootloop ringan

Bootloop ringan ini ditandai dengan merestart terus menerus. Saat restart ponsel dapat masuk ke menu android, setelah beberapa saat ponsel pun restart kembali dengan sendirinya.

3. Bootloop berat

Jika di bootloop ringan, ponsel bisa masuk ke menu namun restart kembali. Di bootloop ini ponsel restart seperti biasa namun tertahan di logo restart dan tidak mau masuk ke menu android. Akhirnya ponsel restart terus menerus tanpa henti.

Jika anda mengalami salah satu bootloop di atas. Jangan khawatir anda bisa mengatasinya di rumah tanpa harus membawa ponsel ke service center terdekat.


Baca juga : 4 cara mudah memperbaiki recovery mode android yang bermasalah


Cara mematikan smartphone baterai tanam yang bootloop


Masalah besar akan terjadi jika smartphone anda bootloop tapi menggunakan tipe baterai tanam. Bisa sih di cabut baterai nya tapi caranya sangat rumit. Lalu, bagaimana cara mengatasinya ?

1. Tunggu sampai baterai smartphone habis

Cara mudah yang bisa anda lakukan adalah menunggu sampai baterai smartphone benar - benar habis kemudian mati total.

Setelah itu, anda charge smartphone anda dan tunggu sampai baterai sedikit mengisi kemudian anda bisa melakukan factory reset untuk mereset smartphone anda.

Factory reset adalah cara termudah untuk mengatasi berbagai macam masalah pada android. Cara masuk factory reset bisa menekan tombol kombinasi power + volume down, power + menu + volume down atau power + volume up + volume down.

Pilih cara yang tepat sesuai dengan smartphone anda, setelah itu anda bisa melakukan wipe data / hard reset untik menghapus semua data di android anda. Kemudian smartphone anda kembali seperti semula. 

 2. Lihat buku panduan smartphone

Coba periksa buku panduan yang diberikan saat anda membeli smartphone tersebut. Buku itu berisi tentang fitur - fitur dan keunggulan smartphone termasuk juga cara mematikan smartphone.

Jika smartphone anda berbeda dari yang lain, pasti ada cara khusus untuk mematikan smartphone anda saat bootloop. Tapi, jika tidak menemukan apapun. Anda bisa mencoba cara yang lain. 

3. Copot baterai smartphone

Mungkin ini termasuk cara terakhir untuk mengatasinya, yaitu dengan mencopot smartphone baterai tanam yang bootloop.

Memang terdengar nekat. Tapi, anda tetap harus melakukannya demi smartphone anda berfungsi kembali. Membutuhkan ilmu khusus untuk membongkar baterai tanam ini.


Baca juga : 7 cara mengatasi android yang tidak bisa masuk mode recovery


Jadi, jangan mencopotnya secara asal. Serahkan pada ahlinya atau anda bisa belajar sendiri sambil menambah ilmu.

4. Menggunakan tombol kombinasi

Cara mudah untuk mengatasi bootloop adalah dengan menekan tombol kombinasi saat bootloop terjadi. Sebelum masuk ke menu pasti kita akan melewati logo android terlebih dahulu.

Nah, pada saat terjadi bootloop tahan tombol power + volume down selama beberapa detik. Biasanya tombol ini digunakan untuk screenshoot tapi saat ini keadaannya lain.

Setelah itu, akan muncul opsi restart / reboot maka tekan maka perangkat akan merestart. Tapi, di beberapa jenis smartphone ada yang secara otomatis restart jika di tekan tombol kombinasi power + volume down.

Penyebab smartphone bootloop


Kalian pasti pernah kebingungan dan bertanya - tanya kenapa ponsel bisa bootloop padahal anda tidak melakukan apapun pada smartphone akhir - akhir ini.

Pertanyaan anda akan saya jawab sekarang. Karena saya akan membahas penyebab dari ponsel bootloop ini. Mari kita bahas.

1. Android mengalami overclock 

Overclock bisa bermasalah karena anda mengubah kinerja sistem android yang tidak sesuai sehingga android mengalami bootloop.

Android mempunyai sistem yang setara dengan PC atau laptop. Dengan kemajuan teknologi ini, developer besar menciptakan ponsel berbasis android untuk memberikan kemudahan dalam menggunakan android.

Android bekerja dengan sistem processor. Anda bisa mengubah processor ini dengan melakukan overclock yaitu mengubah processor dari 1 GHz menjadi 2 GHz yang bertujuan untuk mempercepat kinerja sistem android.

Tapi, jika anda tidak mengerti tentang overclock ini maka jangan melakukannya. Karena bisa menyebabkan bootloop parah pada android anda.

2. Sering melepas baterai android 

Android yang sering dilepas baterai saat keadaan menyala sudah pasti akan membuat beberapa sistem android rusak karena saat sistem bekerja tiba - tiba harus terputus karena baterai yang dilepas.

Jika anda sering melakukan ini maka android anda akan mengalami kerusakan hardware, kalibrasi android error, memori internal rusak dan android mengalami bootloop parah.

Sebaiknya, hindari kebiasaan mencopot baterai ini jika ponsel anda tidak mau ponsel mengalami bootloop parah atau mati total.

3. Melakukan root pada android 

Modifikasi sistem (root) pada sistem android bisa memicu terjadinya bootloop pada android. Anda hanya menjadi pengguna android (user) bukan perubah android (super user).

Jika anda melakukan root pada android anda berarti anda telah menjadi superuser.  Saat anda menjadi superuser, anda bisa mengurangi atau menambah kinerja sistem android.

Jika anda kurang ahli dalam sistem android sebaiknya jangan lakukan root atau android malah semakin rusak.

Demikian juga root, jika root tidak sempurna atau gagal saat melakukannya 100% android akan mengalami root.

4. Mengganti script folder sistem

Hal ini tidak mempengaruhi sistem android tapi mempengaruhi kinerja aplikasi yang di install di android anda. Biasanya mengubah script  folder sistem dilakukan untuk sebuah game. 

Mengubah script folder game akan mengubah beberapa kinerja yang ada dan anda bisa menikmati game dengan nyaman.


Baca juga : 2 cara mudah mengatasi android yang bootloop



Tapi, jika terdapat kesalahan pada script tersebut maka android akan mengalami bootloop. Jika ingin mengganti script folder maka pelajarilah ilmunya. Jangan asal - asalan mengganti kinerja aplikasi. 

5. Kesalahan saat flashing custom rom 

Flashing custom rom adalah tindakan menambah atau mengganti isi data pada rom sehingga sistem dan kinerja android bekerja lebih cepat.

Tapi, ada resiko yang akan dialami saat proses flashing custom rom gagal. Android anda kemungkinan akan mengalami bootloop ringan atau parah. 

Apalagi jika flashing custom rom gagal dan data lama di android belum terhapus dan malah digunakan oleh sistem baru, kemungkinan android akan mengalami bootloop parah.

6. Gagal mengatur permission

Pada saat anda menginstall aplikasi pasti aplikasi akan meminta izin untuk mengakses beberapa fitur dalam android seperti kamera, penyimpanan, voice call dan lainnya itulah yang disebut permission.

Di android banyak sekali fitur yang sering diberikan izin akses terhadap suatu aplikasi seperti lokasi, penyimpanan, GPS dan wifi.

Nah, jika anda tidak berhati - hati dalam memberikan permission maka android akan mengalami bootloop secara tiba - tiba.

Diharapkan anda berhati - hati dalam memberikan permission pada suatu aplikasi.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.  

Get notifications from this blog

1 komentar

  1. thank you so much for the tips. it means a lot. thank you

    BalasHapus